Apa Saja Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan?

Image result for jeruk nipis

Jeruk nipis sudah cukup terkenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat. Buah citrus yang berasa asam ini dapat berbuat lebih banyak daripada yang obat-obat medis dapat lakukan. Inilah alasannya mengapa jeruk nipis sudah sejak dahulu kala digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Meski ada banyak produk yang berbahan jeruk nipis, tapi tahukah Anda apa saja manfaat jeruk nipis bagi kesehatan?

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia[Christm. & Pantz.] Swingle.) merupakan jeruk yang sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan manusia. Jeruk ini juga memiliki nama lain yaitu jeruk limau, akan tetapi jangan sampai salah menyebutnya menjadi lemon. Karena jeruk nipis dan lemon, merupakan dua hal yang berbeda.

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat dalam dunia memasak yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi khasiatnya. Dapat digunakan menjadi pengasam pada kuah sop atau soto, dapat dijadikan bumbu penyedap rasa, dan lain-lainnya dalam dunia memasak. Mengetahui manfaat dari jeruk nipis di dunia memasak belum seberapa. Faktanya jeruk nipis memiliki banyak manfaat lain di luar bidang memasak. Manfaat jeruk nipis terbanyak khususnya ditemukan dalam dunia kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Buah jeruk nipis memiliki rasa pahit, asam, dan bersifat dingin. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam jeruk nipis, antara lain adam sitrat sebanyak 7-7,6%; dammar lemak; mineral; vitamin B1; minyak terbang; sitrat limonene, fellandren, lemon kamfer, geranil asetat, cadinen, dan linalin asetat. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung vitamin C sebanyak 27 mg/100gr jeruk, Ca sebanyak 40 mg/100gr jeruk, dan P sebanyak 22 mg. sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh jeruk nipis, di antaranya antidemam, mengurangi batuk, anti-inflamasi, dan antibakteri.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Buah segar, akar, daun, bunga, dan getah batang dari jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  1. Mengobati Batuk dan Demam.

    Cuci bersih 1 jari rimpang temulawak, potong tipis-tipis, lalu rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih. Saring, tambahkan air perasan dari seperempat potong butir jeruk dan 2 sendok makan madu. Minum 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  2. Mengobati Kepala Pusing.

    Cuci bersih 7 helai daun jeruk nipis segar lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan kedalam hasil tumbukan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis, aduk sampai rata. Gunakan campuran bahan ini untuk menggosok tengkuk, dahi, dan pelipis. Ulangi 2-3 kali sehari dengan cara yang sama.

  3. Menghilangkan Keriput pada Wajah.

    Peras 1 butir jeruk nipis, tambahkan 1 sendok the minyak kayu putih dan seperempat sendok makan kapur sirih. Aduk sampai rata balurkan pada wajah setiap malam.

  4. Pelangsing.

    Peras 1 butir jeruk nipis, lalu seduh dengan 1 gelas air panas bersama the hijau secukupnya. Minum ramuan setiap pagi dan sore dengan cara yang sama.

  5. Mengobati Sakit Tenggorokan.

    Tusuk sepotong jeruk nipis dengan tusuk sate, bubuhkan kecap ke atas potongan buah tadi, lalu panaskan di atas api selama 1 menit. Peras jeruknya lalu minum air perasannya sekaligus. Lakukan 2 kali sehari dengan cara yang sama.

  6. Mengatasi Tenggorokan. Banyak Lendir.

    Peras 2 butir jeruk nipis, lalu seduh dengan setengah cangkir air panas. Tambahkan sedikit garam, aduk, lalu minum saat hangat sebelum sarapan.

Ada bermacam-macam cara untuk mengonsumsi jeruk nipis, mulai dari memakannya mentah-mentah, mencampur air perasannya dengan segelas air hangat, atau mencampurnya dalam berbagai masakan. Entah bagaimanapun cara Anda mengonsumsi atau menggunakannya, pastikan selalu gunakan yang segar agar bisa mendapat manfaat jeruk nipis yang sepenuhnya.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Jeruk Nipis

    Jeruk Nipis Jeruk nipis (Citrus aurantium) merupakan buah kaya manfaat kesehatan. Sejak jaman dahulu, berbagai bangsa...

  • Manfaat Jeruk Nipis

    Jeruk nipis sudah lama dikenal sebagi tanaman yang kaya manfaat. Rasa buahnya yang asam, pahit dan sedikit dingin ini...

  • Jeruk Nipis Untuk Diet

    Rasa jeruk nipis masam namun menyegarkan saat dicampurkan ke dalam minuman. Selain itu, jeruk nipis juga biasa dijadi...

online istana solo