Dampak Bahayanya Sering Menahan Buang Air Besar (BAB)

Hasil gambar untuk menahan BAB

Semua orang tentu pernah yang namanya menahan buang air besar. Terutama jika tengah berada di acara yang penting, maka menahan buang air besar menjadi sebuah pilihan yang banyak dilakukan. Menahan buang air besar membuat seseorang merasa kurang nyaman, bahkan ada pula yang sampai merasa kesakitan. Penyebab buang air besar bisa jadi karena perut tengah mengalami masalah atau mungkin karena memang sudah waktunya kotoran dalam tubuh dikeluarkan.

Namun taukah anda jika ternyata kebiasaan ini bukanlah kebiasaan sehat dan malah cenderung mengundang penyakit? Terlebih jika kebiasaan menahan buang air besar dilakukan setiap saat dengan intensitas waktu yang cenderung sering, maka dampaknya akan lebih berbahaya bahkan melebihi saat  anda menahan buang air kecil.

Beberapa dokter bedah menyatakan jika peningkatan jumlah pasien yang menderita kanker usus, bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan menahan buang air besar. Meski hal ini masih belum diketahui secara pasti, namun ada kemungkinan jika kebiasaan buruk tersebutlah penyebabnya.

Ini Dampak Bahayanya Sering Menahan BAB

Bukan hanya gejala penyakit ringan, namun menahan buang air besar juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang cukup berat.

  • Berpotensi Menderita Kanker Usus.

    Korelasi antara menahan buang air besar dan penyebab kanker usus adalah ketika anda hendak buang air besar namun keinginan tersebut malah ditahan, maka usus dalam tubuh akan terkontraksi menjadi lebih kuat. Hal ini dilakukan oleh usus supaya kotoran tidak keluar. Jika sudah demikian, maka kontraksi yang dilakukan dalam waktu yang lama, akan membuat otot membengkak.Jika tidak segera ditangani maka infeksi serta peradangan akan terjadi pada area tersebut. Alhasil sel kanker usus akan terpicu untuk tumbuh. Buang air besar merupakan salah satu kebiasaan rutin yang juga menjadi pertanda jika metabolisme pada tubuh tengah berjalan lancar. Jarang buang air besar atau bahkan dalam tenggat waktu yang cukup lama seperti halnya 1 bulan, maka bisa dipastikan jika anda beresiko menderita efek buruk yang fatal.

  • Kematian.

    Salah satu kasus yang tragis dialami oeh seorang remaja asal cornwall Inggris yang meninggal pada tahun 2013 bulan februari akibat tidak bisa buang air besar selama 8 minggu. Faktor pemicu pemuda ini sering menahan buang air besarnya adalah karena si pemuda menderita autisme ringan serta mengalami masalah dengan rasa takut pada toilet. Akibatnya, pemuda tersebut lebih memilih menahan buang air besarnya.Setelah dilakukan pemeriksaan medis atas penyebab kematiannya, pemuda dengan nama Emily tersebut ternyata menderita serangan jantung yang fatal akibat adanya pembesaran usus. Pembesaran usus tersebut kemudian menekan beberapa organ didalam tubuhnya. Pada kondisi luarnyapun, perut Emily tampak membesar.

  • Menimbun Sampah Sekaligus Bakteri dan Racun.

    Membuang sampah yang ada dalam perut dapat mengusir racun serta bakteri di dalam perut dengan cara dikeluarkan bersamaan dengan kotoran. Jika tidak segera dikeluarkan, maka penyakit dalam tubuh berpotensi lebih berkembang dari sebelumnya. Jika bakteri dan racun di dalam tubuh tidak segera dikeluarkan, maka bisa dipastikan jika tubuh akan mengalami gangguan kesehatan. Hal inilah kenapa buang air besar, sebaiknya dilakukan secara rutin. Jika anda mengalami kebiasaan buang air besar berubah, disertai dengan gejala gangguan kesehatan, segera periksakan diri anda ke dokter. Bagaimanapun, kesehatan anda tentu lebih penting untuk dijaga.

Kendati demikian, menahan BAB tidaklah dianjurkan. Terlebih jika memang memiliki kondisi susah buang air besar. salah satu penyebab terjadinya konstipasi adalah adanya penurunan pergerakan pada usus. Penyebab lainnya, bisa jadi karena buntu yang diakibatkan oleh adanya sumbatan atau tumor. Bagi Anda yang sering menahan BAB, perlu renungkan dampak bahaya diatas.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo

Leave a comment