Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya

Hasil gambar untuk mata bengkak

Mengalami masalah terhadap mata memang sangat mengganggu. Salah satunya mata bengkak. mata bengkak dapat merusak penampilan kita. Baik terasa sakit atau tidak. Mata bengkak atau periobital sering tejadi di kelopak, mata. Penyebabnya bermacam –macam. Mata bengkak disebabkan oleh bengkaknya kelopak mata, hal ini dapat terjadi ketika ada peradangan atau kelbihan cairan (edema) pada jaringan ikal di sekitar mata. Mata bengkak bisa menyakitkan dan tidak menyakitkan, dan mempengaruhi baik kelopak mata atas atau bawah.

Pembengkakan pada kelopak mat adapt disebabkan oleh kondisi ringan seperti setelah menangis atau alergi, tetapi juga bisa menjadi tanda suatu masalh kesehatan yang berpotensi mengamcam penglihatan yang lebih serius, seperti orbital, penyakit Graves dan herpes okular.

Penyebab mata bengkak

Kurang tidur

Mata bengkak juga biasa dialami oleh mereka yang kurang tidur karena terlalu banyak bergadang. Selain mata bengkak dan kulit pucat, seseorang yang kurang tidur, apalagi jika sudah menjadi kebiasaan dan berlangsung lama. Kulit akan trlihatkurang segar, berkerut, terdapat lingkaran hitam di mata biasa disebut dengan mata panda. Kortisol juga akan dilepaskan tubuh sat seseorang kekurangan istirahat. Hormone stress ini kemungkinan bisa meecah kolagen sehingga kulit menjadi berkerut dan tidak kenyal secara perlahan. Kurang tidur juga dapat menurunkan produksi hormone pertumbuhan dan mengurangi ketebalan kulit, berkurangnya masa otot dan kerapuhan tulang.

Alergi

Mata bengkak bisa jga merupakan bentk reaksi alami tubuh terhadap alergi. Pembengkakan kelopak mata akibat alergi biasanya disertai denga rasa gatal dan berair. Sat terpapar allergen, sistem kekbalan tubuh bereaksi terhadap allergen dengan cara mengeluarkan histamine. Zat inilah yang memicu terjadinya mata bengkak. allergen dapat berupa  serbuk sari, debu, bulu hewan peliharan, tetes mata tertentu, dan cairan lensa kontak. Jamur- jamur kecil yang biasa tumbuh di kayu atau dinding yang lembab di dalm rumah juga bisa menyebabkan alergi. Alergi ini hanya akan terjadi pada orang yang sensitif terhadap hal tertentu.

Blefaritis

Merupakan peradangan pada kelopak mata  yang ditandai dengan kelopak mata bengkak dan terasa sakit terkadang terlihat juga serpihan ketombe di dekat bulu kelopak mata. Terkadang juga terlihat serpihan ketombe di dekat bulu kelopak mata. Penyebab blefaritis bisa berupa bakteri atau gangguan kelenjar minyak. Mata akan terasa gatal, terlalu peka melihat sinar, mata merah, perih, dan seperti kelilipan. Selain itu, blefaritis juga mungkin membuat penglihatan kabur, mata kering, dan kulit di dasar bulu mata mengelupas. Blefaritis jarang bisa sepenuhnya pulih. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selau menjaga kebersihan mata. Obat antibiotic atau tetes mata steroid biasanya akan disarankan oleh dokter untuk mengobati peradangan yang sudah parah.

Penyakit graves

Disebabkan oleh tiroid yang terlalu aktif. Mata akn menonjol atau melotot, sehinga kelopak mata seolah – olah terlihat membengkak.

Gangguan ginjal

Penyakit ginjal seperti sindorma nefrotik atau ginjal bocor dapat menyebabkan mata bengkak, terjadi pada kedua mata tertama muncul saat bangun tidur pagi hari. tidak terasa sakit, tak jarang disertai dengan pembengkakan hampir di seluruh tubuh.

Sengatan serangga

Walaupun jarang,sengatan serangga bisa menimbulkan pembengkakan dalam waktu yang cepat di daerah bibir, lidah, dan tenggoroka. Dapt pula terjadi kesulitan bernafas, pusing, nyeri perut, mengi, bahkan sampai pingsan. seranga yang biasanya menyebabkan mata bengkak ialah lebah dan tawon.

 

 

Karyawan baru Istana