Mencegah Penyakit Jantung dengan Minyak Zaitun

Gambar terkait

Dalam artikel sebelumnya, kami telah memberikan informasi mengenai manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satu manfaat penting tersebut adalah bahwa minyak zaitun ternyata mampu untuk mencegah seseorang terjangkit penyakit jantung. Mungkin banyak orang yang telah sadar akan manfaat minyak zaitun yang satu ini, namun sayangnya kebanyakan dari mereka masih belum paham betul mengenai jumlah yang benar dan baik dalam mengkonsumsi minyak zaitun ini.

Jika anda memiliki pemikiran bahwa semakin banyak minum minyak zaitun maka akan membuat manfaatnya menjadi lebih baik ternyata anda harus membenahi pemikiran anda tersebut. Faktanya, untuk memperooleh segala manfaat baik dari minyak zaitun, anda tak perlu terlalu banyak mengkonsumsinya setiap hari. Sebuah penemuan yang paling baru menemukan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun sebanyak dua sendok saja setiap hari, maka sudah dapat menghambat sekitar setengah dari resiko kematian akibat dari serangan atau penyakit jantung. Lebih jauh lagi, sekitar 28% resiko penyakit jantung dapat dipotong jika anda mengkonsumsi satu sendok minyak zaitun setiap harinya.

Mengapa minyak zaitun baik untuk menjaga kesehatan Jantung? Hal ini karena minyak zaitun mengandung lemak baik atau lemak tak jenuh dan polifenol yang sangat sehat bagi kesehatan, terutama untuk jantung manusia. Polifenol merupakan senyawa yang ternyata sangat baik untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh manusia serta dapat menghambat terjadinya pembekuan darah. Namun tentu saja pengobatan ini pun harus pula didukung oleh pola makan dan hidup yang baik serta sehat agar anda tak terkena penyakit jantung. Pola hidup tersebut antara lain adalah:

  • Jika anda merokok, maka ini saatnya untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Ini merupakan cara yang efektif untuk menghindarkan anda dari terkena penyakit jantung dan stroke
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat dan hindari atau batasi makan makanan yang banyak mengandung garam serta lemak. Hal ini penting untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi / hipertensi dan mengurangi kadar kolesterol yang jahat.
  • Jika anda ingin menjalankan diet yang sehat, lebih baik jika anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi mengenai diet yang tepat untuk anda lakukan.
  • Usahakan untuk melakukan olahraga ringan secara rutin setiap hari seperti misalnya jalan santai, lari pagi, senam dan berbagai olahraga ringan lainnya. Lakukanlah minimal 30 menit setiap hari. Dengan begitu, maka nilai nadi jantung anda pun dapat meningkat.
  • Jika anda adalah penderita diabetes, hindari untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula terlalu tinggi atau makanan yang manis.
  • Jika anda adalah penderita obesitas atau memiliki berat badan yang berlebih, maka sebaiknya anda menjalankan program penurunan berat badan yang sehat.
  • Usahakan pula untuk memeriksakan tekanan darah anda secara rutin, terutama jika anda adalah penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu, jangan lupa untuk menghindari konsumsi makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah tinggi seperti misalnya daging kambing, dll.
  • Jika anda memilih untuk mengkonsumsi obat seperti aspirin untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung, maka akan lebih baik jika anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari hal hal yang tak diinginkan.

Dengan pola hidup sehat dan konsumsi minyak zaitun, maka anda pun akan semakin mudah mencegah penyakit jantung.

Artikel Terkait

online istana solo