Penyebab Seseorang Bisa Terkena Penyakit Kaki Gajah

Hasil gambar untuk Penyakit Kaki Gajah

Kaki Gajah merupakan sebuah penyakit berbahaya yang dapat menular. Penyakit kaki gajah ini disebabkan oleh cacing filaria dan ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk. Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan, dan alat kelamin, baik pada perempuan maupun laki-laki.

Sesuai dengan namanya “kaki gajah” adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya pembesaran pada kaki penderitanya hingga menyerupai kaki gajah. Penyakit kaki gajah ini bukanlah penyakit yang mematikan, namun kondisi yang diakibatkannya dapat mengganggu aktifitas sehari-hari dan mungkin menjadi sesuatu yang dirasa memalukan bagi penderitanya.

Seseorang yang terjangkiti penyakit ini memiliki kaki dengan ukuran yang besar diluar kewajaran. Hal ini terjadi akibat pembesaran kelenjar dan pembuluh getah bening sebagai akibat dari infeksi dan perkembangbiakan organisme penyebab di daerah bersangkutan. Umumnya, penyakit ini terdapat di daerah tropika yang ada diseluruh dunia.

Penyebab Penyakit Kaki Gajah

Penyakit kaki gajah dalam bahasa medis disebut sebagai filariasis, adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing filarial. Cacing filaria menginfeksi penderitanya melalui gigitan nyamuk, setelah cacing dicuntikkan oleh nyamuk akan masuk ke dalam pembuluh getah bening dan kemudian berkembang biak di dalamnya.

Menurut WHO, ada 3 jenis cacing filarial yang menyebabkan kaki gajah, yaitu:

  • Wuchereria bancrofti, yang bertanggung jawab atas 90% kasus.
  • Brugia malayi, yang menyebabkan kasus sebagian dari sisanya.
  • Brugia timori, yang menyebabkan kasus sebagian kecil.

Cacing dewasa menetap dalam sistem limfatik dan mengganggu sistem kekebalan tubuh. Cacing bisa hidup selama rata-rata 6-8 tahun, dan selama hidupnya, mereka menghasilkan jutaan mikrofilaria (larva dewasa) yang beredar dalam darah.

Nyamuk terinfeksi mikrofilaria ketika ia menelan darah manusia yang telah terinfeksi. Mikrofilaria dewasa berubah menjadi larva infektif dalam nyamuk. Ketika nyamuk yang terinfeksi menggigit orang, larva masuk ke dalam tubuh manusia dan bermigrasi ke pembuluh limfatik dan kemudian menjadi cacing dewasa.

Filariasis dapat ditularkan oleh berbagai nyamuk, misalnya nyamuk Culex (yang banyak beredar di seluruh daerah perkotaan dan semi perkotaan), nyamuk Anopheles (yang beredar di daerah pedesaan), dan nyamuk Aedes (yang banyak terdapat di pulau-pulau endemik di Pasifik).

Gejala awal penyakit kaki gajah ini, biasanya dimulai dengan demam kurang lebih 3 hingga 5 hari. Jika digunakan untuk beristirahat, maka demam akan mereda, namun jika dipakai bekerja berat, demam pun akan muncul kembali. Selain demam yang tiba-tiba, gejala tersebut juga bisa berupa pembengkakan pada daerah kaki serta tangan. Bahkan pada wanita, akan mendapati bagian payudara yang juga ikut membengkak. Ketika kelenjar getah bening memecah, maka nanah dan darah pun akan keluar.

Demikianlah penyebab seseorang bisa terkena penyakit kaki gajah. Nyamuk senang sekali berada di tempat yang kotor dan banyak timbunan barang atau air yang tergenang. Jaga kebersihan lingkungan rumah Anda untuk terhindar dari banyaknya nyamuk yang mungkin saja bisa menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya seperti kaki gajah, malaria, demam berdarah, dan lain-lain.

 

Jelly QnC

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo