Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit dan Wajah
 
Nutrisi yang banyak terkandung pada madu kini banyak dijadikan orang sebagai sebuah treatment atau perawatan untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Tahukah anda bahwa ternyata sejak dari jaman dahulu madu merupakan ahan yang sudah digunakan sebagai bahan dasar dalam usaha merawat kulit dan wajah. Madu memiliki tekstur yang sangat lembut dan memiliki banyak kandungan nutrisi baik yang baik untuk kesehatan wajah serta kulit manusia. Beberapa kandungan nutrisi baik tersebbut antara lain seperti mineral, vitamin, antioksidan, potassium, anti jamur dan anti mikroba. Karena inilah, madu sangat cocok untuk diolah menjadi pelembab, masker wajah dan juga penyegar.
Berikut ini adalah berbagai macam manfaat madu untuk kecantikan kulit dan wajah.
  1. Sebagai Masker Pelembab
Ternyata madu merupakan bahan humectants alami. Apakah itu humectant? Humectants merupakan sebuah kandungan atau bahan yang dapat menyerap udara dan air yang kemudian mempertahankannya di dalam lapisan kulit. Untuk membuat madu menjadi masker pelembab, anda hanya tinggal mengoleskan satu sendok teh madu mentah di kulit yang kering, kemudian diamkan selama 15 hingga 20 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat.,
  1. Sebagai Exfoliator
Madu kaya akan nutrisi, antioksidan dan enzim lain yang dapat menyehatkan kulit, melembabkan serta membersihkan. Untuk manfaat exfoliator atau mengangkat sel sel kulit mati, anda dapat mencampurkan madu dengan baking soda untuk mengangkat sel sel kulit mati pada wajah anda. caranya adalah dengan mencampurkan 2 sdm madu dengan 1 sdm baking soda kemudian gosokkan pada kulit wajah dengan gerakan melingkar kemudian bilas hingga bersih.
  1. Sebagai Penghilang Bekas Luka.
Madu memiliki banyak senyawa anti inflamasi dan anti bakteri yang bermanfaat untuk meningkatkan penyembuhan, meregenerasi jaringan dan menghilangkan bekas luka pada kulit. Madu juga memiliki sifat hydrating atau menghidupkan kemali sel sel kulit dan akan lebih baik lagi jika dicampur dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Anda dapat mencobanya dengan mencampurkan 1 sdt madu murni dengan 1 sdt minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian, oleskan pada bekas luka dan pijat selama 1 – 2 menit dengan gerakan melingkar. Setelah itu, tutup dengan lap hangat dan biarkan hingga menjadi dingin.
  1. Mengatasi Jerawat
Jerawat adalah sebuah masalah kulit yang paling banyak dialami oleh seseorang. Sifat sifat baik pada madu seperti sifat anti inflamasi, anti jamur dan anti bakteri dapat membantu mencegah bakteri yang dapat mengakibatkan jerawat, serta meredakan iritasi dan kemerahan pada kulit.caranya adalah dengan cara mengoleskan satu tetes madu murni pada jerawat yang ada pada kulit, kemudian biarkan hingga 10 – 15 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat.
  1. Menghaluskan Kulit
Sama seperti penjelasan pada point ke 3, madu pun sangat baik sebagai bahan untuk menghaluskan kulit. Namun, selain menggunakan madu, minyak zaitun / minyak kelapa, anda harus menambahkan cuka sari apel. Caranya adalah dengan mencampurkan ketiga bahan tersebut dengan takaran masing masing 1 sendok teh, kemudian gosokkan pada kulit dan diamkan sekitar 10 hingga 15 menit dan bilas hingga bersih. Gunakanlah secara teratur untuk mendapatkan manfaat madu yang dapat menghaluskan kulit secara lebih efektif.
Berbagai manfaat madu untuk menghaluskan kulit dan wajah tersebut diatas tentunya merupakan alternative perawatan alami yang dapat anda gunakan mulai dari sekarang.

Artikel Terkait

ana solo