Manfaat dan Khasiat Tanaman Kembang Telang

Image result for manfaat kembang telang

Kembang telang merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang banyak dijumpai di hutan maupun di pekarangan rumah penduduk yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman ini pada umumnya memiliki bunga yang berwarna biru terang, namun sebenarnya kembang telang ini juga memiliki varian warna lain yang berbeda seperti putih, pink, dan juga warna ungu. Bunga ini dapat dimanfaatkan untuk beraneka ragam keperluan seperti sebagai pewarna makanan, kue, maupun sebagai bahan dasar pembuatan minuman.

Tumbuhan ini adalah tumbuhan anggota suku polong-polongan yang berasal dari Asia tropis, tetapi sekarang telah menyebar ke daerah tropika. Nama ilmiah kembang telang ini adalah Clitoria Ternatea. Kembang telang adalah tumbuhan pagar yang merambat memiliki bentuk pohon kecil dan bunga yang berwarna cerah. Pohon merambat hingga mencapai 6m, tergantung media yang dijalari. Daun oval dengan warna bunga berwarna ungu. Buah panjang dan hampir sama dengan buncis tetapi ukurannya lebih kecil.

Deskripsi atau ciri sepintas dari Bunga telang sebenarnya mudah saja, Tanaman ini merambat, menjalar dengan bantuan media lain yang berada didekatnya dengan mencapai panjang atau ketinggian hingga sekitar 6m. Mempunyai warna bunga biru sangat terang dan juga bentuknya bulat telur dengan lebar sekitar 2-3cm.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kembang telang mempunyai akar yang beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung padakembang telang, di antaranya saponin, alkaloid, flavonoid, ca-oksalat dan sulfur. Daun tumbuhan ini mengandung kaemferol 3-glucoside, dan triterperroid, sedangkan bunganya mengandung delphirridin 3,3,5’, triglucoside dan fenol. Sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh akar kembang telang, di antaranya laxative (pencahar), diuretic, perangsang muntah, dan pembersih darah. Daun kembang telang dapat mempercepat pematangan bisul, sedangkan bijinya dapat digunakan untuk obat cacing dan pencahar ringan.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tumbuhan kembang telang dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Abses dan Bisul.

    Tumbuk halus bunga kembang telang berwarna biru secukupnya, lalu tambahkan gula jawa secukupnya. Gunakan campuran kedua bahan tersebut untuk menurap bisul atau abses. Selain itu, rebus akar kembang telang putih, lalu minum air rebusannya. Air rebusan ini bermanfaat untuk mencuci darah.

  • Mengobati Demam, menghilangkan dahak pada bronkhitis kronis, irirtasi kandung kemih, dan saluran kencing.

    Rebus 0,3 gr akar kembang telang kering dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Mengobati Radang Mata Merah.

    Rendam bunga kembang telang yang berwarna biru secukupnya dalam 1 gelas air hingga air rendaman menjadi biru. Gunakan air rendaman untuk mencuci mata.

  • Mengobati Sakit Telinga.

    Cuci bersih daun kembang telang, lalu lumatkan. Ambil air perasannya, tambahkan garam, lalu oleskan di sekitar telinga yang sakit saat masih hangat.

Nah mungkin itu dulu dari kami tentang Manfaat dan Khasiat Tanaman Kembang Telang. Semoga bisa membantu dan berguna bagi orang banyak. Terima kasih.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo