7 Khasiat Besar Keji Beling Yang Perlu Anda Ketahui !

Image result for manfaat tumbuhan keji beling

Keji beling atau orang jawa menyebutnya dengan nama “sambang geteh”, sementara di tanah pasundan dikenal dengan sebutan “remek daging”, “reundeu beureum”, dan orang ternate menyebutnya dengan nama “lire”. Keji Beling (Stachytarpheta mutabilis) adalah suatu jenis tumbuhan yang berbatang basah dan sepintas lalu menyerupai rumput berbatang tegak. Di Jawa tanaman ini banyak terdapat di pedesaan yang tumbuh sebagai semak. Keji Beling yang mempunyai nama latin Strobilanthes crispus Bl atau Sericocalyx crispus (L.) ini mudah berkembang biak pada tanah subur dan agak terlindung serta pada tempat terbuka yang mempunyai ketinggian 1 - 1.000 m di atas permukaan laut.

Indonesia yang sangat kaya dengan aneka tumbuh-tumbuhan obat, sudah lama mengenal manfaat dari daun keji beling. Karena telah terbukti khasiatnya selama beberapa generasi sebagai penyembuh berbagai macam penyakit. Tumbuhan keji beling sebenarnya sering dapat kita jumpai tumbuh liar di pekarangan atau kebun. Tumbuhan ini juga mudah sekali tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah, tampaknya tumbuhan keji beling ini sangat mudah beradaptasi di iklim tropis seperti Indonesia.

Di balik kemudahannya tumbuh sembarang tempat, tersembunyi manfaat tumbuhan keji beling, terutama untuk mengobati gangguan ginjal. Seperti yang kita ketahui bahwasanya ginjal adalah salah satu organ vital di dalam tubuh kita yang berfungsi sebagai saluran ekskresi.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Bahan kimia yang terkandung dalam keji beling, di antaranya kalium dengan kadar tinggi, natrium, kalsium, asam silikat, dan beberapa senyawa lainnya. Sementara itu, efek farmakologis keji beling, di antaranya peluruh kencing (diuretic) dan pencahar.

Bagian Tumbuhan yang DIgunakan dan Pemanfaatannya

Daun keji beling dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut :

  1. Mengobati Batu Ginjal.

    Cuci 50gr daun keji beling, 7 batang meniran segar, dan 7 lembar daun ungu sampai bersih, lalu rebus dengan 4 gelas air sampai menjadi 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan dan minum 3 kali sehari masing-masing 2/3 Cara lainnya, cuci 5 lembar daun keji beling 5 lembar daun tempuyung segar, dan 6 buah tongkol jagung, lalu rebus dengan 5 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4gelas. Setelah dingin, saring air rebusan dan minum 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas. Lakukan setiap hari sampai rasa sakit menghilang.

  2. Mengobati Batu Kandung Empedu.

    Cuci 5 lembar daun keji beling segar, 7 lembar daun ungu segar, sampai bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Air rebusan diminum seperti teh.

  3. Mengobati Batu Kandung Kencing.

    Cuci segenggam daun keji beling dan 1 tongkol jagung muda, lalu rebus dengan 2 liter air sampai tersisa 1 liter. Setelah dingin, saring air rebusan dan minum pada pagi dan sore hari masing-masing setengah gelas.

  4. Mengatasi Kencing Kurang Lancar.

    Cuci 25gr daun keji beling segar sampai bersih kemudian direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusan lalu minum sekaligus. Lakukan pada pagi atau siang hari.

  5. Mengobati Kencing Manis.

    Rebus 40gr daun keji beling segar, dengan 6 gelas air sampai tersisa 3 gelas (untuk 3 hari). setelah dingin, saring air rebusan dan minum 3 kali masing-masing 1 gelas sehari.

  6. Mengatasi Sembelit.

    Cuci setengan genggam daun keji beling segar sampai bersih, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersia 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan dan minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  1. Mengobati Wasir.

    Rebus 40gr daun keji beling segar dengan 6 gelas air sampai tersisa 3 gelas (untuk 3 hari). setelah dingin, saring air rebusan dan minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas per hari.

Nah itu dia 7 khasiat besar tanaman keji beling yang perlu Anda ketahui. Kesehatan memang mahal, tetapi Kita dapat mensiasatinya dengan tumbuhan apotek hidup yang ada di sekita kita. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk para pembaca artikel ini.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo