Jeruk Purut dengan kandungan Manfaatnya

Image result for jeruk purut

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, tentu sudah sangat familiar dengan buah jeruk purut. Buah yang memiliki nama latin Citrus  hystrix ini memiliki penampilan yang agak berbeda dengan jenis buah jeruk lainnya. Jeruk purut memiliki tekstur kullit yang kasar dan terlihat bergelombang. Selain itu, bentuk buahnya pun kebanyakan lebih menyerupai kerucut. Buah jeruk purut juga memiliki rasa yang berbeda dari jus buah jeruk lainnya, sehingga buah yang memiliki kulit berwarna hijau tua ini tidaklah cocok jika dikonsumsi secara langsung. Penggunaan buah ini biasanya dijadikan sebagai penyedap olahan makanan seperti sambel, sayur, atau jenis olahan kuliner lainnya. Tapi meskipun begitu, khasiat yang dimiliki oleh buah jeruk ini tak kalah dengan jenis buah jeruk yang lainnya lho.

Jeruk jenis ini memang berasal dari negara-negara tropis di Asia, termasuk Indonesia.  Tidak hanya buahnya, daun jeruk purut juga banyak manfaatnya. Meski sering digunakan pelengkap saat memasak, namun umumnya daun jeruk purut tidak ikut dikonsumsi saat disajikan. Kecuali pada beberapa jenis masakan, di mana daun jeruk purut di iris tipis-tipis.

Jeruk purut adalah jenis jeruk yang juga banyak mengandung vitamin C, dari rasanya yang asam segar, banyak orang menggunakan jenis jeruk purut sebagai menu hidangan. Kegunaan jeruk purut selain untuk bumbu masakan juga untuk merawat kecantikan, jadi apabila anda memiliki wajah yang kurang terawat dan kusam, anda dapat memanfaatkan jeruk satu ini sebagai salah satu bahan untuk perawatan wajah anda, dan kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk purut mampu menghindarkan tubuh dari penuaan dini.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Jeruk purut memiliki rasa agak asin dan kelat dan bersifat stimulant serta penyegar. Beberapa bahan kimia yang terdapat pada jeruk purut, di antaranya daun minyak asiri 1-1,5%; steroid triterpenoid; dan tannin 1,8%. Kulit buah mengandung saponin, tannin 1%, steroid triterpenoid, dan minyak asiri dengan kandungan sitrat 2-2,5%. Sementara itu, efek farmakologis jeruk purut, di antaranya antispasmodic dan antiseptic.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Buah jeruk purut dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Influenza.

    Peras 1 butir jeruk purut, seduh dengan setengah cangkir air panas, lalu minum selagi hangat. Lakukan 2 kali sehari masing-masing setengah cangkir.

  • Mengatasi Kulit Kotor.

    Belah 1 butir jeruk purut menjadi 2, gosokkan potongan jeruk purut pada bagian kulit yang kotor selama 30 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan secara rutin sebelum tidur.

  • Mengatasi Rambut Baud an Berketombe.

    Parut 1 butir jeruk purut, tambahkan 1 sendok makan air matang, lalu remas-remas sampai hancur. Saring air yang diperoleh lalu oleskan pada kulit kepala setelah keramas. Lakukan secara rutin 2 kali seminggu.

Demikian adalah beberapa manfaat jeruk purut untuk kesehatan dan kecantikan. Anda bisa menggunakan jeruk purut sebagai alternatif pengganti stamina yang hilang dan juga untuk menjaga kekebalan tubuh.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo