MEMILIH OBAT TETES MATA

Saat mata mengalami masalah, baik mata merah, perih, gatal, atau sakit mata, yang pertama kali anda lakukan adalah mengguanakan obat tetes mata. Karena ini merupakan salah satu pilihan tepat dan paling mudah didapat. Namun, ketika anda pergi ke apotek atau toko obat, anda dihadapkan kepada banyaknya pilihan obat tetes mata mulai dari yang mahal hingga yang murah baik dengan banyak merek pula. Lalu, obat manakah yang anda pilih?

Secara garis besar obat tetes mata dibedakan menjadi obat untuk mata merah, mata kering, dan sakit mata (pink eye). Pilihlah yang sesuai dengan keadaan mata anda. Artikel ini mungkin dapat membantu untuk menentukan jenis obat tetes mata seperti apa yang anda butuhkan.

Yang harus dipertimbangkan sebelum memilih obat tetes mata adalah gangguan mata apa yang sedang anda alami saat ini. Apakah karena debu atau asap, alergi, terlalu lama menatap layar computer, atau karena hal lain?

Untuk mata kering

Mata kering disebabkan oleh berbagai macam factor. Mulai dari lingkungan, operasi mata, kelelahan, dan penggunaan computer yang lama. Angin, matahari, udara kering, atau dehidrasi, juga dapat menyebabkan mata kering. Kekeringan jangka panjang dapat disebabkan oleh perubahan hormon seperti menopause, efek samping obat, seperti obat diuretik dan antideperesan. Mata kering ditandai dengan mata terasa panas, mata merah, seperti ada pasir dalam mata, lelah, penglihatan kabur. Obat tetes mata yang paling cocok untuk mata kering adalah jenis pelumas atau air mata buatan (artificial tears). Obat tetes mata ini bekerja dengan menambahkan elemen air mata untuk membasahi air mata yang kering. Hindari penggunaan dekongesten pada obat tetes matayang biasa diiklankan untuk mengobati mata merah karena cara kerja obat ini adalah dengan mengecilkan pembuluh darah sehingga membuat mata semakin kering.

Untuk mata merah

Mata merah disebabkan oleh alergi, infeksi, atau kelelahan. Obat tetes mata jenis dekongesten  yang sering diiklankan mungkin dapat mengatasi hal ini. Obat tetes mata ini berfungsi mengecilkan pembuluh darah dan membuat mata jadi terlihat lebih putih. Anda mungkin perlu berkonsultasi ke dokter untuk mengatasi maslaah ini. Hati – hati dengan penggunaaan jangka panjang karena obat jenis ini dapat menimbulkan kecanduan dan memaksa mata untuk menggunakan lebih banyak dari sebelumnya.

Untuk mata gatal

Menggosok mata tidak dianjurkan untuk mengatasi mata gatal yang biasa disebabkan oleh alergi musiman.  Mengucek mata akan membuat mata mengeluarkan histamine dan membuat mata terasa lebih gatal dari saebelumnya. Pilihlah obat tetes mata yang mengandung antihistamin untuk mengatasi hal ini.

Sakit mata karena infeksi

Jika mata merah disertai dengan produksi kotoran mata yang banyak atau berair, kemungkinan penyebabnya adalah infeksi atau biasa disebut konjungtivitas. Air mata buatan dapat memberi bantuan sementara. Pastikan ujung pipet tidak mengenai atau menyentuh mata supaya tidak menyebarkan infeksi. Jika infeksi tidak jelas penyebabnya atau menjadi lebih buruk dalam satu atau dua hari, maka mungkin penyebabnya adalah infeksi bakteri yang membutuhkan obat tetes mata antibiotic. Bila keadaannya sudah seperti ini, maka pasien harus mengguanakn obat sesuai resep dokter.

Segera hubungi dokter bila mengalami masalah seperti di bawah ini.:

  • Mata merah disertai rasa nyeri yang hebat
  • Sakit kepala
  • Penglihatan kabur
  • Mata merah berair dan muncul kotoran mata yang terlalu banyak
  • Kelopak mata membengkak

Jangan sembarangan menggunakan obat tetes mata agar kondisinya tidak semakin buruk.Cobalah untuk bijak dalam memilih obat tetes mata.

Karyawan baru Istana