Bahan Alami Untuk Masalah Alergi Kulit Anda

Kulit gatal adalah suatu kondisi yang umum terjadi dan banyak dialami oleh semua orang baik itu bayi, anak-anak, orang dewasa, orang tua, pria maupun wanita. Alergi gatal pada kulit merupakan reaksi tubuh yang terjadi sebagai akibat dari berbagai faktor salah satunya adalah iritasi kulit.

Jika Anda sedang mengalami gatal-gatal pada bagian tubuh Anda bahkan terdapat ruam pada kulit dan tak kunjung sembuh, sebaiknya Anda berhati-hati. Karena kulit yang terasa gatal terus menerus dapat berisiko menjadi gejala awal adanya kondisi penyakit kulit yang lebih serius dari mulai eksim, cacar air, campak, biduran, impetigo, kurap kronis, herpes zoster dan penyakit kulit kronis lainnya.

Obat kulit gatal yang umumnya banyak digunakan oleh masyarakat adalah obat dalam bentuk bubuk atau krim. Akan tetapi apabila Anda memiliki kulit yang sensitif, biasanya ada kemungkinan kulit Anda akan mengalami iritasi atau gangguan kulit lainnya apabila bahan obat tersebut tidak cocok dengan jenis kulit Anda.

Maka dari itu tak jarang ada orang yang niatnya ingin mengobati gatal di kulit, tetapi justru gatalnya menjadi semakin parah karena obatnya tidak cocok. Solusi untuk hal ini adalah dengan memilih obat yang terbuat dari bahan-bahan alami. Pasalnya bahan-bahan yang berasal dari alam biasanya tidak berbahaya meskipun digunakan dalam jangka waktu cukup lama.

Bahan Alami Untuk Mengatasi Alergi Kulit

Gatal-gatal pada kulit juga bisa terjadi karena alergi. Lalu kalau sudah terkena gatal-gatal, obat kulit gatal tradisional apa yang harus digunakan?

  • Lemon dan Minyak Kelapa.

    Cara paling mudah untuk mengatasi gatal pada kulit adalah dengan jeruk lemon dan minyak kelapa (virgin coconut oil VCO). Caranya cukup sederhana, peras jeruk lemon, kemudian campurkan perasannya dengan minyak kelapa. Nah, cara mengobatinya adalah dengan mengoleskan campuran tersebut ke bagian kulit yang terasa gatal. Biarkan selama satu malam dan tunggu sampai gatal-gatal tersebut berkurang atau menghilang.

  • Kunyit.

    Obat kulit gatal tradisional berikutnya juga bisa Anda dapatkan dari dapur, yaitu kunyit. Bahan dapur yang satu ini sudah sejak lama dipercaya bisa mengatasi berbagai macam masalah pada kulit. Akan tetapi untuk pengobatan gatal-gatal, yang Anda butuhkan adalah kunyit yang sudah tua. Tumbuk kunyit tersebut dengan beberapa lembar daun sambiloto sampai halus. Jangan lupa mencuci kunyit dan daun sambilotonya terlebih dahulu sampai bersih untuk menghindari kemungkinan terjadinya iritas kulit lain. Kemudian baru Anda oleskan hasil tumbukannya pada bagian tubuh Anda yang gatal.

  • Lidah Buaya.

    Terkadang gatal yang muncul akibat alergi juga bisa sampai menimbulkan bentol-bentol yang berisi cairan, untuk gatal jenis ini Anda bisa mencoba menggunakan lidah buaya. Tanaman lidah buaya sudah lama terbukti mampu mengatasi banyak jenis penyakit kulit, baik untuk kulit gatal berair maupun kering. Potong daun lidah buaya, lalu oleskan cairan atau gelnya ke bagian kulit yang bermasalah. Anda dapat menyimpan sisa potongannya di freezer dan menggunakannya dikemudian hari, dapat disimpan selama satu minggu.

  • Tanah Liat.

    Tanah liat mampu mengatasi iritasi pada kulit dan juga rasa gatal, terutama rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan atau sengatan serangga. Tanah liat bekerja dengan cara menarik racun-racun yang ada pada kulit sehingga rasa sakit atau rasa gatal akan berkurang. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan tanah liat dengan air sehingga menjadi seperti selai kacang atau setengah lumpur lalu oleskan pada bagian yang gatal. Bisa juga menggunakan tanah liat dioleskan di kain kasa terlebih dahulu baru kemudian ditutupkan pada bagian yang gatal.

  • Petai Cina.

    Pathikan cina atau petai cina ternyata menjadi salah satu jenis tumbuhan yang bisa digunakan sebagai obat kulit gatal dan kering akibat alergi. Tanaman ini terbukti cukup efektif untuk menghentikan rasa gatal yang terjadi akibat alergi. Cara membuat ramuannya adalah dengan bahan 60 gr petai cina dan 10 lembar daun sirih. Rebus kedua bahan tersebut pada 600 cc air sampai airnya mendidih. Setelah itu tunggu sampai airnya hangat atau dingin. Kemudian gunakanlah air rebusan petai cina dan daun sirih tersebut sebagai obat kulit gatal dengan cara dioleskan pada bagian kulit Anda yang gatal.

Tips Mencegah Penyakit Gatal Pada Kulit

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan selalu menjaga kebersihan. Baik kebersihan tubuh ataupun kebersihan lingkungan dan barang-barang yang kita kenakan di tubuh kita. Maka dari itu janganlah malas mandi atau membersihkan diri. Bersihkan segala macam barang yang ada di sekitar Anda secara rutin.

Selain itu Anda juga harus menjaga kebersihan pakaian atau benda apapun yang menempel pada tubuh Anda, mulai dari baju, celana, kaus kaki, hingga sepatu. Setelah Anda mencuci barang-barang tersebut, jemurlah di tempat yang panas dan terkena sinar matahari. Tujuannya adalah supaya bakteri-bakteri yang menempel bisa mati.

Misalnya Anda alergi terhadap udang, alergi suhu dingin, dan sebagainya, maka sebaiknya dihindari supaya tidak memicu gatal pada kulit Anda. Sedangkan jika alergi pada obat tertentu, mungkin sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter  apakah ada obat penggantinya.

Demikian penjelasan singkat mengenai Bahan Alami Untuk Masalah Alergi Kulit Anda. Jadi mulai sekarang Anda bisa membuat sendiri obat kulit gatal sendiri apabila suatu saat Anda mengalami gatal pada kulit yang berlebihan. Sekian dan terimakasih.

 

HIU Kombinasi Alergi Kulit

HIU Kombinasi Alergi Kulit adalah kombinasi terbaik dari Herbal Indo Utama untuk mengatasi alergi di kulit yang terdiri dari HIU Androbi dan HIU Histaminc.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo