Manfaat Kembang Pukul Empat Untuk Tubuh

Image result for Daun Kembang Pukul Empat

Pemberian nama untuk bunga pukul empat didasarkan pada waktu mekarnya bunga ini. Cahaya matahari ketika sore hari menyebabkan kembang pukul empat mekar begitu indah dan cantik. Mirabilis jalapa adalah nama ilmiah untuk bunga ini, di mana ada segudang manfaat kesehatan di balik akarnya yang manis dan bagian tanaman lain yang mengandung zat aktif.  

Bunga pukul empat berasal dari Amerika selatan, dengan beberapa variasi warna seperti merah, jingga, kuning, dan putih. Tanaman ini tergolong ke dalam keluarga Nyctaginaceae. Orang China menyebutnya Zi mo li, sedangkan di Inggris bunga ini disebut marvel of peru.

Bunga pukul empat sering ditanam untuk dijadikan hiasan dipekarangan atau dijadikan tanaman pagar, tapi bunga pukul empat sendiri dapat dijadikan obat untuk beberapa penyakit karena kandungan senyawanya terbukti ampuh untuk kesehatan. Bunga pukul empat dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah dan tinggi, yang mendapatkan cukup cahaya matahari. Bentuk daunnya menyerupai jantung, warnanya hijau tua.

Tinggi tanaman sekitar 25-75 cm. Bentuk bunga mirip dengan terompet, buahnya berwarna hitam dan bentuknya oval dengan tekstur yang keras. Umbi tanaman ini memiliki kulit berwarna coklat agak hitam, bentuknya agak bulat dan lonjong dengan panjang sekitar 8 cm, dan rata-rata garis tengahnya 4 cm.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Tumbuhan kembang pukul empat mempunyai rasa manis, tidak berbau, sejuk, dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada buah kembang pukul empat, di antaranya zat tepung-lemak (4,3%); zat asam lemak (24,4%); dan zat asam minyak (46,9%). selain itu, pada bagian akar terkandung β-xanthins. Sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh kembang pukul empat, di antaranya antiradang, meluruhkan air seni, memperlancar sirkulasi dan menghilangkan hambatan aliran darah.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Akar, daun dan buah kembang pukul empat dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Bisul.

    Cuci bersih 10 lembar daun kembang pukul empat, lumatkan lalu tambahkan air garam secukupnya. Tempelkan hasil lumatan pada bisul dan daerah sekelilingnya, lalu balut dengan kain atau perban.

  • Mengobati Infeksi Saluran Kencing/Prostatitis, Radang Amandel, Kencing Manis (diabetes melitus), kencing berlemak, keputihan (leucorrhea), erosi mulut rahim (cervical erosion), dan radang sendi akut (acute arthritis). 

    Rebus 9-15 gr kering atau 15-30gr segar akar kembang pukul empat dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring air rebusan dan minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Nah itu dia manfaat-manfaat dari kembang pukul empat. Ternyata tanaman hias ini bermanfaat juga untuk kesehatan tubuh kita. Anda bisa menanam tanaman ini dipekarangan rumah Anda sebagai tanaman hias sekaligus apotik hidup. Semoga bermanfaat yaa untuk yang membaca.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo