FAKTA: Kadar Kolesterol Daging Kambing Lebih Rendah Dibanding Sapi

Image result for kambing vs sapi

Banyak orang menghindar santapan lezat daging kambing, karena memberikan kontribusi kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Meskipun demikian, daging kambing kerap dijadikan olahan masakan di beberapa negara Asia dan mewakili 63 persen dari daging yang dikonsumsi di seluruh dunia.

Umumnya daging kambing kerap dihindari banyak orang. Alasannya takut terserang hipertensi atau darah tinggi. Di antara mereka juga memilih daging sapi yang dinilai lebih aman lantaran kandungan kolesterolnya rendah. Benarkan demikian?

Para peneliti dari Alabama Cooperative Extension System (ACES), melakukan penelitian bersama Universitas Alabama dan Auburn University di Amerika Serikat. Mereka mencoba meningkatkan kesadaran akan manfaat mengonsumsi daging kambing dalam jumlah sedang.

Para peneliti ACES mengatakan daging kambing mengandung gizi yang lebih tinggi dibandingkan daging sapi, domba, ayam, dan babi.  Selain itu, peneliti juga menemukan daging kambing memiliki kadar kolesterol dan lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan daging lainnya. Dengan begitu, daging kambing bisa menjadi alternatif daging merah yang baik.

Tiga ons (85 gram) daging kambing mengandung 2,6 gram lemak dibandingkan dengan 7,9 gram daging sapi, domba (8,1 gram), babi (8,2 gram) dan ayam (6,3 gram). Sementara untuk kalori, daging kambing memiliki 122 kalori, dibandingkan daging sapi 179 kalori, domba 175 kalori, babi 180 kalori dan ayam 162 kalori.

Sedangkan jumlah lemak tak jenuh dalam daging kambing diketahui lebih rendah dari semua jenis daging merah. Begitu juga dengan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh dalam tinggi kandungan zat besi.

Pada dasarnya, kandungan nutrisi dan gizi pada daging kambing dan daging sapi sama saja. Masalahnya, secara lingkungan kambing itu tahan kering, sehingga  kandungan air pada daging kambing lebih rendah. Karena kandungan airnya lebih rendah dan memiliki lemak kolesterol, maka  dengan berat yang sama, kolesterol daging kambing jauh lebih tinggi dibanding daging sapi. 

Sapi lebih bisa dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit lebih banyak daripada kambing. “Kalau ingin mengonsumsi daging kambing, pakailah kearifan lokal. Selalu ada penyerta dalam  tiap hidangan daging kambing, yang berisi bawang mentah, mentimun, tomat, dan kol,” saran pakar gizi dan ahli makanan sehat alami, Wied Harry Apriadji,. 

Sayangnya, dengan alasan tidak suka, kita malah tidak mengonsumsi makanan penyerta itu. Padahal, bawang merah mentah dan mentimun mempunyai khasiat hipolipidemik, yang berarti mampu  mengendalikan kadar lemak darah ketika kita mengonsumsi daging kambing.

 

HIU Koleshiu

Herbal Koleshiu adalah herbal 100% alami yang diformulasikan secara khusus untuk menurunkan kadar lemak dalam darah dengan efek farmakologi yang potensial menjadikan herbal koleshiu semakin berkhasiat dan dapat Membantu mengurangi terjadinya komplikasi akibat kolesterol tinggi seperti Jantung dan stroke. Penggunanan jangka lama tidak menimbulkan efek samping.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo