Tips Menghilangkan Bau TIdak Sedap Pada Jengkol

Hasil gambar untuk jengkol

Siapa yang tidak kenal buah jengkol? Buah ini dikenal sebagai lalapan dan dijadikan olahan berbagai masakan. Namun banyak yang menghindarinya karena bau tidak sedap yang ditimbulkan jika dimakan. Padahal jengkol memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu, harga jengkol cukup murah dan mudah didapat di pasar tradisional.

Bagi anda penggemar jengkol tentu tidak perlu khawatir tentang hal itu. Karena banyak tips yang bisa diterapkan untuk meminimalisir bau yang menyengat pada jenkol. Mulai dari cara merebus hingga cara memasak. Berikut kami sajikan beberapa tips tersebut:

Tips pertama

Rebuslah jengkol bersama arang atau kapur sirih. Kemudian digencet menggunakan batu atau alat lain sehingga menjadi pipih.

Tips kedua

Rebus jengkol tua dengan air yang dicampur dengan abu dapur. Setelah direbus ganti airnya dengan air dingin lalu rendam selama satu hari satu malam. Cara ini selain bisa mengurangi bau mulut setelah makan jengkol, juga bisa mengurangi bau jengkol saat kencing atau buang air besar.

Cara ini juga mengurangi kandungan racun pada jengkol yang bisa menyebabkan orang susah kencing (biasa disebut dengan jengkolan).

Tips ketiga

Rebus jengkol dengan air yang dicampur dengan daun jambu biji dan berikan satu sendok bubuk teh. Dengan begitu jengkol akan berkurang baunya.

Tips keempat

Masukkan jengkol bersama daun salam ke dalam air mendidih. Jangan dimasukkan saat air masih dalam keadaan dingin karena aroma jengkol tidak akan larut. Komposisi jengko haru seimbang. Terlalu banyak daun salam yang digunakan justru akan membuat jengkol terasa getir. Ukuran takarannya gunakan 20-30 lembar daun salam untuk setiap kilogram jengkol.

 

Karyawan baru Istana