7 Manfaat Tanaman Jombang Untuk Kesehatan

Gambar terkait

Daun Jombang mungkin kurang anda kenal tapi kalau kota jombang iya kita tahu. Daun Jombang memiliki nama ilmiah Taraxacum monolicum Hand-Mazz dan di barat sering disebut Dandelion. Tanaman berbunga kuning cantik ini biasanya tumbuh secara liar di sekitar kita, dan karena termasuk tanaman liar bahkan menjadi gulma, maka kita tidak pernah memperhatikannya. Biasanya tumbuh liar di liar di daerah berhawa sejuk.

Jika anda penyuka lalapan, maka anda bisa coba daun Jombang yang masih muda, bisa sebagai lalap atau dibuat salad yang berkhasiat tonik. Daun Jombang yang sudah tua dapat dikukus atau dimasak sebagai sayuran. Bunga Jombang dapat digunakan untuk memberi warna kuning alami pada makanan atau minuman dan juga pada serat kain.

Tanaman jombang tumbuh liar di lereng gunung, tanggul, lapangan rumput, dan sisi jalan di daerah yang berhawa sejuk. Terna menahun, tinggi 10 -25 cm, seluruh bagian tumbuhan mengandung cairan, seperti susu. Daun berkumpul membentuk roset akar, bagian pangkal rebah menutup tanah. Daun tunggal, berbentuk lanset, sungsang, ujung runcing, pangkal menyempit menyerupai tangkai daun, tepi bergerigi tidak teratur, kadang berbagi sangat dalam, panjang 6 -15 cm, lebar 2 – 3,5 cm, berwarna hijau dilapisi rambut halus berwarna putih.

Bunga tunggal, bertangkai panjang yang dilapisi rambut halus berwarna putih, berkelamin dua. Mahkota bunga berwarna kuning, diameter 2,5 – 3,5 cm. Buahnya berbentuk tabung, berwarna putih. Akarnya panjang, tunggal, atau bercabang. Daun muda dapat dimakan sebagai lalap atau dibuat salad yang berkhasiat tonik. Daun tua dapat dikukus atau dimasak sebagai sayuran. Bunganya dapat digunakan untuk memberi warna kuning pada minuman atau kain. Jombang dapat diperbanyak dengan biji.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Dalam farmakologi Cina; jombang memiliki rasa manis, pahit, bersifat dingin, dan masuk meridian lever, serta lambung. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam jombang, antara lain choline, taraxol, taraxerol, taraxasterol, α-amirin, stigmasterol, glukosa, fruktosa, dan β-sitosterol. Efek farmakologis yang dimiliki oleh jombang, di antaranya antibiotic, antiradang, anti-sweeling, penurun panas, penghilang racun, peluruh kencing, dan penguat lambung. Selain itu, terkandang rebusan jombang kerap menimbulkan efek samping berupa terasa mual, muntah, tidak enak di perut, dan diare ringan.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tumbuhan, rimpang segar, atau dikeringkan dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  1. Mengobati Kanker di Bagian Paru-Paru, Servix, Uterus, dan Gusi.

    Cuci bersih 30gr tumbuhan segar jombang, tumbuk sampai halus, lalu peras. Minum air perasan sekaligus. Ulangi dengan cara yang sama 2 kali sehari.

  2. Mengobati Luka Bakar dan Tersiram Air Panas.

    Tumbuk 60gr akar segar sampai halus, lalu peras. Oleskan iar perasannya pada bagian yang luka.

  3. Mengobati Maag Kronis. Cuci bersih 20gr tumbuhan segar jomabng, llau rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya, llau minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.
  4. Memperbanyak ASI dan memperbaiki Fungsi Pencernaan.

    Potong kecil-kecil 30gr akar atau rimpang segar jombang lalu rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, peras, lalu saring air perasan, dan buat menjadi 2 bagian yang sama banyak. Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore, masing-masing 1 bagian.

  5. Mengobati Radang dan Abses Payudara. Cuci bersih 30gr tumbuhan jombang segar, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya, lalu diminum 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas. Untuk obat luar, cuci tumbuhan segar jombang 60gr, lalu peras. Oleskan air perasannya pada bagian yang sakit.
  6. Mengobati Radang Kantung Empedu.

    Cuci 40gr tumbuhan jombang segar sampai bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya, lalu diminum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  7. Mengobati Tumor di Esophagus, Lambung, Usus, Hati, dan Pankreas.

    Cuci bersih 20gr tumbuhan segar jombang, tumbuk sampai halus, lalu peras. Minum air perasan sekaligus 3 kali sehari.

Demikian 7 manfaat yang terkandung di dalam tanaman jombang. Tanaman yang memiliki bunga berwarna kuning cantik ini ternyata memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan. Semoga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh Kita yaa..

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo