Mengenal Kembang Bugang Beserta Manfaatnya

Related image

Kembang Bugang mempunyai nama ilmiah Clerodendrum calamitosum L. yang termasuk ke dalam famili Verbenaceae tapi beberapa ahli memasukkan dalam famili Lamiaceae. Kembang Bugang banyak mempunyai kandungan kimia bermanfaat, antara lain:saponin, flavonoida, polifenol, alkaloid dan kalium. Nama lain kembang Bugang ini adalah Kayu Gambir. Sekilas tanaman ini mirip melati dengan bunga putih, namun ada tangkai putik dan tangkai benang sari yang memanjang.

Tanaman ini banyak terdapat di Indonesia, sering ditemukan di sekitar kampung, di kebun, tepi hutan dan jalan. Ada juga masyarakat yang menanam kembang bugang ini di pekarangan sekitar rumah sebagai tanaman hias atau tanaman obat. Secara umum, kembang bugang dikategorikan sebagai tanaman perdu yang tumbuh tegak dengan tinggi antara 0,51 meter.

Tanaman ini terdapat di Jawa dari dataran rendah sampai ketinggian 750 m di atas permukaan air laut, terutama pada daerah dengan musim kemarau yang panjang dan di tempat-tempat yang ternaungi. Tanaman ini dapat ditemukan di sekitar kampung, di kebun, tepi hutan, dan jalan, kadang ditanam di pekarangan sekitar rumah sebagai tanaman hias atau tanaman obat.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Bahan kimia yang terkandung pada kembang bugang, di antaranya saponin, flavonoid, polifenol, alkaloid, dan kalium. Sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh kembang bugang, di antaranya menghentikan pendarahan dan penghancur batu ginjal.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun dan akar kembang bugang dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit-penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Demam.

    Cuci bersih 10gr daun kembang bugang segar, lalu rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit (untuk sekali pemakaian). setelah dingin, saring air rebusan lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

  • Mengobati Bekas Digigit Ular.

    Cuci bersih akar kembang bugang sebesar ibu jari, lalu bilas dengan air matang. Kunyah akar kembang bugang yang telah bersih. Minum air kunyahan dan letakkan ampasnya pada luka yang terkena gigitan.

  • Mengobati Kencing Batu.

    Cuci 8 lembar daun kembang bugang, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 21/4 Setelah dingin, saring air rebusannya dan tambahkan madu secukupnya. Minum air rebusan 3 kali masing-masing 3/4gelas.

  • Mengobati Kencing Nanah.

    Cuci bersih 6 lembar daun kembang bugang, 10 lembar pegagan, 20 lembar daun picicsan, 25 lembar daun jinten, 12 sirip daun meniran, 9 lembar daun murbei, 8 lembar daun bengang, dan 3 jari gula enau. Potong-potong seperlunya lalu rebus dengan 4 gelas air bersih sampai tersisa 2/4 Setelah dingin, saring air rebusan dan minum 3 kali sehari masing-masing 3/4gelas.

  • Mengobati Wasir.

    Cuci bersih 9 lembar daun kembang bugang, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan lalu minum bersama dengan 1 sendok makan madu 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Semua penyakit pasti ada obatnya seperti di atas saya jelaskan tentang khasiat kembang bugang bagi kesehatan yang terbukti bisa mengobati berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang kesehatan kita maka dari itu lakukanlah pengobatan herbal atau tradisional ya sahabat.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo