Manfaat Jeruk Nipis

Ilustrasi air Jeruk nipis. Foto: Istimewa

Jeruk nipis sudah lama dikenal sebagi tanaman yang kaya manfaat. Rasa buahnya yang asam, pahit dan sedikit dingin ini memilik banyak sekali manfaat.

Air perasan jeruk nipis sering digunakan untuk penyedap masakan, minuman, penyegar, bahan pembuat asam sitrat, dan untuk membersihkan karat, serta sebagai campuran jamu.

Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonee, linalool, flavonoid (poncirin, hesperidine, rhoifolin, dan naringin), asam sitrat, kalsium, kalium, tembaga, magnesium, fosfor, vitamin A, B1, C, zat besi, synephrine, dan N-methyltyramine. Kandungan vitamin C dalam satu cangkir jeruk nipis melebihi kebutuhan harian yang dibutuhkan oleh kita.

Jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, karena dapat melindungi tubuh dengan cara mencegah dan menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, atau bahkan kimia yang membahayakan sel. Jika anda ingin meningkatkan kesehatan, berikut adalah beberapa manfaat menambahkan jeruk nipis dalam minuman anda:

Pencernaan

Jeruk nipis emiliki aroma yang membuat mulut menghasilkan air liur yang membantu pencernaan. Keasaman alami yang dimiliki jeruk nipis akan memecah makro makanan. Kemudian flavoniod dalam jeruk nipis akan merangsang sistem pencernan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu, dan asam. Flavonoid juga merangsang gerak peristaltik. Jika anda menderita sembelit, asam buah ini dapat membersihkan sistem sekresi dan merangsang aktivitas usus. Manfat lain dari jeruk nipis adalah meredakan rasa mulas akibat asam refluks. Minum segelas air hangat yang ditambah dua sendok the air jeruk nipis yang diminum sekitar 30 menit sebelum makan membantu mencegah gejala tersebut.

Radang Sendi

Salah satu penyebab radang sendi adalah kelebihan asam urat yang menumpuk di tubuh. Asam urat yang berlebih akan dikeluarkan tubuh melalui buang air kecil. namun asam urat yang terlalu banyak akan akan menimbulkan rasa sakit dan peradangan seperti arthritis, gout, serta masalah peradangan lainnya. Asam sitrat ditemukan dalam buah jeruk nipis adalah pelarut asam urat yang baik dan mampu meningkatkan jumlah yang dieliminasi dalam urin. Sifat anti inflamasi dalam jeruk nipis dapat digunakan untuk mengatasi masalah peradangan.

Gangguan Kemih

Kandungan kalium yang tingi dalam jeruk nipis sangat efektif dalm menghilangkan zat beracun dan endapan yang bisa disimpan di ginjal dan kandung kemih. Sifat disinfektan  jeruk nipis juga membantu menyembuhkan infeksi pada sistem kemih. Selain itu, dapat membersihkan penyumbatan air seni yang berasal dari endapan kalsium dalam saluran kemih.

Melawan Infeksi

Jika anda ingin untuk tetap sehat, anda perlu mengonsumsi air perasan jeruk nipis. Vitamin C dan antioksidan di dalamnya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu anda melawan infeksi. Misalnya virus flu. Bahkan air dari buah ini juga dapat mempersingkat lama durasi penyakit terjadi.

Mencegah Kanker

Sel – sel abnormal yang tumbuh secara tidak terkendali dalam tubuh akan menyebabkan penyakit kanker. Kanker dapat tumbuh pada berbagai bagian tubuh. Air perasan jeruk nipis, dapat mengurangi risiko sel kaker yang berkembang dan membantu anda melawan penyakit tersebut. Sifat antioksdan di dalamnya juga mempromosikan pertumbuhan sel sehat dan meningkatkan fungsi sistem kekebala tubuh.

Diabetes

Jeruk nipis ataubuah jeruk lainnya dikenal sebagai buah super untuk penyakit diabetes. Serat larut yang tinggi pada jeruk nipis membantu megatur penyerapan glukosa pada aliran darah, mengurangi teradina lonjakan gula darah yang merupakan rsiko serius untuk pasien diabetes. Indeks gliemik jeruk nipis yang rendah membuat jeruk nipis tidak akan menyebabkan lonjakan tak terduga alam kadar glukosa selain efek manfat serat larut.

Mencegah Penuaan Dini

Perkembangan usia dan juga paparan sinar ultraviolet matahari, membentuk melanin yang berpengaruh terhadap warna kulit, menimbulkan bintik gelap dan tanda penuaan dini. Gunakanlah masker dari kulit jerk npis untuk menghambat produksi melamin sehingga dapat mengurangi pigmentasi berlebihan.

 

Salam Sehat

 

Kami melayani orderan grosir dan eceran. Untuk pemesanan silahkan hubungi : 081393930088

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 
Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

 

 

Artikel Terkait

Karyawan baru Istana