Pentingnya Kebutuhan Kalsium Untuk Pertumbuhan Anak

Kalsium sangat penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak, terutama bagi tulang anak, dimana yang akan terus berkembang hingga mereka menjadi dewasa. Kalsium penting untuk membangun tulang dan gigi yang kuat, mempromosikan perkembangan saraf dan fungsi otot, membantu pembekuan darah, dan mengaktifkan enzim yang mengubah makanan menjadi energi. Sekitar 99 persen kalsium dalam tubuh disimpan dalam tulang dan gigi. Dan karena anak-anak tumbuh tulang baru sepanjang waktu, maka mereka membutuhkan pasokan kalsium untuk mendukung pertumbuhan yang sehat .

Kalsium adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun seringkali anak-anak tidak mendapat asupan kalsium yang cukup. Penelitian dari Britis research Nutrition mengatakan bahwa orang Indonesia mengkonsumsi kalsium hanya 40% dari total kebutuhan. Padahal, peranan kalsium ini sangat besar bagi pertumbuhannya.

Berapa Banyak Kalsium Yang Dibutuhkan Anak-Anak?

  • Usia 1-3 tahun = 700 miligram ( mg ) per hari
  • Usia 4-8 tahun = 000 mg per hari

Anak Anda tidak harus memperoleh jumlah kalsium dalam jumlah yang direkomendasikan setiap hari. Sebaliknya, ini hanya jumlah  rata-rata selama beberapa hari atau minggu.

Beriku ini pentingnya peranan kalsium untuk anak-anak, diantaranya:

  1. Mengoptimalkan Tinggi Badan.

    Kalsium telah dikenal luas memiliki peranan penting dalam pertumbuhan anak dan remaja. Anak anak dan remaja yang kecukupan kalsium terpenuhi akan memiliki tinggi badan yang lebih optimal. Hal ini dikarenakan kalsium merupakan nutrisi utama untuk pertumbuhan tulang.

  2. Kecerdasan Anak.

    Pentingnya peranan kalsium pada anak-anakjuga berpengaruh pada saraf anak. Tanpa adanya kalsiumsaraf tidak dapat membawa pesan. Sistem saraf sangat berpengaruh pada kecerdasan anak. Sistem saraf yang sehat akan membuat anak cepat menerima informasi.

  3. Proses Pembekuan Darah.

    Anak-anak seringkali bermain secara aktif, baik diluar ruangan maupun di dalam ruangan. Peluang anak-anak terjatuh dan luka sangat tinggi. Apabila anak terluka dan berdarah, kalsium berperan penting dalam proses pembekuan darah, agar apabila terjatuh perdarahan pada luka akan cepat berhenti. Penting sekali dalam hal ini untuk mencukupi asupan kalsium anak.

  4. Metabolisme Tubuh.

    Kalsium merupakan mineral yang paling banyak terdapat didalam tubuh manusia. Kira-kira 99% kalsium terdapat di dalam jaringan keras yaitu pada tulang dan gigi. 1% kalsium terdapat pada darah, dan jaringan lunak. Tanpa kalsium yang 1% ini, metabolisme tubuh anak akan terganggu.

  5. Proses Pertumbuhan Tulang.

    Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang 99% kandungannya adalah kalsium. Jadi agar tulang anak tumbuh dengan sempurna, asupan nutrisi kalsium juga harus cukup. Pada anak yang kekurangan asupan kalsium, biasanya ditandai dengan kondisi badan yang lemah lesu, berkeringat, kram otot, nyeri perut, tidur terganggu, kejang dan tulang keropos. Gejala-gejala ini nantikan akan mengganggu tumbuh kembang anak. Hal ini jelas menunjukkan akan pentingnya kalsium pada tumbuh kembang anak.

  6. Imun Tubuh.

    Anak-anak yang kekurangan kalsium biasanya lemah, cepat lesu, sering berkeringat, sering mengalami nyeri perut, kram otot, gangguan tidur, hingga sering kejang. Kalsium dalam ha ini berperan penting dalam menjaga imun (kekebalan tubuh) anak. Kalsium dapat membuat anak tidak mudah sakit.

  7. Mencegah Pengeroposan Tulang Dimasa Mendatang.

    Tulang dapat dikatakan sebagai cadangan kalsium tubuh. Apabila makanan yang dimakan tidak dapat memenuhi kebutuhan, maka tubuh akan mengambilnya dari tulang.Jika hal ini terjadi dalam waktu yang lama, maka tulang akan mengalami pengeroposan. Anak-anak yang kebutuhan kalsiumnya terpenuhi dengan baik, akan mencegah pengeroposan tulang di masa mendatang.

Sepenting itu peranan kalsium untuk pertumbuhan anak-anak. Maka mulai dari sekarang mulai perhatikan asupan kalsium yang masuk dalam tubuh anak sebelum terlambat. Semoga bermanfaat untuk Anda yang membacanya.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo