Jinten Hitam Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Jinten hitam memiliki sifat alami yang kuat. Biji jinten hitam berwarna hitam, berbentuk tipis mirip bulan sabit. Tanaan yang bersasal dari daerah timur tengah ini memiliki rasa sedikit pahit dan cocok untuk menggantikan lada.

Jinten hitam kerap dikonsumsi sebagai obat herbal karena manfaatnya yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Orang zaman dahulu menggunakan jinten hitam untuk mengobati sakit kepala, sakit gigi, pilek, cacingan, obat mata, dan menambah daya tahan tubuh.

Berikut beberapa manfaat dari jintem hitam:

  1. Gangguan perut

Jinten hitam memliki sifat menyembuhkan kondisi kesehatan yang berkaitan dengan perut. Gangguan perut seperti sembelit dan perut kembung bisa diatasi dengan jinten hitam. Jinten hitam jnuga bermanfat untuk menjaga kesehatan pencernan dan membantu membasmi cacing usus.

  1. Sumber nutrisi penting

Jinten hitam mengandung betakaroten (pro-vitamin A), kalsium, zat besi, sodium, dan kalium. Jinten hitammemiliki 8 dari 9 asam amino esensial. Asam amino esensial tidak diprodusi oleh tubuh kitasehinga harus didapat dari sumber luar.

Anda dapat meminum setengah sendok teh ekstrak atau minyak habbatussauda tiga kali sehari sebagai tambahan nutrisi tubuh.

  1. Menyembuhkan alergi

Senyawa Crystalline Nigellone memiliki protein knase C, yaitu substansi yang dikenal dapat menghambat pelepasan histamin. Histamine adalah sebuah senyawa ang dilepaskan oleh system kekebalan tubuh akibat reaksi alergi. Pemberian jintenhitam dapat mengurangi reaksi alergi p[ada sebagian pasien asma, bronchitis, dan penyakit alergi lainnya tanpa efek samping.

Campurkan secangkir air hangat dengan satu sendok makan madu dan setengah sendok teh minyak habatussauda di pagi hari sebelum sarapan atau seelah makan malam.

  1. Mengobati kanker

Asam lemak yang terkandung dalam jinten hitam dapat menghambat perkembangan kanker. Jinten hitam berkemampuan untuk menstimulasi produktifitas dan imunitas sel tulang sunsum serta produksi interfero, melindungi sel-sel normal dan melawan sel tumor tanpa merusak sel-sel yang sehat.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Bakteri penyebab kolera (E. Colli dan Shigella spp) dapat dilawan dengan jinten hitam. Oleh karena itu, jinten hitam dapat digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan seperti sakit perut, dyspepsia, dare, dan muntaber. Untuk mengobatinya cukup dengan mengambil satu sendok teh minyak jinten hitam yang dicampur dengan secangkir susu. Diminum dua kali sehari.

Sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu dalam penggunaan obat dengan jinten hitam karena dosisnya yang terlalu tinggi. Jangan mengkonsumsi jinten hitam melebihi batas yang ditentukan dalam waktu yang terlalu lama.

Karyawan baru Istana