Dahsyatnya Manfaat dan khasiat Tanaman Kemuning Untuk Kesehatan

Image result for kemuning

Bunga kemuning (Murraya paniculata L.) biasanya tumbuh liar di tepi hutan, semak belukar, pagar pembatas kebun atau ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Seperti bunga kenanga dan melati, bunga kemuning juga sering digunakan sebagai obat tradisional. Bagian tanaman yang digunakan adalah daun, ranting dan akar. Kulit batang juga berkhasiat sebagai obat.

Bunga kemuning merupakan tanaman tropis yang sarat dengan manfaat kesehatan dan kecantikan. Adanya sejumlah zat kimia di dalam daun dan akarnya, membuat tumbuhan ini layak digolongkan ke dalam tanaman obat-obatan. Dalam pengobatan, daun kemuning dapat digunakan untuk mengatasi penyakit eksim, keputihan, kolesterol tinggi, dll. Kemuning juga memiliki manfaat untuk kecantikan seperti penurun berat badan, dan penghalus kulit. 

Bunganya berbau wangi, sehingga tidak jarang tanaman ini dijadikan sebagai pagar rumah. Bunga kemuning berwarna putih, tidak jauh berbeda dari melati. Sedangkan buahnya berwarna merah, hingga oranye ketika matang.
Bunga kemuning juga sering dijadikan sebagai bonsai, sehingga dapat dipandang keindahannya. Habitat tanaman ini adalah hutan atau semak, di mana tinggi pohonnya dapat mencapai tujuh meter. Namun kecantikan bunga kemuning telah menyita perhatian bagi banyak orang, sehingga bunga ini sering terlihat di pot-pot yang indah.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kemuning memiliki rasa pedas, pahit, dan bersift hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun kemuning, di antaranya methyl anthranilat, P-caryophyllen, geraniol, carene-3, eugenol, citronellol, methyl salicylate, s-quaiazulena, osthol, peniculatin, ourmurrayin, bisabolene, dan cedinene. Bunga kemuning mengandung scopoletin. Buahnya mengandung semi-a-carotenon. Sementara itu, kulitnya mengandung mexotionin, 5-7-dimethoxy-8-(2,3-dihydroxyisopentyl) coumarin.

Efek farmakologis yang dimiliki oleh kemuning, di antaranya anastesia (mematikan rasa), sedatif (penenang), antiradang (anti-inflamasi), antirematik, anti-swelling (penghilang bengkak), antitiorida, dan pelancar peredaran darah. Akar, batang, dan daun untuk mengobati rematik, sakit pinggang (lumbago), sakit gigi, radang otak (epidemik encephalitis B), local anasthesia, radang buah zakar (orkhitis), radang salurn napas (bronkhitis), infeksi saluran kencing, batu kandung kencing, batu ginjal, haid tidak teratur (irregular menstruation), keputihan (leucorrhea), lemak tubuh berlebihan (obesitas), gigitan serangga, ular, bisul (furunculus), koreng, eksema, borok (ulcer pain), gatal-gatal (pruritus), keseleo, terantuk, memar terpukul (haematoma), kulit kasar, serta tukak lambung.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Kemuning dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  1. Mengobati Batu Ginjal dan Batu Kandung Kemih.

    Cuci bersih 30gr daun kemuning segar, lalu jus dalam 150 ml air. Saring hasil jusnya, lalu minum sekaligus satu kali sehari.

  2. Mengobati Bisul.

    Cuci bersih 30gr akar kemuning kering dan 30gr cocor bebek (Kalanchoe pinnata), lalu potong-potong. Rebus kedua bahan tersebut dalam 600ml air sampai tersisa 200ml. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 100ml.

  3. Mengatasi Haid Tidak Teratur.

    Cuci bersih 30gr akar kemuning kering, 30gr daun dewa (Gynura segetum L.), dan 15gr umbi rumput teki (Cyperus rotundas L.). Potong-potong semua bahan, lalu rebus dalam 600ml air sampai 200ml. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 100ml.

  4. Mengobati Eksim (eksema).

    Rebus daun dan batang kemuning dengan air secukupnya. Cuci bagian yang sakit dengan menggunakan air rebusan.

  5. Mengobati Infeksi Saluran Kencing.

    Cuci bersih 30gr akar kemuning kering, 15gr meniran (Phyllanthus urinaria L.), dan 20gr sambiloto (Androgaphis paniculata Nees.). Rebus ketiga bahan tersebut dalam 600ml air sampai tersisa 300ml. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 100ml.

  6. Mengobati Keseleo dan Terantuk.

    Cuci bersih 30gr akar kemuning kering dan 30gr daun dewa (Gynura segetum L.), lalu rebus dalam 600ml air sampai tersisa 200ml. Setelah dingin, saring rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 100ml.

  7. Mengatasi Kegemukan (obesitas).

    Cuci bersih 10gr daun kemuning, 15gr bangle (Zingiber purpureum Roxb.), 10gr temu hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.), dan 1 jari kulit pulai (Alstonia scholaris R. Br.), lalu potong-potong. Rebus semua bahan dalam 1 liter air sampai mendidih dan tambahkan perasan jeruk nipis (Citrus aurantifolia). saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 200ml.

  8. Mengobati Keseleo dan Memar Terpukul.

    Rebus daun kemuning secukupnya dengan sedikit air. Tempelkan daun rebusan yang masih hangat pada bagian badan yang sakit.

  9. Mengatasi Keputihan (leucorrhea).

    Cuci bersih 30gr daun kemuning kering dan 80gr daun lidah buaya (Aloe vera L.) yang sudah dikupas kulitnya, lalu tambahkan gula aren (Arenga pinnata Merr.) secukupnya. Rebus dalam 600ml air sampai tersisa 300ml. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 3 kali sehari masing-masing 100ml.

  10. Mengatasi Kulit terasa Kasar (Menghaluskan Kulit).

    Campur 50gr daun kemuning, 50gr temu giring (Curcuma heyneana), 25gr kulit jeruk purut (Citrus hystrix DC.), dan 150gr beras ketan (Oryza sativa var. Glutinosa) yang sudah direndam sehingga menjadi lunak. Tumbuk sampai halus seluruh bahan, lalu keringkan. Tambahkan 1 sendok teh garam, lalu tumbuk lagi sehingga menjadi bubuk kemudian ayak. Ambil 1-2 sendok makan bubuk tersebut lalu tambahkan sedikit air. Oleskan campuran bahan pada kulit yang kasar. Lakukan pengolesan satu kali setiap hari.

  11. Mengobati Luka, Bisul (furunculus), eksim (eksema), dan gatal-gatal (prutus).

    Rendam akar kemuning secukupnya dalam arak hingga seluruh bagian akar terendam selama 1 bulan. Oleskan hasil rendaman tersebut pada kulit yang sakit.

  12. Mengobati Radang Buah Zakar (orkhitis).

    Cuci bersih 30-40gr akar kemuning segar, 20gr sambiloto (Androgaphis paniculata Nees), dan telur bebek yang sudah direbus dan dibuang kulitnya. Rebus semua bahan dalam 600 ml air sampai tersisa 200 ml. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum air rebusan dan makan telur bebeknya.

  13. Mengobati Radang Otak (ensefalitis).

    Cuci bersih 30-60gr daun kemuning segar, lalu rebus dalam 600ml air sampai tersisa 300ml. Saring air hasil rebusan lalu minum sekaligus satu kali sehari saat masih hangat.

  14. Mengobati Rematik Menahun.

    Cuci bersih 15-30gr akar kemuning kering, 10gr jahe merah (Zingiber officinale Rosc.), dan 15gr temulawak (Curcuma xanthorrhiza). rebus semua bahan dalam 400 ml air sampai tersisa 200 ml. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 100 ml.

  15. Mengobati Rematik dan Memar Terpukul.

    Cuci bersih 13-30gr akar kemuning kering dan 15gr jahe merah (Zingiber officinale Rosc.) lalu rebus dalam 600ml air sampai tersisa 200 ml. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 100 ml.

  16. Mengobati Sakit Pinggang (lumbago).

    Cuci bersih 30gr akar kemuning kering dan 10gr jahe merah (Zingiber officinale Rosc.), lalu rebus dalam 400ml air sampai tersisa 200ml. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 100ml.

  17. Mengobati Tukak Lambung.

    Cuci bersih 15gr daun kemuning kering, 80gr daun lidah buaya (Aloe vera) yang sudah dikupas kulitnya, dan 5gr jahe kering (Zingiber officinale). Rebus semua bahan dalam 400ml air sampai tersisa 200ml. Setelah dingin, saring air rebusannya lalu minum. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 100ml.

Demikian Manfaat dan khasiat kemuning untuk kesehatan, banyak bukan?. Kandungan kimia yang terkandung di dalam tanaman ini yang membuat kemuning menjadi salah satu tanaman yang perlu diperhitungkan khasiatnya. Besarnya manfaat dan khasiat tanaman ini akan sangat membantu Anda untuk teteap menjaga kesehatan tubuh.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo