Kenali Penyebab Kerontokan Rambut

Setiap orang akan mengalami kerontokan rambut setiap harinya saat keramas atau menyisir rambut. Beberapa rambut rontok tersebut nantinya akan digantikan dengan rambut baru. Kerontokan masih dianggap wajar apabila jumlahnya kurang dari 100 helai per hari . Namun dalam beberapa kasus, jumlah rambut yang rontok tidak sebanding dengan rambut yang tumbuh dan melebihi batas kerontokan rambut yang ditetapkan. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu kepercayaan diri karena rambut adalah asset yang sangat berharga bagi setiap orang yang dapat menunjang penampilan. Agar hal itu tidak terjadi ada sebaiknya kita mengetahui lebih awal penyebab rambut rontok dan cara mengatasi rambut rontok tersebut.

  1. Pengaruh hormon

Kerontokan rambut akibat hormone dikenal dengan alopesia androgenik. Ini biasa dialami oleh pria setelah berusia 50 tahun atau wanita setelah masa menopause. Hormon yang diduga berperan dalam proses perontokan rambut adalah dihydrotestosterone (DHT). Hormon ini dihasilkan oleh hormon progesteron. DHT akan menyebabkan folikel rambut menyusut sehingga lama kelamaan rambut akan rontok.

Pada pria, kerontokan rambut akibat hormone ini bersifat khas, yakni membentuk lengkungan pada kedua pelipis. Seiring berjalanya waktu, garis rambut akan membentuk huruf “M”.selain pelipis, puncak kepala juga akan mengalami kerontokan sehingga rambut jad rontok total. Sedangkan pada wanita, kerontokan tidak terpusat di daerah tertentudan jarang meimbulkan penipisan rambut di bagian-bagian tertentu.

  1. Infeksi

Kulit kepala yang tidak sehat bisa menimbulkan peradangan yang menyebabkan rambut sulit tumbuh dan dapat menimbulkan kebotakan. Infeksi kulit kepala yang sering dialami seseorang adalah tinea capitis. Terjadi akibat tumbuhnya jamur di jaringan kulit kepala yang sudah mati. Area yang terinveksi biasanya terlihat botak dan muncul bintik-bintik hitam kecil. Infeksi jamur atau kurap kulit kepala biasanya dialami anak –anak dan akan sembuh ketika dewasa.

  1. Pengaruh gizi dan vitamin

Salah satu penyebab kerontokan rambut adalah karena kurangnya asupan nutrisi. Kulit kepala yang menjadi tempat tumbuhnya rambut dan menempelnya akar rambut perlu dijaga dengan gizi dan vitamin yang cukup. Untuk mengatasinya,perlu diperhatikan keseimbangan makanan yang dikonsumsi dengan memperhatikan gizi serta vitamin yang penting bagi rambut.

  1. Pengunaan bahan kimia

Perawatan rambut yang berlebihan disertai penggunaan bahan kimia bisa memicu kerontokan rambut dan berakibat fatal. Apalagi bila digunakan dalam dosis berlebih dan jangka waktu yang lama. Misalnya bahan kimia yang digunakan pada proses pelurusan rambut tidak baik untuk pertumbuhan rambut jangka panjang. Perhatikan pula pewarna rambut yang anda gunakan. Jangan sampai niat anda untuk memperindah rambut justru membuat rambut anda semakin rusak.

  1. Jarang keramas

Rambut rontok juga bisa disebabkan karena jarang keramas. Rambut akan menjadi berminyak dan lembab. Ketika ada paparan sinar matahari, rambut akan bercampur keringat. Kemudian rambut yang terdapat pada kulit kepala dapat terserap oleh folikel rambut dan menyebabkan rambut menjadi lepek. Hal ini bisa menyebabkan kerontokan rambut parah. Selain itu, terlalu kencang menggosok rambut sat keramas dapat merusak folikel rambut, karena hal tersebut juga dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Selain itu memilih shampoo untuk rambut rontok juga harus diperhatikan.

  1. Penyakit

Ada beberapa penyakit yang dapat membuat rambut menjadi rontok parah. Diantanya penyakit lupus dan diabetes. Selain itu, pengaruh kemoterapi yang berdampak pada kulit, wajah, dan tubuh juga mempengaruhi kerontokan rambut. Kemoterapi tidak bersifat permanen. Rambut akan tumbuh normal setelah beberapa bulan menjalani kemoterapi.

  1. Kehamilan

Banyak wanita mengalami kerontokan rambut saat masa kehamilan atau setelah melahirkan. Penyebab kerontokan rambut ini terjadi secara alami. Rambut akan pulih kembali biasanya 3 bulan setelah melahirkan. Adapula wamita yang masih mengalami kerontokan rambut setelah masa tersebut akan tetapi jumlah rambut yang rontok sudah berkurang.

  1. Sinar matahari serta polusi

Sinar matahari atau radiasi matahari memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita. Namun berada di bawah terik matahari terlalu lama mengakibatkan berbagai penyakit. Salah satunya penyakit pada rambut akibat berkurangnya keratin rambut. Keratin merupakan protein yang berada di dalam rambut, kuku, dan gigi manusia. Fungsi keratin pada rambut adalah menjaga kesehatan rambut agar tetap berkilau.

 

 

 

 

Karyawan baru Istana