Anda Perlu Tahu Sumber Kalsium Tinggi dan Alami Selain Susu

Image result for sumber kalsium

Selama ini kita mengenal bahwa susu adalah sumber kalsium tertinggi. Tapi tahukah anda, masih banyak makanan lainnya yang mengandung kalsium tinggi misalnya sayuran hijau, sarden, kacam almond dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas skilas tentang Pentingnya Kebutuhan Kalsium Untuk Pertumbuhan Anak, kali ini kita akan membahas tentang sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi selain susu.

Ingin tahu, makanan apa saja yang mengandung kalsium tinggi selain susu? Yuk kita simak penjelasan tentang sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi berikut ini :

Makanan Sumber Kalsium Tinggi

  1. Keju.

    Keju merupakan makanan yang berbahan dasar susu, Keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi pada susu seperti, protein, vitamin, mineral, kalsium, fosfor, lemak dan kolesterol.

  2. Yoghurt.

    Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Namun kebanyakan yogurt sendiri dibuat dari susu sapi. Yogurt juga merupakan makanan tinggi kalsium, karena berbahan dasar susu yang sudah pasti memiliki sebagian besar kandungan gizi susu.

  3. Bayam.

    Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat mudah ditemui dimana-mana. Bayam biasa diolah menjadi sayur bening atau sup, sebagaimakanan 4 sehat 5 sempurna ternyata memiliki kandungan kalsium yang tidak main-main. Bayam ternyata mampu menghasilkan 200 mg kalsium, yang tentu saja akan sangat membantu dalam mencukupi kebutuhan kalsium sehari-hari. 

  4. Lobak.

    Lobak menghasilakn 200 mg kalsium per batang, yang akan sangat bermanfaat bagi kebutuhan kalsium anda sehari hari. Sayuran yang biasa ditemui pada masakan soto atau acar ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi pemenuhan kalsium anda sehari-hari.

  5. Kol atau Kubis.

    Jenis sayuran yang bisa kita temukan dalam sup, cap cay, siomay dan berguna sebagaimakanan rendah kolesterol. Kol atau kubis ini memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, yaitu 90 mg kalsium.

  6. Brokoli.

    Brokoli merupakan sayuran hijau yang digemari oleh masyarakat luas. Seperti kebanyakan sayuran hijau lainnya yang memiliki serat tinggi yang banya dikonsumsi sebagaimakanan untuk diet sehat. Disamping itu, brokoli ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yaitu sebanyak 180 mg.

  7. Kod.

    Sayuran hijau memang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Kangkung, selain memiliki serat yang tinggi, juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan sangat baik bagi konsumsi sehari – hari.

  8. Bokchoy.

    Bokchoy merupakan sayuran hijau yang mirip seperti daun sawi. Memiliki kandungan serat yang tinggi, bokchoy juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 74 mg.

  9. Kacang Kedelai.

    Bagi yang menyukai kacang-kacangan kemungkinan sudah tidak asing dengan kacang kedelai ini. Kacang kedelai biasa dijual secara kiloan di pasar-pasar tradisional ini ternyata merupakan salah satu sumber protein yang tinggi. 1 cangkir kacang kedelai rebus memiliki kandungan kalsium sebesar  261 mg.

  10. Kacang Putih.

    Merupakan jenis kacang-kacangan yang mudah diperoleh di pasar trafisional ataupun pasar modern sekalipun. Kacang putih ini memiliki kandungan kalsium sebanyak 175 mg.

  11. Kacang Almond.

    Almond biasa dicampurkan ke dalam olahan lain, seperti kue dan coklat. Namun ternyata selain kaya kandunagn vitamin E, kalium dan zat besi, kacang almond memiliki kandungan kalsium sebanyak 72 mg per cangkirnya.

  12. Jeruk.

    Jeruk merupakan buah yang terkenal akan vitamin C nya. Namun, selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dalam satu buahnya, yaitu sebanyak 65 mg kalsium.

  13. Pisang.

    Pisang merupakan buah-buahan yang sangat bermanfaat. Memiliki kandungan mineral yang sangat banyak, antara lain kalium, fosfor, zat besi, magnesium, dan kalsium.

  14. Alpukat.

    Alpukat merupakan buah yang memiliki banyak keunggulan. Selain baik untuk kesehatan kulit, dan memiliki banyak sekali vitamin yang terkandung, buah alpukat juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang dapat memnuhi kebutuhan kalsium anda dalam sehari.

  15. Ikan Sarden.

    Jenis ikan lainnya yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi adalah ikan sarden. Ikan yang biasa dikemas dalam bentuk kalengan ini ternyata mampu memenuhi 30 % kalsium yang diperlukan tubuh.

  16. Udang.

    Udang merupakan seafood yang memiliki banyak kandungan mineral. Anda bisa mengkonsumsi udang ataupun rebon alias udang kering yang juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi pula.

  17. Kerang.

    Sama seperti udang, kerang juga merupakan hasil laut yang memiliki kalsium yang tinggi yang mampu membantu anda dalam memenuhi kebutuhan kalsium dalam satu hari.

Tidak hanya diwajibkan bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan, kalsium juga baik untuk wanita lanjut usia dan ibu hamil. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi susu yang memiliki kalsium tinggi selama masa kehamilan agar janin memperoleh kandungan mineral kalsium yang cukup. Semoga bermanfaat dan selalu perhatikan asupan kalsium bagi tubuh Anda.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo