Manfaat Besar Dibalik Tanaman Kayu Putih

Image result for manfaat tumbuhan kayu putih

Kayu putih adalah sejenis pohon dimana hasil minyak dari olahan daun keringnya dapat digunakan untuk obat. Meskipun kayu putih digunakan untuk banyak tujuan kesehatan, namun belum ada bukti ilmiah untuk menilai seberapa efektif kegunaannya. Tanaman kayu putih masuk dalam anggota suku jambu-jambuan (Myrtaceae) dan genus Melaleuca dan memiliki nama ilmiah Melaleuca leucadendron L.

Tumbuhan Kayu putih dapat tumbuh di tanah tandus, tahan panas dan dapat bertunas kembali setelah terjadi kebakaran. Tanaman ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai 400 m dpl., dapat tumbuh di dekat pantai di belakang hutan bakau, di tanah berawa atau membentuk hutan kecil di tanah kering sampai basah.

Tumbuhan Kayu Putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena tumbuhan ini dapat dikategorikan sebagai tumbuhan obat. Yang sering digunakan sebagai obat adalah dari kulit dan daunnya sedang penggunaannya biasanya dijadikan ramuan. Untuk penggunaan ramuan Kayu Putih dalam bentuk kemasan biasanya pada saat melakukan perjalanan jauh atau untuk menghangatkan tubuh pada musim dingin. Selain itu bisa juga digunakan untuk mengatasi oreang yang sedang mengalami mabuk perjalanan dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kulit pohon kayu putih memiliki rasa tawar, netral, dan bersifat penenang. Daunnya memiliki rasa pedas, kelat dan bersifat hangat. Kayu putih mengandung lignin, melaleucin, serta minyak asiri yang terdiri atas sineol 50-65%, alpha-terpineol, valeraldehida, dan benzaldehida. Efek farmakologis kayu putih di antaranya sebagai penghilang rasa sakit (analgetik), peluruh keringat (diaphoretic), antirematik, peluruh kentut (carminative), pereda kulit (spasmolitic), penambah nafsu makan, karminatif, dan obat sakit perut.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Kulit batang, daun, ranting, dan buah kayu putih dapat digunakan untuk mengobati penyakit sebagai berikut :

  1. Mengobati Batuk, Demam karena flu, Sesak Napas (asma), Sakit Kepala, dan Sakit Gigi.

    Rebus 13gr daun kayu putih dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  2. Mengatasi Lemah Tidak Bersemangat (Neurathenia), Insomnia.

    Potong-potong 9gr kulit kayu putih kering lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya lalu minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  3. Mengobati Luka Bernanah.

    Kunyah kulit kayu putih muda, sedikit jahe, dan asam. Tempelkan hasil kunyahan pada luka terbuka yang bernanah. Ramuan ini akan membersihkan luka dan mengisap nanah yang terdapat pada luka.

  4. Mengobati Radang Kulit Ekzema, Sakit Kulit Karena Alergi.

    Cuci bersih 1 genggam daun kayu putih segar, lalu rebus dengan 3 gelas air bersih sampai mendidih. Biarkan air rebusan sampai hangat, lalu gunakan untuk mencuci bagian yang sakit.

  5. Mengobati Rematik, Nyeri pada Tulang dan Saraf (neuralgia), Radang Uses, Diare, Perut Kembung.

    Rebus 9gr daun kayu putih kering dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum. Air rebusan dapat diminum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Demikian uraian tentang tanaman kayu putih. Seperti yang kita tahu kayu putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan kimia yang teradapat di dalam tanaman kayu putih ini yang membuat tanaman ini memiliki manfaat besar seperti yang di uraikan di atas.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo