Manfaat Tanaman Keladi Tikus

Hasil gambar untuk keladi tikus

Keladi tikus sudah lama digunakan oleh masyarakat Malaysia sebagai obat penyakit kanker. Secara umum hasil penelitian menunjukkan efek membunuh atau menghambat pertumbuhan sel kanker, menghilangkan efek buruk kemoterapi dan bersifat antivirus dan antibakteri.

Gambar terkait

Daun tanaman keladi tikus berbentuk bulat dan sedikit lonjong. Berbentuk meruncing mirip seperti daun talas. Tanaman keladi tikus yang sudah agak terlihat tua daunnya yang hijau dan teksturnya yang halus pada bagian ujung meruncing mirip seperti anak panah. Tanaman ini tumbuh berumpun di alam bebas pada tanah yang gembur, lembab, dan teduh. Tanaman keladi tikus banyak ditemui pada sela tanaman padi yang sedang tumbuh di sawah. Sehingga kehadirannya harus dihilangkan.  Tanaman keladi tikus dapat tumbuh hingga mencapai 40 cm dan ukuran diameter umbinya sekitar 4 cm. Bagian yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan adalah bagian umbi dan daunnya.

Zat yang terkandung dalam keladi tikus:

  1. Ribosome incating protein(RIP)
  2. Antioksidan
  3. Zat Kurkumin

Tanaman keladi tikus ini banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Berikut beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan keladi tikus:

  1. Untuk menetralisir racun

Jenis kandungan alami fraksi etil asetatnya dapat membantu mengeluarkan racun akibat pemakaian narkoba. Sehingga racun tidak menyebabkan penyakit fatal pada tubuh. racun tersebut akan dinetralisir dan dikeluarkan lewat urin, feses, dan keringat.

  1. Mengobati bengkak

Virus, bakteri, dan jamur yang berada di dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit bisul. Bisul perlu mendapatkan pengobatan dan perawatan agar tidak tumbuh menyebar dan menular. Bisul dapat menyebabkan rasa nyeri dan perih pada tubuh sehingga perlu ditangani lebih lam]njut. Zat immunomodulator dan hepatoprotektor menjadi salah satu obat yang efektif menyembuhkan bisul agar cepat kering dan tidak tumbuh lagi. Cara mengolahnya keladi tikus untuk obat bisul adalah dengan mengambil 50 gram umbi, kupas kulitnya, lalu tumbuk sampai halus. Gunakan sebagai obat luar dengan menempelkannya pada bagian yang sudah terkena dengan bisul maka lakukanlah secara teratur. Dua kali sehari pagi dan sore.pengobatan ini akan membantu mempercepat keluarnya nanah dan mengurangi bengkak pada bisul.

  1. Sebagai antibakteri

Keladi tikus dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bakteri yang akan menyerang pada kesehatan tubuh, sehingga dengan adanya antibiotic untuk tubuh dapat membantu mengatasi berbagai macam keluhan pada tubuh terutama flu dan batuk. Kandungan zat yang mencegah bakteri yang ingin masuk ke dalam tubuh adalah asam laurat dan asam kaprat.

  1. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas yan masuk ke dalam tubuh memang dapat menyebabkan berbagai macam keluhan dan rasa tidak nyaman pada tubuh. Radikal bebas akan menyerang dengan pertumbuhannya yang sangat cepat di dalam tubuh sehingga menjadikan penyakit lebih sulit untuk disembuhkan. Zat bioaktif dan antioksidan dalam keladi tikus berfungsi untuk membantu menangkal dan mencegah radikal bebas untuk masuk ke dalam tubuh.

  1. Mengobati kanker

Zat kurkumin, antioksidan dan ribosome inacting protein yang ada pada keladi tikus sangatlah berguna bagi para penderita kanker. Manfaat yang dihasilkan zat tersebut adalah menghambat pertumbuhan sel kanker, melawan sel kanker, menyembuhkan kanker serta mencegah kerusakan gen pada penyakit kanker dan membantu mencegah terjadinya kehancuran sel-sel yang disebabkan oleh penyakit kanker.

 

 

 

Artikel Terkait

Karyawan baru Istana