Manfaat Tanaman Kemangi Untuk Tubuh Kita

Image result for manfaat tumbuhan kemangi

Kemangi dikenal dengan nama Ocimum basilicum Linn. fa. cilratum, kandungan sintral pada daunnya tinggi sehingga menimbulkan aroma nya yang khas. Kemangi adalah tumbuhan kecil yang tentunya daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Juga merupakan bumbu yang digunakan pepes, memiliki aroma kuat, khas namun lembut dengan sedikit aroma limau. Daun ini biasa di sajikan bersama dengan irisan ketimun, daun kubis, serta sambal untuk disantap bersama ikan goreng ataupun ayam goreng, tumbuhan ini disebut manglak di daerah thailand dan juga sering ditemukan dalam masakan setempat. 

Kemangi merupakan tumbuhan tahunan yang bertumbuh secara tegak dan memiliki cabang yang banyak, tinggi tanaman ini bisa mencapai hingga 100 cm dan berbentuk perdu, bunga kemangi tersusun di tandan yang tegak, dan daunnya tegak, panjang, berbentuk bulat telur, warnanya hijau muda dan tentunya harum, ujung daun biasanya tumpul dan tajam, panjangnya hingga 5 cm, permukaan daunnya bisa bergerigi dan bisa juga rata, rasanya pahit dan wanginya seperti cengkeh.

Anggota dari keluarga daun mint ini telah digunakan sebagai tanaman obat. Ekstrak minyak daun kemangi dikatakan memiliki sifat antioksidan dan antibakteri. Harum kemangi yang segar, menawarkan dosis yang sehat dari pembekuan darah dengan adanya vitamin K. Setiap 2 sendok makan kemangi cincang segar menyediakan 27% dari rekomendasi vitamin K, serta vitamin A, mangan, dan magnesium.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Tumbuhan kemangi memiliki rasa agak manis, bersifat dingin, berbau harum, dan menyegarkan. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada seluruh bagian tanaman kemangi, di antaranya 1,8 sineol; anethol; apigenin; dan boron. Sementara pada daunnya mengandung arginine dan asam aspartat.

Efek farmakologis yang dimiliki seluruh bagian tanaman kemangi, di antaranya menghilangkan bau badan dan bau mulut, anastesi, membantu mengatasi ejakulasi prematur, anti-kholinesterase, merangsang aktivitas syaraf pusat, melebarkan pembuluh kapiler (merangsang ereksi), menguatkan hepar, merangsang hormon estrogen, merangsang faktor kekebalan tubuh, merangsang ASI, melebarkan pembuluh darah, mencegah pengentalan darah, melancarkan sirkulasi, merangsang keluarnya hormon androgen dan hormon estrogen, serta mencegah pengeroposan tulang. Selain itu, daunnya bermanfaat untuk memperkuat daya tahan hidup sperma, mencegah kemandulan, menurunkan gula darah, antihepatitis, diuretik, merangsang syaraf, dan analeptik.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun, biji, dan akar dapat dimanfaatkan untuk obat beberapa penyakit berikut :

  • Mengatasi Bau Badan dan Bau Keringat.

    Tumbuk halus daun, biji, dan akar kemangi secukupnya, lalu seduh dengan air panas sebanyak 1 gelas. Saring air seduhannya, lalu tambahkan gula aren secukupnya. Minum air seduhan pada pagi dan malam hari.

  • Mengatasi Bau Mulut, Badan Lesu.

    Daun kemangi di makan langsung sebagai lalap.

  • Sebagai Ejakulasi Prematur, Peluruh Gas Perut, Peluruh Haid, Peluruh ASI, Panas Dalam, dan Sariawan.

    Rebus daun kamangi segar atau kering sebanyak 15gr dalam 2 gelas air selama 15 menit. Minum 2 kali sehari masing-maisng setengah gelas.

Demikian artikel Manfaat dari tanaman kemangi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba sendiri di rumah. 

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo