Kencur - Bumbu Dapur Yang Berkhasiat Besar

Image result for kencur

Manfaat kencur yang utama adalah sebagai tanaman herbal atau disebut juga tanaman apotik hidup. Kencur merupakan jenis tanaman temu-temuan (Kaempferia galanga L.). Tanaman kencur dapat mudah tumbuh di daerah dataran pegunungan yang tanahnya gembur. Tumbuh menggeletak pada permukaan tanah dan tumbuh dengan helaian daun yang jarang. Pada artikel ini akan kita bahas mengenai Manfaat Kencur sebagai bahan racikkan pada obat-obatan tradisional.

Kencur merupakan salah satu jenis tanaman obat tradisional yang tumbuh di daerah dataran rendah. Biasanya digunakan sebagai bumbu masakan dan untuk obat tradisional yang sudah dikenal sejak jaman dahulu. Selain itu, juga digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dan berbagai penyakit lainnya. Tanaman ini memiliki daging umbi yang lunak dan berwarna putih, tidak berserat dan memiliki warna kulit coklat.

Selain itu, rimpangnya memiliki aroma yang khas dan biasa ditanam di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Kencur termasuk dalam tanaman obat-obatan karena memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Kandungan yang ada didalamnya, antara lain zat besi, mineral, asam metal kanil, kamphane, borneol, ethyl aster, asam cinnamic, alkolid, paraeumarin, gom dan lain sebagainya. Karena kandungan nutrisi itulah, khasiat kencur sangat diperlukan untuk menyembuhkan penyakit.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Rimpang kencur mengandung minyak asiri yang terdiri atas borneol, methyl-p-cumaric acid, cinnamicacid ethyl ester, pentadecane, cinnamic aldehyde, dan camphene. Selain itu, rimpang kencur mengandung alkoloid, mineral, flavonoid, pati, dan gum. Efek farmakologis tanaman kencur adalah untuk menambah daya tahan tubuh serta menghilangkan masuk angin dan kelelahan.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian dari tanaman kencur yang dapat digunakan sebagai obat adalah rimpangnya. Berikut beberapa pemanfaatan rimpang kencur untuk pengobatan.

  • Obat Tetanus.

    Siapkan rimpang kencur sebanyak 3 jari. Tambahkan daun jinten setengah genggam dan daun ngokilo 18 lembar. Cuci bersih semua bahan, lalu potong-potong seperlunya. Rebuslah bahan dengan 3 gelas air bersih. Selanjutnya, tambahkan air rebusan dengan 3 jari gula enau. Biarkan air perebusan hingga airnya tersisa sekitar 3/4 nya. Dinginkan air rebusan, kemudian saring. Minum ramuan sebanyak 3/4 gelas. Sebaiknya ramuan ini diminum 3 kali sehari.

  • Mengobati Keracunan Tempe Bongkrek.

    Bahan yang disiapkan ialah rimpang kencur setengah jari, daun sambiloto 1/4 genggam, daun kumis kucing 1/3 genggam, gula enau 2 jari, serta daun belimbing wuluh 1/4 genggam. Semua bahan dicuci bersih, lalu dipotong-potong seperlunya. Setelah itu, semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air bersih hingga airnya tinggal 1/4 nya. Air rebusan didinginkan, lalu disaring. Ramuan diminum 1-2 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

  • Mengatasi Muntah-Muntah.

    Siapkan 1,5 jari kencur, lalu cuci bersih. Kunyah kencur bersama sedikit garam. Sesudah halus, telan kencur dan minum air hangat. Lakukan pengobatan 2 kali sehari.

  • Mengatasi Keracunan Jamur.

    Ambil 1 jari rimpang kencur, 1/3 genggam daun sambiloto, dan 1/4 genggam daun jintan untuk mengobatinya. Tumbuk semua bahan sampai halus, lalu tambahkan air masak sebanyak 3/4 gelas. Peras air ramuan, lalu saring. Lantas minumkan ramuan ke penderita yang sudah muntah-muntah. Ramuan cukup diminum sekali sehari.

Itulah beberapa khasiat kencur yang baik bagi tubuh manusia. Tidak harus mengonsumsi obat-obatan untuk jadi sehat, tetapi sehat dengan mengonsumsi herbal alami yang sudah pasti menyehatkan. Karena alam sudah menyediakan berbagai tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Manfaat Kencur untuk Suara

    Memiliki kualias suara yang bagus dan menarik tentu menjadi dambaan semua orang. Namun sayangnya tidak semua orang me...

  • Kencur

    Kencur Kaempferia Galanga atau yang lebih kita kenal dengan sebutan kencur adalah tanaman obat-obatan yang sering dij...

online istana solo