Daun Kemuning Bisa Untuk Perawatan Wajah

Image result for daun kemuning untuk wajah

Kemuning merupakan tanaman yang tidak asing lagi bagi sebagian besar orang Indonesia. Tanaman ini biasanya dijadikan tanaman hias yang tumbuh di pekarangan rumah. Tanaman ini biasanya berupa rumpun atau perdu dengan ukuran daun yang kecil. Tanaman ini memiliki bunga kecil yang berwarna putih sedikit kekuningan.

Daun kemuning mengandung banyak bahan yang bermanfaat. Kandungan dalam daun kemuning yaitu cadinene, methyl-anthranilate, bisabolene, P-earyophyllene, geraniol, carene-3, citronellol, geraniol, metil salisilat, s-guaiazulene, osthole, paniculatin, tannins, dan coumurrayin.

Kemuning sebenarnya bukan hanya dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang berguna untuk kesehatan saja, namun dapat juga berguna bagi kecantikan. Banyak orang melakukan berbagai cara untuk perawatan wajah. Tanaman kemuning, terutama daunnya, sering dimanfaatkan untuk merawat kecantikan wajah, misalnya untuk melembutkan kulit wajah.

Manfaat Daun Kemuning Untuk Wajah

  • Melembutkan Wajah.

    Kemuning memiliki manfaat untuk melembutkan wajah yang kasar dan kusam.Cara pembuatannya yaitu cuci daun kemuning sampai benar-benar bersih. Tumbuk daun kemuning yang telah dicuci tersebut sampai halus. Campurkan dengan sedikit air sampai merata. Cara pemakaiannya adalah gunakan campuran daun kemuning dan air tersebut sebagai lulur pada malam hari sebelum tidur.

  • Mengatasi Eksim atau Gatal-gatal.

    Kemuning juga efektif untuk mengatasi gatal-gatal yang timbul pada wajah, baik disebabkan oleh gigitan serangga, alergi, maupun eksim.Cara pembuatannya: cuci bersih daun kemuning. Rebus daun kemuning dengan air sampai mendidih. Dinginkan. Untuk menambah efektivitasnya, dapat ditambahkan daun sirih dalam rebusan tersebut. Cara pembuatannya yaitu anda cukup mencampur daun kemuning dengan daun sirih. Masukan kedua campuran daun tersebut ke dalam air. Masak sampai ramuan tersebut mendidih. Tunggu sampai dingin. Cara pemakaian: pasien yang gatal – gatal atau menderita eksim dapat meminum air rebusan daun kemuning tersebut secara teratur dua kali sehari masing – masing satu gelas.

  • Mengatasi Memar di Wajah Akibat Benturan atau Pukulan.

    Untuk mengatasi memar, anda dapat memanfaatkan baik daun maupun akar kemuning. Anda hanya perlu merebus akar atau daun kemuning.Cara pembuatan: menggunakan daunnya dengan cuci bersih daun kemuning. Rebus daun kemuning yang telah dicuci bersih dengan air sampai mendidih. Tunggu sampai dingin, kemudian saring. Cara pemakaian: gunakan air rebusan daun atau akar kemuning tersebut untuk mengompres bagian wajah yang memar. Dengan cara ini, niscaya bengkak dan memar di wajah akan berkurang.

Demikianlah manfaat daun kemuning untuk perawatan wajah. Semoga artikel di atas bisa menambah pengetahuan tentang tanaman disekitar kita yang ternyata dapat digunakan untuk herbal semua masalah penyakit.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo