Manfaat Kembang Cokelat Untuk Kesehatan

Related image

Anda mungkin menyangka bahwa kembang coklat memiliki warna yang sama dengan namanya. Padahal, warna bunga dari tanaman ini adalah putih, tak jauh beda dari melati. Meskipun tumbuhan ini berukuran kecil, namun sarat dengan manfaat kesehatan. Ya, setidaknya kembang coklat turut berkontribusi di dunia pengobatan. 

Kembang coklat dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Nama lain dari kembang coklat adalah bawang sebrang, dalam bahasa Inggris disebut rain lily. Mungkin di daerah lain, tumbuhan ini disebut merakan, jambul merak, atau kembang patra kembala. Zephyranthes candida merupakan nama ilmiah dari tanaman ini, masih tergolong ke dalam famili amaryllidaceae.

Kembang cokelat merupakan terna kecil berumbi, warga suku bakung-bangkungan, tinggi 15-10 cm, berasal dari Chili dan Brasilia. Daunnya panjang dan pipih keluar dari bonggol umbi yang terletak dalam tanah. Daun agak melengkung, licin. Bunga mempunyai tangkai, tunggal, warna putih dan dadu, berbentuk seperti corong yang menghadap ke atas. Biji warna hitam dan pipih. Umbi berwarna putih berlendir.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Tumbuhan kembang cokelat memiliki rasa agak manis. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada kembang cokelat, di antaranya lycorine, tazettin, haemanthidne, dan nerinine. Sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh kembang cokelat di antaranya untuk penurun panas.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun, biji, batang, dan akar kembang cokelat dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Ayan (epilepsi) dan gangguan fungsi hati, terutama untuk gejala hepatitis tahap awal.

    Rebus 10gr herba kembang cokelat dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Kejang Pada Anak.

    Rebus 15gr daun kembang cokelat segar dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing setengah gelas. Cara lain, lumatkan 15gr herba kembang cokelat, lalu tambahkan garam. Tempelkan hasil lumatan herba pada pelipis.

Nah, itulah manfaat kembang cokelat untuk pengobatan secara alami. Mungkin anda pernah melihat tanaman yang satu ini? tanaman yang satu ini bisa jadi alternatif pengobatan tradisional loh.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo