Manfaat Karet Kebo Untuk Kesehatan Tubuh

Hasil gambar untuk manfaat karet kebo

Nama ilmiah karet kebo adalah Ficus elastica Roxb. Karet kebo memiliki rasa pedas dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam karet kebo, di antaranya getah berupa senyawa karet (lateks). Sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh karet kebo, di antaranya melancarkan peredaran darah dan menghilangkan sakit (analgetik). Bagian yang digunakan dan pemanfaatannya adalah bagian akar karet kebo dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Tumbuhan berbentuk pohon besar, tinggi bisa mencapai 20 - 30 m. Batang berkayu, silindris, warna coklat tua, permukaan halus, percabangan meyebar tak beraturan hingga membentuk pohon yang rindang, keluar akar-akar menggantung dari batang atau cabang yang sudah besar Daun tunggal, bertangkai, tersusun berseling (alternate), bentuk lonjong(elliptica), ujung dan pangkal meruncing (acuminatus), tepi rata, permukaan mengkilat (nitidus), pada pohon yang masih muda panjang daun +/- 35 cm, lebar +/- 15 cm, setelah pohon menjadi dewasa rata-rata panjang daun menjadi lebih kecil dengan panjang +/- 10-15 cm dan lebar +/- 5-7 cm, daun muda berwarna merah hati setelah dewasa menjadi hijau tua, kuncup daun muda tertutup dengan selaput bumbung (ocrea) berbentuk kerucut tajam berwarna merah muda Bunga muncul di ketiak daun, berwarna merah kusam, penyerbukan sangat tergantung pada satu jenis kumbang Buah bulat telur, panjang +/- 1 cm, berwarna kuning kehijauan Perbanyaan Generatif (biji) dan vegetatif (pemisahan anakan). 

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Karet kebo memiliki rasa pedas dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam karet kebo, di antaranya getah berupa senyawa karet (lateksi). Sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh karet kebo, di antaranya melancarkan peredaran darah dan menghilangkan sakit (analgetik).

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian akar karet kebo dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Bisul.

    Cuci akar secukupnya sampai bersih, lalu giling halus. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga menjadi bubur, lalu bubuhkan ditempat yang sakit.

  • Mengatasi Masalah Berhenti Haid di Usia Subur (amenorrhoea sekunder).

    Cuci bersih 40gr akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Mengobati Maag.

    Cuci bersih 35gr akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Mengobati Rematik Sendi.

    Cuci bersih 30-50gr akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Demikian uraikan penjelasan tentang manfaat karet kebo untuk kesehatan tubuh yang berguna untuk mengobati berbagai penyakit yang perlu anda ketahui agar selalu hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat buat semua.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo