7 Cara Menjaga Kesehatan Kaki Agar Terhindar Dari Penyakit

Cara Menjaga Kesehatan Kaki Agar Terhindar dari Penyakit

Kaki merupakan bagian tubh yang memiliki peran penting bagi kegiatan sehari –hari. Setiap hari kaki harus menopang seluruh berat badan. Kaki berguna untuk menjaga keseimbagan tubuh saat berjalan, berlari, atau aktivitas lainnya. Oleh karena itu, kaki perlu dijaga kesehatannya.

 Kaki sering kurang diperhatikan dibandingkan bagian tubuh lainnya seperti tangan dan wajah karena letaknya yang berada di bawah. Menjaga kaki agar tetap sehat dan indah juga penting untuk menunjang penampilan seseorang. Banyak orang yang tidak dapat melakukan aktivitas sehari –hari karena masalah kaki. Masalah kaki bisa disebabkan karena beberapa penyakit misalnya gajah duduk, kolesterol, dan diabetes yang menyerang kaki secara fisik. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan kaki. Berikut adalah tips untuk merawat kesehatan kaki:

  1. Memeriksa kaki setiap hari

Periksa dan raba kaki anda setiap hari untuk mengetahui adannya perubahan pada kaki anda seperti perubahan bentuk, suhu, ketebalan, warna kaki, dan kai pecah –pecah.  Anda dapat segera berkonsultasi ke dokter bila menemukan keanehan pada kaki anda.

  1. Mencuci kaki

Cucilah kaki setiap hari agar kaki tetap bersih dan terhindar dari kuman – kuman berbahaya. Mencuci kaki hingga ke sela – sela jari sangat dianjurkan untuk memastikan kaki benar benar dicuci dengan bersih dan tidak ada kotoran yang tertinggal. Lalu keringkan kaki karena kaki yang basah dapat mengurangi elastisitas kulit kaki dan menimbulkan kaki pecah – pecah.

  1. Memotong kuku

Memotong kuku jari kaki secara teratur menghindarkan kaki dari kuman. Kuku yang panjang akan membuat kuman lebih mudah menempel pada kaki. Namun anda perlu berhati hati dalam memotong kuku kaki agar tidak melukai kulit kaki. Hindari pula penggunaan cat kuku karena membuat kaki menjadi rapuh. Bila ingin memakai cat kuku sebaiknya gunakanlah tidak lebih dari seminggu dan segera bersihkan hingga tuntas uspaya tidak menimbulkan masalah lain pada kaki.

  1. Menentukan sepatu yang dipakai

Pilihlah sepatu dengan ukuran yang sesuai agar kaki merasa nyaman. Jangan memaksakan memakai sepatu yang sebenarnya tidak nyaman dipakai hanya karena tuntutan penampilan. Anda tetap dapat tampil menarik dan modis tanpa harus menyiksa kaki.

  1. Pakailah alas kaki

Hindari berjalan atau berlari dengan kai telanjang tanpa alas kaki apapun karena akan berisiko terkena benda tajam yang dapat melukai kaki anda.

  1. Meregangkan kaki

Hindari menekuk kaki setelah berlari, berjalan, atau berdiri dalam waktu yang lama untuk menghindari kram pada kaki. Luruskan kaki dan biarkan kaki merasa rileks dan nyaman. Bila perlu angkatlah kaki ke dinding untuk membantu memperlancar peredaran darah. cara ini juga dapat menghindarkan anda dari masalah kaki seperti varises dan otot menonjol pada kaki.

  1. Memperhatikan rasa sakit di kaki

Rasa nyeri yang muncul pada kaki bisa diakibatkan oleh adanya peradangan atau sebab lainnya yang tersembunyi. Konsultasikan masalah anda ke dokter bila rasa sakit tersebut berlangsung lama dan semakin menjadi.

Uraian di atas dapat anda aplikasikan sehari hari untuk mencegah penyakit yang dapat menyerang kaki anda sehingga kaki tetap sehat dan bersih serta terlihat indah.

 

 

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

 

Karyawan baru Istana