Kamboja Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

Gambar terkait

Bunga Kamboja umumnya ditanam di pekarangan rumah untuk mempercantik rumah. Bunga kamboja ini tidak hanya banyak dijumpai di Indonesia, namun banyak juga dimanfaatkan oleh negara lain. Dibalik warnanya yang indah dan cantik tanaman Kamboja menyimpan fakta unik yang tak terduga.

Nama ilmiah tumbuhan kamboja ini adalah Plumeria acuminate Ait. Kamboja adalah tumbuhan obat yang sangat berguna mengobati penyakit-penyakit yang sangat merugikan tubuh kita. Tumbuhan kamboja ini di jadikan obat tradisional alami untuk sebagian orang dan terbukti sangat ampuh menyembuhkan penyakit.

Tanaman kamboja berasal dari Afrika dan Amerika tropik. Kamboja termasuk tanaman hias yang ditanam di kebun rumah dan di pot. Kamboja memiliki beberapa jenis, ada yang kecil dan ada yang mampu mencapai ketinggian beberapa meter. Selain ukuran pohon, jenis pohon kamboja juga dapat dibedakan dari daun. Ada pohon kamboja yang daunnya lebar dengan ujung runcing, ada daun kamboja kecil dan lonjong dengan ujung tumpul. Bunga kamboja memiliki warna yang berbeda, mulai dari putih, kuning, merah dan pink, atau kombinasi dari warna-warna ini.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Bunga kamboja memiliki rasa manis, bersifat sejuk dan berbau harum. Bahan kimia yang terkandung dalam getah kamboja, antara lain dammar, kautcuk, senyawa karet, senyawa triterpenoid, amyrin, dan lupeol. Kulit batangnya mengandung plumierid, yaitu zat pahit beracun, sebagai laxant. Batang dan daunnya mengandung fulvolumierin serta minyak menguap yang terdiri atas geranio, sitronellol, linallol, famrnesol, dan fenil alcohol.

Efek farmakologis yang dimiliki kamboja, di antaranya penurun panas (antipiretik), peluruh kencing (antidiuretik) dan obat batuk (antitusif). Kulit kayunya digunakan sebagai laxant (pelancar buang air besar). Getah, daun, kulit batang, akar serta seluruh bagian tumbuhan untuk mencegah pingsan akibat udara panas (heat stroke), disentri basiler, gangguan pencernaan (dyspepsia), gangguan penyerapan makanan pada anak, kurang gizi (malnutrisi), radang hati (hepatitis infectiosa), radang saluran napas (bronchitis), jantung mengipas/berdebar keras (palpitasi), TBC (tuberkolosa), cacingan, sembelit (konstipasi), kencing nanah (gonorrhoea), beri-beri, busung air, kapalan (klavus), telapak kaki bengkak dan pecah-pecah, sakit gigi berlubang, tertusuk duri atau terkena pecahan beling, bisul (furunculus), patek (frambusia), serta benjolan keras (tumor).

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bunga kering, getah, daun, kulit batang dan akar, serta seluruh bagian tumbuhan kamboja dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Bisul.

    Cuci bersih daun kamboja, lalu panaskan sampai lemas. Olesi dengan minyak kelapa, lalu tempelkan pada bisul. Cara lainnya, oleskan getah batang kamboja langsung pada bisul 2 kali sehari.

  • Mengobati Disentri (mencret karena panas dalam).

    Rebus 12-24gr bunga kamboja kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusan, lalu minum.

  • Mengobati Gigi Berlubang.

    Oleskan beberapa tetes getah kamboja pada kapas, lalu letakkan kapas untuk menutupi bagian gigi yang berlubang. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai terkena gigi yang sehat.

  • Mengobati Kencing Nanah.

    Rebus 1 potong akar kamboja dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air hasil rebusan, lalu minum. Cara lainnya, cuci 3 jari kulit kamboja, potong-potong lalu rebus dengan 5 gelas air sampai tersisa duaperempat gelas. Saring air rebusan, tambahkan madu secukupnya, lalu minum 3 kali sehari masing-masing tigaperempat gelas.

  • Mengobati Telapak Kaki Bengkak dan Pecah-pecah.

    Rebus 1 potong kulit kamboja dengan 3 liter air sampai mendidih. Gunakan air rebusan untuk merendam kaki yang sakit saat masih hangat.

  • Mengobati Tumor. Giling halus kulit kayu kamboja lalu tambahkan air secukupnya sampai seperti bubur. Tempelkan pada bagian badan yang ada benjolannya.

Itulah beberapa manfaat dari tumbuhan kamboja yang dapat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk yang membaca.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo