Mengkonsumsi Terlalu Banyak Sayur Kangkung Berbahaya Bagi Kesehatan

Hasil gambar untuk kangkung

Kangkung adalah salah satu sayuran hijau yang mudah ditemui di indonesia yang disukai banyak orang dan bermanfaat bagi kesehatan tua maupun muda. Daun kangsung adalah jenis tanaman tropis yang mudah tumbuh pada daerah yang memiliki banyak air ataupun tidak, karena kangkung terdiri dari dua jenis yaitu kangkung darat dan kangkung air dimana keduanya memiliki kandungan gizi yang sama tingginya.

Walaupun begitu, mengkonsumsi terlalu banyak kangkung secara berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh kita. Pada dasarnya sayur kangkung tidak memberikan dampak buruk pada kesehatn tubuh selama cara mencuci, mengolah dan memasaknya adalah dengan cara yang benar dan seseorang yang akn memngkonsumsinya tidak memiliki riwayat penyakit tertentu. Kebiasaan buruk yang dimaksud, diantaranya:

  • Kangkung tidak dicuci dengan bersih sehingga masih ada bakteri yang tertinggal yang menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.
  • Kangkung diolah dengan menggunakan minyak bekas dipakai memasak sebelumnya yang menyebabkan kangkung terkontiminasi dengan lemak jenuh yang bisa mengakibatkan masalah pencernaan.
  • Kangkung yang terlalu banyak menggunakan bumbu MSG atau garam berlebihan sehingga mampu menyebabkan munculnya keluhan kesehatan.

Berikut kami sajikan beberapa bahaya mengkonsumsi sayur kangkung berlebihan.

  • Penyakit Asam urat.

    Kangkung sangat berbahaya bagi para penderita asam urat, baik yang sedang dalam proses penyembuhan ataupun yang sedang mengalami sakit asam urat. Zat purin yang terdapat dalam kangkung dapat menyebabkan asam urat kambuh , sendi nyeri dan bisa mengalami pembengkakan.

  • Alergi.

    Beberapa kasus menemukan sayur kangkung bisa menyebabkan alergi. Walaupun tidak pada semua orang tetapi beberapa orang mengalami alergi gatal gatal, ruam merah ataupun pusing sementara usai memakan kangkung. Penyebab alergi ini adalah zat magnesium yang terkandung didalam kangkung.

  • Gangguan Pencernaan.

    Mengkonsumsi kangkung tanpa nasi dalam kadar yang berlebihan dapat mengganggu jaringan usus dan sekitarnya. Kangkung memiliki kandungan gas dan zat purin yang dapat menyebabkan sistem pencernaan menjadi iritasi.

  • Mengantuk.

    Mitos yang mengatakan kangkung dapat membuat seseorang mengantuk itu benar adanya. Hal ini disebabkan kangkung memiliki zat kalium yang cukup tinggi yang mampu mempengaruhi saraf saraf bagian kepala.

  • Sakit Perut.

    Mengkonsumsi kangkung yang tidak bersih ketika dicuci dapat menyebabkan bakteri yang masih tertinggal mengiritasi dinding lambung dan jaringan perut lain. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang terserang sakit perut dan mual mual.

  • Tidak Baik Untuk Anak Dibawah Usia 5 tahun.

    Struktur sayur kangkung yang tidak mudah hancur ketika dikunyah ternyata berbahaya bagi sistem pencernaan anak dibawah usia 5 tahun. Sebaiknya kangkung diberikan kepada anak yang sudah berusia diatas 5 tahun, karena pada saat itulah kondisi pencernaan anak sudah bagus.

Kangkung lebih sehat jika dikonsumsi dengan cara di tumis tetapi tidak menggunakan minyak yang terbuat dari bahan kelapa melainkan dengan minyak zaitun atau minyak jagung , Agar kangkung terbebas dari lemak jenuh. Kangkung juga baik diolah dengan cara direbus atau di kukus lalu dijadikan lalapan yang digabungkan dengan sayuran lain misalnya brokoli kukus dan sebagainya. Cara mengalah kangkung yang benar akan memberi manfaat lebih bagi kesehatan anak anak dan orang dewasa bahkan manula yang masih membutuhkan zat besi dan vitamin.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Kangkung

    Kangkung Dibalik kelezatan tumis kangkung, terdapat banyak sekali khasiat tanaman hijau ini bagi kesehatan Kangkung (...

online istana solo