Manfaat Kayu Manis Cina Untuk Kesehatan

Image result for tanaman kayu manis cina

Kayu manis cina termasuk dalam Familia Lauraceae dan mempunyai beberapa sinonim, yaitu C. aromaticum Nees, C. cassia Nees ex BI. , C. abtusifolium Nees var. Cassia Perrot et Eberh. Kayu manis cina memiliki nama ilmiah Cinnamomum cassia Presl. Kayu manis cina mempunyai tinggi 8 – 17 m yang kulit batangnya berwarna coklat keabu-abuan dan wangi. Tanaman ini berasal dari Cina dan biasa ditanam sebagai tanaman obat atau tanaman rempah.

Daunnya merupakan daun tunggal yang kaku seperti kulit, bertangkai, dan mempunyai helaian daun elips memanjang dengan 3 buah tulang daun yang melengkung. Tepi daunnya rata dan mempunyai ujung serta pangkal runcing dengan permukaan atas daun berwarna hijau tua dan permukaan bawahnya berwarna hijau keabuan. Buah kayu manis cina merupakan buah buni yang bentuknya bulat panjang dan saat buahnya setengah matang seperti cengkeh.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kulit kayu manis cina memiliki rasa pedas dan manis, sedikit beracun (toksik), serta bersifat panas. Ranting mudanya memiliki rasa pedas dan manis serta bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kulit kayu manis, di antaranya cinnamic aldehyde, cinnamyl acetate, cinnzcylanol cinnzcylanine, phenypropyl acetate, tanin, dan saffrol. Sementara buah mentahnya mengandung cinnamic aldehyde, cournarin, traps-cinnamic acids, β-sitosterol, choline, protoca-techuric acid, dan syringe acid. Bahan kimia pada kulit kayu manis cina masuk ke meridian ginjal, limpa, dan kandungan kemih. Sementara itu, bahan kimia pada ranting mudanya masuk ke meridian kandung kemih, jantung, dan paru-paru.

Efek farmakologis yang dimiliki kulit kayu manis cina, di antaranya adalah menguatkan “yang”, menghangatkan limpa dan ginjal, melancarkan peredaran darah, menghilangkan sakit, menambah nafsu makan (stomakik), dan meluruhkan kentut (carminative). sementara itu, bagian ranting muda mempunyai efek farmakologis sebagai peluruh keringat (diaforetic), mengendurkan otot (muscle relaxant), menghangatkan dan melancarkan sirkulasi di meridian, serta melancarkan pernapasan.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Kulit kayu dan ranting kayu manis cina dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut:

  • Mengobati Diare, Gangguan Pencernaan, dan Radang Lambung (Gastritis).

    Seduh 1,5gr bubuk kulit kayu manis cina dengan 1 cangkir air panas untuk sekali pemakaian. Minum air seduhan sebanyak 2 kali sehari dengan dosis sama.

  • Mengobati jantung Koroner dan Nyeri Dada.

    Tumbuk halus 3gr kulit kayu manis cina, dan 13gr daun dewa (Gynura segetum Lour.), lalu seduh dengan 1 cangkir air panas. Minum air seduhannya sekaligus selagi hangat, lakukan 1 kali sehari.

Catatan :

  • Tumbuhan kayu manis cina sedikit beracun. Wanita hamil, penderita demam, yin lemah, yang kuat, dan penyakit pendarahan dilarang meminum ramuan tumbuhan ini.
  • Kulit kayu dan ranting dijemur untuk penyimpanan.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo