Mengenal Tanaman Kasingsat Beserta Khasiatnya

Gambar terkait

Nama ilmiah dari kasingsat adalah cassia omlidentalis Linn. Tanaman dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian dataran rendah sampai sekitar 1.200 m diatas permukaan air laut. Kasingsat tumbuh baik di daerah yang lembab dan cukup sinar matahari.

Perbanyakan tanaman dg menggunakan biji. Pemeliharaan mudah, perlu cukup air dengan cara penyiraman yg cukup, menjaga kelembaban dan pemupukan terutama pupuk dasar. 

Tanaman kasingsat termasuk tanaman perdu setahun yang tumbuh tegak dengan tinggi 1-2 meter, pada pangkal cabang tanaman berkayu. Tanaman banyak mengasilkan biji, berdaun majemuk, menyirip genap dengan 5 pasang anak daun yang berbentuk bulat telur dengan panjang 2-6 cm dan lebar 1-2 cm, ujung daun runcing, pangkal daun membulat dengan warna hijau tua.

Ukuran anak daun tanaman ini dibagian ujung lebih besar daripada anak daun dibagian pangkal tangkai daun, dengan tangkai daun pendek. Batang tanaman bersegi, warna hijau dengan alur berwarna merah tengguli, dipenuhi rambut halus. Bunga majemuk, berwarna kuning terletak di ketiak daun atau diujung ranting. Buah berupa buah polong. Biji gepeng, lonjong, tengahnya agak cekung.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kasingsat memiliki rasa pahit, bersifat dingin, dan agak beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun kasingsat, di antaranya demeric anthrone dan glikosida, suatu pencahar yang sangat paten. Sementara pada akar terkandung α-hydroxy-anthraquinone; 1,8-dihydroxy- anthraquinone; quercetin;emodin;heterodi-anthron; dan chrysophanol. Sementara itu, efek farmakologis kasingsat, anatar lain mengobati radang mata, merangsang nafsu makan, pencahar (laxans), dan antiradang.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian daun, biji, batang, dan akar yang telah dikeringkan di bawah sinar matahari dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Batuk, Sesak Napas, Radang Paru-Paru.

    Rebus 10-15gr tumbuhan kering dengan 4 gelas air sampai tersisa menjadi 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya untuk diminum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Mengobati Bekas Digigit Ular.

    Lumatkan segenggam daun kasingsat segar. Tambahkan sedikit air matang dan peras. Minum airnya dan bubuhkan ampasnya pada luka gigitan.

  • Mengobati Hepatitis.

    Rebus 10-15gr tumbuhan kering dengan 4 gelas air sampai tersisa menjadi 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya dan minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Mengatasi Keputihan (flour albus).

    Kukus daun kasingsat muda secukupnya, lalu makan sebagai lalap.

  • Mengobati Kepala Sakit Berulang.

    Rebus 30gr daun kasingsat dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Mengatasi Sulit Buang Air Besar, Disentri, Diare Kronis, dan Nyeri Ulu Hati.

    Rebus 10-15gr tumbuhan kering dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan dan minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Demikian pengenalan tanaman kasingsat serta khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini dapat menambah kamus tentang apotek hidup yang ada di sekitar kita. Tetap jaga kesehatan kita dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo