Jeruk Nipis Untuk Diet

Hasil gambar untuk jeruk nipis untuk diet

Rasa jeruk nipis masam namun menyegarkan saat dicampurkan ke dalam minuman. Selain itu, jeruk nipis juga biasa dijadikan campuran dalam kuah soto untuk menambah selera. Dibalik rasa jeruk nipis yang masam, ternyata memiliki manfaat yang sangat besar.

Jeruk nipis kaya akan vitamin C bisa dikenali dengan rasanya yang masam. Buah ini kaya akan asam folat, nutrisi yang sangat penting untuk regenerasi sel. Selain itu jeruk nipis juga mengandung flavonoid dan potassium. Berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam jeruk nipis ini tentu memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya untuk program diet.

Banyak orang yang sudah melakukan program diet alami dengan ketat tetapi, masih gagal menurunkan berat badannya. Salah satu penyebabnya ialah kesalahan dalam memilih jenis minuman yang tidak menurunkan berat badan dan justru menambah berat badan. Minuman dari jeruk nipis bisa jadi altrnatif untuk mendukung program diet yang anda lakukan.

Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis merupakan zat antioksidan alami. Zat inilah yang memberi rasa masam pada buah –buahan. Asam sitrat sanggup memningkatkan metabolism lemak dan mengubahnya menjadi energy. Metabolisme yang tidak lancar menyebabkan lemak tubuh menumpuk dan menambah berat badan. Selain asam sitrat, vitamin C juga sangat membantu membakar atau memetabolisme lemak tubuh. jika saat melakukan program diet juga diimbangi olah raga dan minum jeruk nipis, hasilnya tentu akan optimal.

Saat diet, anda tentu mengurangi konsumsi makanan dibandingkan hari biasa. Asupan makanan yang berkurang, biasanya akan membuat tubuh lemah dan mudah lelah. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Jeruk nipis akan mengatasi masalah pencernaan seperti sulit buang air besar atau masalah pencernaan lainnya. Dengan  pencernaan yang lancar, nutrisi yang diserap oleh tubuh akan lebih banyak diserap tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah meski asupan makanannya berkurang.

Untuk menjaga berat badan agar tetap seimbang, gula darah perlu diatur dan dijaga agar tetap normal. Jeruk nipis mampu menjaga kadar gula darah. Jeruk nipis akan mengurangi penyerapan gula darah dari makanan. Berkurangnya serapan gula darah akan menyebabkan berkurangnya rasa lapar. Sehingga anda akan lebih mudah menjalani diet. gula darah yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Selain itu, untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dari ancaman penyakit, jeruk nipis sangat baik dikonsumsi karena kaya akan kandungan vitamin C. Dengan sistem kekebalan tubuh yang meningkat, tubuh anda akan lebih tahan terhadap berbagai ancaman penyakit sehingga kesehatan anda tidak akan terganggu selama menjalani program diet.

Untuk membuat minuman dari jeruk nipis, caranya cukup mudah. Anda dapat mencampurkan air perasan jeruk nipis ke dalam segelas air. Pergunakan air hangat bukan air panas. Air panas akan merusak kandungan gizi yang ada dalam air perasan jeruk nipis. Sedangkan air dingin tidak disarankan untuk program diet. Bila rasanya terlalu masam, anda boleh menambahkan gula sedikit . namun lebih baik tidak menggunakan gula sama sekali. Minum lah 2 atau 3 kali sehari secara teratur untuk hasil yang maksimal. Gunakan 1-2 buah jeruk yang tiap kali minum.

Bagi penderita gangguan ginjal, jantung, dan asam lambung naik, sebaiknya tidak mengonsumsi jeruk nipis karena kandungan asam nitrat di dalamnya. Bila anda memiliki masalah kesehatan seperti yang telah disebutkan namun ingin mengonsumsi jeruk nipis, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter untuk mengetahui aturan yang tepat supaya tidak membahayakan tubuh anda sendiri.

Artikel Terkait

Karyawan baru Istana