Kulit Jeruk Ternyata Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan Lho...

Hasil gambar untuk kulit jeruk

Pada umumnya kita mengkonsumsi berbagai jenis buah-buahan pada bagian daging buahnya saja, termasuk jeruk. Namun siapa sangka, manfaat kulit jeruk ternyata memiliki khasiat yang hebat yang belum banyak disadari.

Menurut penulis buku “The New Whole Foods Encyclopedia”, Rebecca Wood, satu buah jeruk beserta kulitnya mengandung lebih dari 60 flavonoids dan 170 fitonutrien berbeda.

Jeruk sendiri memiliki nilai yang baik untuk kebutuhan gizi manusia sebagai sumber vitamin C, manfaat buah jeruk tersebut mampu memberikan asupan vitamin C yang cukup untuk kebutuhan harian tubuh. Buah jeruk memang tidak usah diragukan lagi manfaatnya.

Jika buah yang berwarna orenge ini memiliki kandungan vitamin c tinggi, kulit buahnya justru mengandung zat anti kolesterol. Tak hanya itu, kandungan serat dalam kulit jeruk juga terbilang tinggi sehingga baik untuk kesehatan pencernaan.

Manfaat Kulit Buah Jeruk

Berikut adalah daftar manfaat kulit jeruk yang mungkin belum anda sadari dan sangat mengejutkan.

  • Mengurangi Mual.

    Senyawa aktif dalam kulit jeruk juga dapat mengurangi rasa mulas. Tak hanya itu, aromanya yang segar juga bisa membantu mengurangi mual dan meringankan gejala pusing.

  • Menyehatkan Sistem Pencernaan.

    Agar kesehatan sistem pencernaan tak terganggu, cobalah penuhi asupan serat dengan kulit jeruk. Dalam 100 gram kulit buah ini, setidaknya ada 10,6 gram serat yang baik untuk  melancarakan sistem percernaan, terutama untuk melancarkan buang air besar.

  • Mengatasi Sakit Maag.

    Jika daging buahnya memicu kenaikan asam lambung, tidak demikian dengan khasiat kulitnya. Kulit jeruk mampu mengurangi asam lambung dan mencegah terjadinya gerd. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mengkonsumsinya selama 20 hari berturut-turut.

  • Anti Kolesterol.

    Jika selama ini buah jeruk dipercaya mampu menurunkan kolesterol, faktanya kulit buahnya jauh lebih ampuh untuk memerangi kolesterol jahat. Kandungan kulit buah yang satu ini terbukti mampu memerangi LDL sehingga mampu menghilangkan timbunan lemak adalah darah. Efek berkelanjutannya adalah jantung yang lebih sehat dan terhindar dari jantung koroner.

  • Memperbaiki Kinerja Usus.

    Manfaat kulit jeruk telah lama dianggap memiliki khasiat menyehatkan usus. Kandungan serat dan antioksidan di dalamnya dipercaya mampu memperbaiki gerakan usus sehingga meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencerna makanan.

  • Mencegah Kanker Kulit.

    Kandungan flavonoid dalam kulit buah jeruk mampu mendukung kinerja vitamin C untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker. Khasiat yang satu ini sudah dibuktikan melalui penelitian ilmiah. Sebuah studi ilmiah telah membuktikan bahwa kulit buah yang memiliki aroma sedap ini mampu mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa, yaitu penyebab kanker kulit yang paling utama.

  • Mencegah Kanker Paru.

    Selain dapat mencegah kanker kulit, kulit buah yang satu ini juga dapat mencegah kanker paru-paru. Orang yang terbiasa mengkonsumsi kulit jeruk terbukti memiliki resiko kanker paru-paru lebih rendah dibandingkan orang yang hanya mengkonsumsi buahnya saja.

  • Menyehatkan Sistem Pernapasan.

    Kulit jeruk mengandung antioksidan yang baik untuk menyehatkan sistem kekebalan tubuh Antioksidan di dalamnya juga berguna untuk membantu mengatasi masalah pernapasan seperti bronkitis, asma dan gejala paru-paru.

  • Menyembuhkan Flu dan Demam.

    Kulit jeruk mengandung vitamin A dan C yang baik untuk mencegah flu dan demam. Jika dikomsumsi saat tubuh terserang flu, kulit buah berpori ini juga mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga penyakit lebih cepat enyah dari tubuh Anda.

  • Menurunkan Berat Badan.

    Buah jeruk mungkin sudah lama populer sebagai salah satu buah peluntur lemak. Namun, siapa sangka jika bagian kulitnya juga memiliki khasiat yang sama. Sebuah penelitian menunjukkan jika kulit jeruk mampu memperbaiki metabolisme tubuh sehingga mampu membakar kalori lebih banyak. Oleh karenanya, kulit buah yang menyehatkan ini juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat.

  • Meringankan Bronkitis.

    Penyakit bronkitis memang tergolong penyakit yang sulit disembuhkan. Gejalanya mungkin bisa dikurangi, tapi sewaktu-waktu penyakit ini juga bisa datang kembali. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan kulit jeruk. Kandungan dalam kulit buah jenis ini mampu mengatasi bronkitis, infeksi serta memiliki efek menenangkan.

Tips Konsumsi Kulit Jeruk

Banyak orang yang enggan mengkonsumsi kulit jeruk karena rasanya yang pahit. Akan tetapi, rasa pahit tersebut dapat dihilangkan dengan cara pengolahan yang tepat, misalnya saja dengan mengolahnya menjadi teh.

Untuk membuat teh dari kulit buah yang satu ini, cukup cuci bersih lalu iris tipis. Jika sudah,  jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Ketika ingin mengkonsumsinya, cukup seduh dengan air mendidih dan tambahkan gula seperti membuat teh pada umumnya.

Selain dapat diolah menjadi teh, kulit jeruk juga bisa diolah menjadi manisan yang super lezat. Caranya, jemur kulit jeruk yang sudah dibersihkan hingga kering. Setelah itu, panaskan air dan masukkan gula. Ketika gula sudah mulai mengental, masukkan kulit yang telah dicuci bersih tadi dan aduk hingga rata. Masih ada banyak lagi jenis kulit buah yang sangat berkhasiat sehingga sayang jika dibuang begitu saja.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo