Lakukan Cara Ini Agar Mulut Tetap Sehat Saat Puasa

Image result for kesehatan mulut

Saat menjalani puasa, mulut akan mengalami kekeringan karena tidak makan dan minum. Produksi air liur pun menjadi berkurang. Hal ini bisa menjadi penyebab utama bau mulut.

Bau mulut saat puasa dapat menjadi masalah utama ketika harus bertemu dan berbicara dengan banyak orang. Anda yang memiliki aktivitas tinggi saat bulan puasa tentu tak mau memiliki napas yang tak segar.

Oleh sebab itu dengan cara menjaga kesehatan mulut, beberapa masalah yang timbul seperti sariawan, bau mulut, radang tenggorokan ataupun masalah yang lainnya dapat diatasi dengan mudah ketika berpuasa.

Dalam menjaga kesehatan mulut saat berpuasa adalah sebenarnya sama dengan mengatasi mulut pada hari-hari biasanya. Akan tetapi kesehatan mulut pada umumnya yaitu disekitaran mulut secara keseluruhan. Oleh karena itu akan dijelaskan tips-tips menjaga kesehatan mulut. Ini cara-cara yang harus kalian lakukan agar mulut tetap sehat dan nafas tidak bau.

Cara Menjaga Kesehatan Mulut Saat Puasa

  • Teratur Dalam Menyikat Gigi.

    Pada saat berpuasa menyikat gigi adalah pada saat setelah sahur dan menjelang akan tidur di malam hari. Anda dapat mengusahakan menggosok gigi pada dua waktu tersebut, sehingga dapat menjaga kesehatan mulut Anda serta gigi Anda pada saat berpuasa.Menggosok gigi dengan cara ini adalah sangat efektif, sebab menyikat gigi berguna untuk menghilangkan plak, selain itu mencegah sariawan serta dapat menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan masalah bau mulut.

  • Membersihkan Lidah.

    Lidah adalah tempat dimana berkumpulnya bakteri. Oleh sebab itu menyikat gigi tanpa membersihkan lidah adalah percuma. Hal ini disebabkan bakteri dapat berpindah secara langsung dari gigi ke lidah. Sehingga membersihkan lidah juga harus diperhatikan. Cara menjaga kesehatan sepanjang puasa ramadhan berlangsung juga salah satunya menjaga kebersihan lidah dengan menggunakan alat pembersih lidah. Alat ini adalah sangat penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan mulut terutama saat puasa.

  • Menggunakan Obat Kumur.

    Cara yang dapat digunakan yaitu dengan cara menggunakan obat kumur. Hal ini tidak wajib dilakukan, sebab jika Anda mempunyai masalah kesehatan mulut maka Anda tak ada salahnya untuk menggunakan obat kumur ini.Obat kumur ini dapat mencegah tumbuhnya bakteri yang telah berkembang di dalam mulut. Sehingga dapat menimbulkan plak hitam pada gigi dan juga karang pada gigi.

  • Sering Berkumur.

    Berkumur dapat membantu dalam membersihkan bau mulut, dan juga pada saat sholat juga harus berkumur dengan benar. Hal ini dapat membantu dalam menghilangkan kotoran-kotoran dan bakteri di dalam mulut khususnya pada bagian sela-sela gigi.

  • Konsumsi Makanan Sehat.

    Terkadang banyak menu makanan yang Anda makan sehingga harus sesuai dengan takaran. Jangan sampai makan terlalu berlebihan.Sebab jika makan terlalu berlebihan, maka dapat mengakibatkan karang gigi semakin menumpuk dan kekenyangan. Oleh sebab itu mengakibatkan malas dalam menggosok gigi.

  • Konsumsi Teh Hijau.

    Dalam menjaga kesehatan mulut yaitu dapat mengkonsumsi teh hijau. Dalam hal ini dapat mengkonsumsi teh hijau pada saat berbuka puasa dan sahur. Sebab dalam kandungan teh hijau terdapat zat aditif yang dapat disebut dengan catechin.Dalam hal ini catechin dapat membunuh bakteri di dalam mulut. Bakteri ini yang dapat menyebabkan bau mulut yang tidak enak. Selain itu juga dapat menggunakan teh bunga lavender yang terkenal mampu membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

  • Hindari Merokok.

    Jika Anda ingin benar-benar ingin menjaga kesehatan mulut maka Anda harus menghindari merokok. Selain rokok sebagai pemicu dalam masalah penyakit juga sebagai pemicu kesehatan dalam mulut.Akibatnya jika Anda sering merokok, maka akan membentuk noda pada gigi Anda dan jadi kanker mulut.

  • Konsultasi Ke Dokter.

    Dalam menjaga kesehatan mulut juga dapat berkonsultasi dengan dokter. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui secara langsung apa saja yang dapat menyebabkan bau mulut saat puas. Pastinya juga dokter akan memberi masukan.

Cara menjaga kesehatan sepanjang puasa ramadhan berlangsung dapat disimpulkan yaitu dengan cara menggosok gigi dengan cara 2 kali gosok gigi selama 2 menit. Dalam hal ini diutamakan stelah mandi pagi ataupun sebelum tidur dapat membersihkan gigi. Semoga cara-cara yang disebutkan di atas bermanfaat untuk Anda.

 

Fresmul Griya Herba

FresMul ramuan herbal yang membantu mengatasi keluhan bau mulut yang tidak sedap, dengan mengkonsumsi kapsul herbal ini, mulut menjadi fresh sehingga aktifitas Anda menjadi tidak terganggu.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo