Manfaat Kapulaga Yang Belum Banyak Diketahui !

 Image result for kapulaga

Tahukah anda, bumbu masakan paling mahal di dunia? Pertama Safron, lalu vanili. Kapulaga di urutan ketiga. Kapulaga sangat terkenal di dunia herbal dan obat-obatan alternatif. Kapulaga merupakan rempah-rempah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. 

Manfaat kapulaga sudah terkenal di berbagai negara seperti India dan arab, rempah ini sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan mencegah kanker. Tanaman kapulaga merupakan sejenis rempah-rempah yang berasal dari negara India. Biasanya masyarakat India menggunakan kapulaga sebagai bumbu dalam berbagai jenis masakan India.

Selain sebagai bumbu dapur, rempah-rempah ini juga telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic sebagai pengobatan untuk sariawan, masalah pencernaan, dan bahkan depresi. Beberapa manfaat kesehatan rempah-rempah ini sekarang membuatnya banyak digunakan dalam study modern.

Kapulaga adalah sejenis buah yang sering digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu. Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yakni kapulaga Jawa (Amomum compactum) dan kapulaga sabrang atau kapulaga India (Elettaria cardamomum); kedua-duanya termasuk ke dalam suku jahe-jahean atau Zingiberaceae. Kapulaga atau di sebut juga Amomum cardamomum selama ini dikenal sebagai rempah untuk masakan dan juga lebih banyak digunakan untuk campuran jamu. Di beberapa daerah kapulaga dikenal dengan nama kapol, palago, karkolaka, dan lain-lain.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Buah kapulaga memiliki rasa agak pahit dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kapulaga, antara lain minyak terbang sineol, terpineol dan alfaborneol, β-kamper, protein, gula, lemak, serta silikat. Sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh kapulaga, di antaranya untuk obat batuk, obat perut kembung, penurun panas, antitusif, peluruh dahak, dan antimuntah.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tumbuhan, terutama akar dan buah kapulaga dapat digunakan untuk pengobatan penyakit serta bahan campuran obat.

  1. Mengobati Sakit Batuk.

    Cuci 6gr buah kapulaga sampai bersih, lalu rebus dengan 200 ml air selama 15 menit. Dinginkan lalu minum sekaligus. Ulangi pengobatan sampai sembuh.

  2. Mengatasi Bau badan.

    Rebus 5gr buah kapulaga, 100gr akar lang-alang, serta 1-2 batang benalu the (Loranthus sp.) dengan 2 gelas air. Tunggu sampai tersisa 1 gelas., lalu dinginkan. Saring air rebusan, lalu minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  3. Mengobati Demam dan Panas.

    Cuci 10gr Kapulaga, 25gr pulosari, 10gr bawang putih, 25gr merica, dan 25gr kunyit sampai bersih; lalu campur menjadi satu. Tumbuk halus bahan-bahan tersebut, lalu tambahkan air panas secukupnya sehingga membentuk larutan. Tambahkan satu sendok makan madu murni dan 2 butir kuning telur ayam kampong. Aduk sampai rata. Minum larutan 2-3 jam setelah makan malam setiap hari selama 1 bulan.

  4. Mengobati Kejang Perut, Rematik.

    Seduh 6gr buah kapulaga yang sudah dikeringkan dengan 1 gelas air mendidih, lalu dinginkan. Minum sekaligus 1 gelas sehari.

  5. Pencegah Mual.

    Cuci 5gr buah kapulaga, 100gr akar alang-alang, serta 1-2 batang benalu the (Loranthus sp.) sampai bersih, lalu tambahkan 2 gelas air. Rebus semua bahan sampai air rebusan sisa 1 gelas, lalu dinginkan. Saring air rebusan lalu minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  6. Mengobati Radang Amandel, Gangguan Haid, Kejang Perut, Obat Kumur, Influenza, Radang Lambung, Sesak Napas, Badan Lemah (sebagai tonikum).

    Cuci 5gr buah kapulaga, 100gr akar alang-alang, serta 1-2 batang benalu the (Loranthus sp.) sampai bersih. Rebus semua bahan dengan 2 gelas sampai tersisa 1 gelas, lalu dinginkan. Saring air rebusannya, lalu minum 2 kali masing-masing setengah gelas.

Demikian manfaat kapulaga bagi kesehatan yang sangat menakjubkan. Sediakan di rumah anda agar manfaatnya dapat dirasakan. Selalu jaga kesehatan anda dengan mengkonsumsi makanan baik setiap hari.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo