Makanan untuk kesehatan kulit yang mudah didapat

Hasil gambar untuk Makanan untuk kesehatan kulit yang mudah didapat

Tubuh membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan. Kita sering memberikan perhatian lebih pada organ vital seperti jantung, ginjal, dan paru –paru tetapi lupa memperhatikan kesehatan bagian tubuh lain. Misalnya kesehatan kulit. Padahal kulit juga butuh perawatan agar tetap sehat.

Salah satu cara efektif merawat kulit adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang baik dan membantu memelihara kesehatan kulit. Berikut beberapa makanan yang dapat membantu kesehatankulit anda;

  1. Ikan laut dan kerang

Makanan laut memang meberikan banyak manfaat jika dikonsumsi secara teratur. Makanan yang paling direkomendasikan untuk memelihara kesehatan kulit yang berasal dari laut adalah ikan dan kerang. Ikan laut dan kerang kaya akan omega 3 serta zink. Kandungan tersebut mampu menghambat proses penuaan kulit, mencegah jerawat, serta menghilangkan sel kulit mati. Konsumsilah ikan dan kerang laut untuk menjaga kesehatan kulit.

  1. Kacang –kacangan

Di dalam kacang – kacangan banyak terdapat antioksidan dan vitamin E yang baik untuk melawan radikal bebas, melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet oleh matahari, serta menjaga kelembaban kulit. Berbeda dengan ikan laut dan kerang, kacang – kacangan banyak dijual di pasaran dengan harga murah.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun sering digunakan oleh salon untuk perawatan kecantikan seperti kulit, rambut, dan kuku. Zaitun mengandung vitaminA dan E yang membuat kulit menjadi awet muda dan lebih halus. Pakailah zaitun yang belum melalui proses pemanasan kimiawi atau yang sering dikenal dengan virgin olive oil. Anda dapat mengonsumsinya langsung atau dioleskan ke bagian kulit yang kasar.

  1. Sayuran

Sayuran merupakan salah satu makanan yang bermanfaat bagi tubuh kita. untuk menjaga kesehatan kulit, pilihlah sayuran yang berwarna hijau atau merah. Kandungan antioksidan dalam sayuran tersebut sangat tinggi sehingga baik untuk menghambat tanda penuaan dengan menjaga sel kulit agar tetap sehat. Betakaroten yang terdapat pada wortel dan kentang akan diubah menjadi vitamin A yang berfungsi mengganti sel kulit mati dengan sel kulit baru.

  1. Gandum

Biji bijian seperti gandum dan jagun snagat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit. Gandum seringkali digunakan untuk diet karena kaya akan serat. Gandum juga mengandung antioksidan yang menghambat terjadinya penuaan pada kulit serta kandungan vitamin B dan bioin dalam gandum berfungsi untuk melembabkan kulit. Kulit yang kekurangan bioin akan kering dan pecah – pecah.

  1. Teh

Teh biasa dikonsumsi oleh orang Indonesia di pagi hari sebelum beraktifitas. Teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama jenis teh yang rendah kafein atau tidak mengandung kafein sama sekali. Kafein tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak dalam jangka panjang karena mengandung zat candu. Untuk menjaga kesehatan kulit, anda disarankan untuk mengonsumsi teh hijau. Teh hijau terkenal sebagai penghasil antioksidan tertinggi yang sangat baik bagi kulit. Manfaat yang kita dapatkan bila mengonsumsinya secara rutin ialah mengembalikan kesehatan kulit akibat peradangan atau paparan sinar matahari langsung dan menghambat penuaan dalam tubuh kita.

Itulah beberapa makanan untuk menjaga kesehatan kulit yang mudah dan sering kita jumpai dalam keseharian. Jangan lupa untuk melakukan olahraga ringan secara teratur minimal seminggu sekali untuk menjaga kesehatan.

Karyawan baru Istana