Manfaat Kembang Merak Untuk Kesehatan

Image result for manfaat kembang merak

Bunga merak atau disebut juga kembang merak sering digunakan sebagai tanaman hias dan kadang juga tumbuh liar di pekarangan kita. Bunga merak memiliki nama latin Caesalpinia pulcherrima ini berasal dari suku tanaman polong-polongan (Fabaceae). Nama-nama daerah tanaman Kembang Merak tersebut antara lain merakan (Jawa), kembang patra kembala (Sunda), perak kegel (Madura), bunga kacang (Sulawesi Utara), jambul merak (Melayu).

Kembang merak adalah sejenis tanaman hias yang juga berkhasiat obat. Bunga merak atau kembang merak merupakan tumbuhan asli berasal dari Afrika dan Asia. Dengan bentuk bunga yang begitu indah, banyak orang yang tidak sadar akan kegunaan bunga ini sebagai obat herbal.

Bunga merak ini memiliki ciri-ciri bunganya  majemuk, bentuk tandan, di ujung batang, berkelamin dua, kelopak bentuk tabung, pendek, bertaju lima, merah, benang sari sepuluh, lepas, panjang 5,5-7,5 mm, pangkal tangkai sari berambut,kepala sari coklat, daun mahkota panjang 2-3 cm, bentuk terompet, merah. Mempunyai Batang dengan tinggi 2-4 m. Berkayu, bulat, bercabang-cabang, coklat keputihputihan.

Bunga merak ini memiliki Daun Majemuk, berbentuk menyirip, anak daun bersirip 4-12 pasang, bulat telur, ujung dan pangkal membulat, tepi rata, panjang 1-3 cm, lebar 5-15 mm, pertulangan menyirip, hijau. Bungan merak ini mempunyai buah polong, pipih, panjang 6-12 cm, lebar 1,5 cm,berisi 1-8 buah biji yang dapat dimakan.Buah yang sudah tua warnanya hitam.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Bunga kembang merak memiliki rasa manis, tawar, dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada bunga kembang merak, di antaranya tanin, gallic acid, resin, zat merah, dan benzoic acid. Pada daunnya terkandung alkaloid, saponin, tanin, glucoside, dan calcium oksalat. Sementara pada kulit kayu terkandung plumbagin, lumbagol, tanin, zat samak, alkaloid, saponin, dan kalsium oksalat. Efek farmakologis yang dimiliki oleh bunga kembang merak, di antaranya melancarkan sirkulasi darah dari haid, abortivum, dan emenagogum. Selain itu, kulit kayu kembang merak mempunyai efek kelat dan berfungsi sebagai peluruh haid.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bunga, daun, dan kulit akar kembang merak dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit seperti berikut :

  1. Mengobati Diare Akut.

    Tumbuk halus 5gr kering atau 10gr segar kulit batang kembang merak, lalu seduh dengan 100 cc air panas dan minum 2 kali sehari.

  2. Mengobati Hepatitis.

    Rebus 30gr daun kembang merak dan 30gr daun serut (Streblus asper Lour.) dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring, lalu minum saat hangat 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  3. Mengatasi Kejang Panas pada Anak.

    Cuci bersih 5 kuntum kembang merak, 1/4 genggam daun kembang merak, 3 jari akar kembang merak, dan 3 jari kulit batang kembang merak. Tumbuk halus semua bahan lalu tambahkan air garam secukupnya. Gunakan untuk menggosok leher, punggung, dan kaki anak.

  4. Mengobati Sakit Panas.

    Seduh 5gr kering atau 20gr segar bunga kembang merak dengan 1 gelas air panas. Minum air seduhan saat hangat.

  5. Mengatasi Perut Kembung.

    Tumbuk halus daun kembang merak, alang-alang, dan bawang putih secukupnya sampai menjadi bubur. Balurkan campuran bahan pada perut sebagai obat luar.

  6. Mengobati Sariawan.

    Rebus 30gr daun kembang merak dengan 4 gelas air sampai mendidih, lalu gunakan untuk berkumur.

Catatan : wanita hamil dilarang minum ramuan ini.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo