Ada yang Tahu Khasiat Besar Apa Dalam Keladi Tikus?

Image result for keladi tikus

Manfaat keladi tikus belum banyak diketahui oleh banyak orang dikarenakan keladi tikus tidak bisa dijumpai di berbagai tempat. Keladi tikus merupakan tanaman umbi yang disebut juga dengan Typhonium flagelliforme Rat. Tanaman keladi tikus termasuk dalam keluarga Araceae. Setiap daerah menyebut tanaman keladi tikus dengan sebutan yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya dengan tumbuhan merata, daun panta susu, kalamayong, ileus, trenggiling mentik dan masih banyak lagi lainnya. Nama yang terdengar sepele, ternyata memiliki manfaat dan kandungan yang luar biasa.

Keladi tikus memiliki banyak manfaat terutama untuk penyembuhan kanker dan juga berbagai penyakit lainnya. Keladi tikus memiliki banyak zat di dalam umbi dan  juga daunnya. Namun untuk penyembuhan kanker, keladi tikus banyak dimanfaatkan umbinya dibandingkan dengan daunnya. Rasa daunnya begitu pahit namun khasiatnya sangat ampuh. Keladi tikus juga termasuk dalam tanaman beracun.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Keladi tikus bersifat antivirus dan anti bakteri. Bahan kimia yang terkandung dalam tumbuhan ini masih belum banyak diketahui. Efek farmakologis yang dimiliki keladi tikus, di antaranya mampu membunuh/menghambat pertumbuhan sel kanker dan menghilangkan efek buruk chemoteraphy.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit. Tumbuhan ini sebaiknya digunakan dalam bentuk segar, diolah menjadi jus (sari tumbuhan), dan langsung diminum sesudah diolah. Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan keladi tikus di antaranya sebagai berikut.

  • Mengobati Borok, Luka, dan Koreng.

    Tumbuk halus umbi keladi tikus, adas (Foeniculum vulgare Mill.), dan pulosari (Alyxia reinwardtii Bl.) secukupnya. Tempelkan hasil tumbukan pada bagian tubuh yang sakit. 

  • Frambusia.

    Aduk getah keladi tikus dan sedikit kapur sampai rata, lalu tempelkan ramuan pada bagian yang sakit.

  • Mengobati Kanker : Payudara, Paru-paru, Usus Besar, Rektum, Lever, Prostat, Ginjal, Leher Rahim, Tenggorokan, Tulang, Otak, Limpa, Leukimia, Empedu, dan Pankreas.

    Rendam seluruh bagian tumbuhan keladi tikus (daun, batang, bunga, umbi) sebanyak 3 batang (50gr) selama setengah jam, lalu cuci sampai bersih. Tumbuk halus hasil rendaman, tambahkan 40ml air matang, lalu peras dengan kain. Campurkan setengah sendok makan 3 kali sehari. Air perasan harus segera diminum dan tidak boleh disimpan.

  • Menetralisir Racun Narkoba.

    Cuci umbi keladi tikus sebesar 1 ruas ujung jari sampai bersih dengan air matang, lalu keprek dan langsung telan. Lakukan beberapa kali sehari.

Catatan :

  • Wanita hamil dilarang minum tumbuhan obat ini.
  • Penghalusan sebaiknya dilakukan dengan cara ditumbuk, tidak boleh diblender.
  • Bila tangan gatal karena terkena bubuk ini, cuci dengan air gula.
  • Hindarkan mata dari tumbukan bahan ini.
  • Air sari keladi tikus harus diminum segera, tidak boleh disimpan.
  • Tumbuhan keladi tikus mudah busuk bila basah, jadi harus disimpan di kulkas, dengan cara tumbuhan dibungkus dengan kertas lalu dimasukkan kedalam plastik kemudian disimpan dalam kulkas.
  • Ramuan keladi tikus diminum saat perut kosong atau sekurang-kurangnya 1 jam sebelumnya.
  • Pasien yang baru di operasi, harus menunggu 2 minggu setelah operasi untuk meminum ramuan ini.
  • Pengaruh minum ramuan ini adalah pada 2 hari pertama akan terasa mual, sedikit diare, tinja berwarna hitam, dan badan lesu. Apabila pasien mual dan muntah setelah lama minum ramuan ini maka pemakai dihentikan sampai gejala hilang. Setelah itu, baru minum lagi atau dosisnya dikurangi.

Bagimana, hebat bukan khasiat dari tanaman yang satu ini. Walau belum banyak orang tahu manfaat dan khasiatnya tetapi sekarang Anda harus memperhitungkan besarnya manfaat tanaman keladi tikus. Ternyata banyak keuntungannya apabila kita memiliki tanaman ini di pekarangan rumah kita. Selamat menamanya di rumah Anda.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

 

Artikel Terkait

  • Manfaat Tanaman Keladi Tikus

    Keladi tikus sudah lama digunakan oleh masyarakat Malaysia sebagai obat penyakit kanker. Secara umum hasil penelitian...

  • Daun Keladi Tikus

    Apakah anda tahu keladi tikus? Keladi tikus adalah salah satu herbal alami yang ada di Indonesia. Tanaman ini memang ...

online istana solo