Cara-Cara Mengatasi Bayi Sungsang Agar Lahir Normal

Hasil gambar untuk ibu hamil sungsang

Setiap ibu hamil pasti ingin janin yang hidup dalam kandungannya dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat serta dapat melalui persalinan secara normal dan lancar. Akan tetapi 3-4% ibu hamil di dunia ternyata akan mengalami sebuah kondisi kehamilan yang berbeda. Pada usia kehamilan 32 minggu, bayi dalam kandungan mereka tak kunjung menempati posisi yang benar. Kepalanya masih menghadap ke atas, sedang kaki atau ari-arinya menutupi jalan lahir.

Kondisi yang dikenal dengan istilah bayi sungsang ini tak pelak sering membuat para ibu yang mengalaminya ketar-ketir. Bayangan akan persalinan caesar semakin membuat mereka lemah tak berdaya. Namun, jika Anda yang mengalami kondisi ini, jangan resah dan gelisah. Ada beberapa tips cara mengatasi bayi sungsang dalam kandungan yang dapat Anda coba untuk mengembalikan bayi ke posisi yang seharusnya.

Posisi sungsang adalah posisi dimana kepala bayi berada di atas sedangkan kaki atau ari-ari bayi berada di bagian bawah sehingga menutup jalan lahir. Posisi sungsang ini membuat bayi lebih sulit dilahirkan secara normal. Posisi sungsang pada bayi memiliki resiko lebih tinggi jika dilakukan persalinan normal dibandingkan posisi bayi yang normal.

Cara Mengatasi Bayi Sungsang

Sungsang dapat terjadi karena bayi kesulitan untuk memutar tubuhnya di dalam perut ibu. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ia mengalami kesulitan tersebut. Cobalah beberapa cara mengatasi bayi sungsang pada usia kehamilan 6, 7, 8, dan bahkan 9 bulan berikut ini.

  1. Olahraga dan Senam Hamil.

    Olahraga dan gerakan senam hamil khusus untuk bayi sungsang memiliki peran besar dalam mengatasi bayi yang tak mau berputar menempati posisi normalnya. Jenis olahraga yang dianjurkan dalam hal ini misalnya berenang. Berenang bisa membuat tubuh serta panggul ibu menjadi lebih longgar dan santai sehingga memungkinkan bayi untuk mau bergerak dan menghindari posisi sungsang.Senada dengan gerakan renang, beberapa gerakan yoga dalam senam hamil, seperti gerakan headstand, knee chest, dan gerakan merangkak juga terbukti bisa membantu mengatasi bayi sungsang.

  2. Relaksasi Hypnobrithing.

    Teknik hypnobrithing sudah dikenal luas dalam dunia kedokteran kita sebagai salah satu cara mengatasi bayi sungsang yang cukup efektif. Anda bisa melakukan teknik ini dengan cara mengajak bayi Anda bicara dan memintanya untuk beralih ke posisi normal sembari Anda memvisualisasikan gerakan perputaran tubuh bayi. Jangan pernah menganggap sepele teknik ini sebelum Anda mencobanya. Lakukan minimal 2 kali sehari dan lihat perubahan yang terjadi.

  3. Stimulasi Suara dan Cahaya.

    Lingkungan hidup bayi di dalam rahim sangat gelap dan sunyi. Menyadari bahwa pada usia 32 minggu indra penglihatan dan pendengarannya samar-samar mulai terbentuk, Anda juga bisa menstimulasi pergerakannya ke posisi normal dengan bantuan suara dan cahaya.Stimulasi dengan bantuan suara dapat dilakukan dengan menyetel lagu klasik dan meletakan earphone tepat di bagian bawah perut di dekat tulang kemaluan selama 10 menit sebanyak 6 kali sehari. Sedangkan stimulasi menggunakan bantuan cahaya dapat dilakukan dengan menyinari perut Anda menggunakan cahaya lampu senter. Gerakan senter secara perlahan, turun dari puncak rahim ke arah tulang kemaluan secara berulang-ulang.

  4. Pijatan Ringan.

    Melalui pijatan ringan di area sekitar rahim, bayi sungsang memang dapat terstimulasi untuk mau bergerak ke posisi normalnya. Anda bisa melakukan pijatan mulai dengan meletakan tangan kanan di bawah rahim dan tangan kiri di atas rahim. Gerakan keduanya searah jarum jam dan lakukan secara berulang-ulang selama 10 menit setiap harinya. Agar pijatan bisa dilakukan lebih mudah, jangan lupa gunakan minyak zaitun atau lotion yang aman untuk ibu hamil untuk melicinkan perut Anda.

  5. Accupresure.

    Mengatasi bayi sungsang juga dapat dilakukan dengan metode accupresure atau menekan titik tertentu di bagian tubuh ibu. Teknik ini telah dilakukan sejak 3.000 tahun di China dan memiliki tingkat keberhasilan hingga 88% dalam mengembalikan posisi bayi sungsang ke posisi normalnya. Adapun untuk melakukan teknik ini Anda cukup menekan titik akupresur yang terletak di sisi luar kuku kelingking kaki Anda selama 30 menit. Dengan melakukannya rutin setiap hari, kepala bayi secara perlahan akan terstimulasi untuk bergerak turun mendekati jalan lahir.

  6. Stimulasi Jus Jeruk.

    Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford, Inggris menemukan bahwa ketika ibu mengkonsumsi minuman dengan kadar gula tinggi, secara reflek bayi akan terstimulasi untuk bergerak ke posisi tertentu. Hasil penelitian ini juga menjadi dasar teori bahwa mengkonsumsi segelas jus jeruk saat pagi hari dengan posisi berbaring ke sisi kiri dapat membantu mengatasi bayi sungsang. Bayi akan terstimulasi untuk bergerak ke posisi yang seharusnya.

  7. Stimulasi Kantong Es.

    Teknik stimulasi kantong es atau Pelvic Tilt adalah salah satu cara mengatasi bayi sungsang yang cukup dikenal oleh ibu hamil di Eropa dan USA. Teknik ini dilakukan dengan meletakan kantong es selama 10 menit di bagian atas perut ibu hamil yang masih belum terisi makanan apapun. Teknik ini dilakukan sambil berbaring  dan pantat ibu di sangga menggunakan 3 bantal besar.

  8. Homeopathic.

    Mengatasi bayi sungsang juga dapat dilakukan menggunakan bantuan obat khusus dengan merk Homeopathic Pulsatilla. Obat ini masih sangat jarang ditemukan di Indonesia. Salah satu yang menyediakan obat ini misalnya di Klinik Bumi Bali Sehat, Nyuh Kuning, Ubud-Bali. Namun, jika Anda memperolehanya, usahakan untuk berkonsultasi pada dokter dan tenaga medis setempat sebelum mengkonsumsinya.

  9. Melakukan Yoga.

    Yoga merupakan olahraga yang sedanghits di kalangan ibu hamil. Pada dasarnya, yoga aman bagi ibu hamil karena termasuk olahraga yang low impact yang tidak terlalu memberatkan tubuh. Sama seperti berenang, yoga bagus untuk melatih pernapasan ibu dan melatih kekuatan otot dasar panggul sehingga sangat bermanfaat untuk mempersiapkan persalinan. Bahkan, yoga bisa jadi merupakan obat asma untuk ibu hamil yang alami karena bisa membantu memperkuat pernapasan.

  10. Lakukan Gerakan Bersujud.

    Posisi sujud bisa membantu mengubah posisi bayi yang sungsang di dalam kandungan. Posisi bersujud bisa merangsang bayi untuk berputar ke posisi yang benar. Maka, sangat baik bagi ibu hamil untuk melakukan posisi bersujud secara rutin. Lakukan gerakan bersujud ini dalam durasi 5 sampai 10 menit. Anda bisa mengulangi gerakan ini beberapa kali dalam sehari, misalnya 5 hingga 6 kali.Saat sedang melakukan posisi sujud, Anda mungkin akan merasa sesak dan tidak nyaman. Hal ini normal karena bayi sudah berukuran cukup besar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan gerakan ini sebelum makan untuk mengurangi resiko terlalu sesak.

Jika Anda sudah melakukan cara-cara di atas, tapi belum juga bisa mengubah posisi bayi, maka pertimbangkanlah saran dari dokter kandungan Anda untuk melakukan operasi caesar. Bagaimana pun, keselamatan Anda dan janin lah yang terpenting. Semoga bermanfaat dan membantu para Bunda yang memiliki masalah seperti ini.

 

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh

Untuk menghindari bayi lahir prematur serta berat bayi lahir yang kurang. Dengan mengkonsumsi MAdu ibu hamil Al Mabruroh kebutuhan dasar untuk janin bisa terpenuhi.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo

Leave a comment