Khasiat dan Manfaat Tumbuhan Kelor

Image result for kelor

Kelor juga disebut sebagai Moringa oleifera Lamk. dan merupakan tumbuhan dari jenis suku Moringaceae. Daunnya berbentuk bulat lonjong dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai, biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan dan menjaga kesehatan, dan tumbuhan ini juga memiliki tinggi batang sekitar 7 sampai 11 meter, memiliki bunga dengan warna putih kekuning-kuningan yang mengeluarkan bau dengan aroma bau semerbak, serta memiliki buah dengan bentuk segitiga memanjang biasa nya di sebut kelentang dan biasanya juga bisa dimasak sebagai sayur.

Penelitian pada manfaat tumbuhan kelor dimulai dari daunnya, lalu kulit batang, buah dan bijinya, telah dimulai sejak tahun 1980, negara yang tradisi penduduknya menanam pohon kelor adalah somalia, etiopoa, sudan, karena pohon kelor merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari sebagai sayuran dan berfungsi untuk menjaga kesehatan, dan juga hasil dari tanaman ini di perjual belikan.

Kegunaan lain dari daun kelor yaitu untuk menjaga tanah agar tidak longsor, air hujan dapat di tahan oleh sistem akar tumbuhan kelor yang sangat rapat, hal ini telah digunakan di kawasan Konso dan juga Arba Minch, juga digunakan sebagai konservasi tanah, terasering. dan ketika musim kemarau datang, akar disekitar pohon kelor yang menyimpan air akan menjadi sumber air bagi tanaman lainnya.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Tumbuhan kelor memiliki rasa agak pahit, bersifat netral, dan tidak beracun. Bahan kimia yang terkandung pada biji kelor, di antaranya minyak “behen”; pada kulit akar minyak terbang; sedangkan pada sel-sel tertentu mengandung myrosine, emulsine, alkaloida pahit tidak beracun, dan vitamin (A,B1,B2, serta C). sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh kelor di antaranya anti-inflamasi, antioiretik, dan antiskorbut.

Bagian yang DIgunakan dan Pemanfaatannya

Akar, daun, dan biji dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Beri-beri dan Udim.

    Giling akar kelor, akar pepaya, dan kulit lawang atau cengkih masing-masing satu jari. Tambahkan air, peras, dan saring. Bagi air saringan menjadi 2 bagian yang sama. Minum air hasil saringan sebanyak 2 kali sehari, masing-masing 1 bagian.

  • Mengobati Biduran dan Alergi.

    Rebus 3 tangkai daun kelor, 1 siung bawang merah, serta adas dan pulosari secukupnya dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring dan minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Mengobati Kurap (herpes) dan Luka Bernanah.

    Tumbuk daun kelor dengan kapur, lalu balurkan hasil tumbukan pada kurap.

  • Mengobati Rabun Ayam.

    Tumbuk 3 tangkai daun kelor sampai halus, lalu seduh dengan 1 cangkir air masak dan saring. Tambahkan madu ke dalam air daun kelor yang tersaring, lalu aduk sampai merata. Minum sebelum tidur.

  • Mengobati Sariawan, Sulit Buang Air Kecil, Badan Lemah, Nafsu Makan Kurang, Sakit Kuning, Rematik, Nyeri dan Pegal Linu, Histeri, dan Epilepsi.

    Rebus akar kelor sebanyak 1 jari dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, lalu saring. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Semoga artikel tentang khasiat dan manfaat tumbuhan kelor di atas bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa baca artikel kesehatan lainnya yaa.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Khasiat Daun Kelor Untuk Pengobatan Kanker

    Mendengar kata daun kelor, beberapa masyarakat mungkin akan teringat pada satu ungkapan yang seringkali dijadikan seb...

  • Kelor

        Pernah mendengar pepatah "dunia tak selebar daun kelor"? Nah, daun kelor yang digunakan dalam kalimat tersebut t...

online istana solo