Faktor Penyebab Produksi ASI Ibu Sedikit

Hasil gambar untuk Faktor Penyebab Produksi ASI Ibu Sedikit

Saat bayi menangis dan gelisah satu jam setelah menyusui, ibu terkadang jadi khawatir apakah ASI yang keluar tidak cukup memenuhi kebutuhan bayi. Kekhawatiran itu normal, hanya saja sikap bayi yang kerap gelisah dan menangis itu juga wajar.

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Bayi bisa memintanya kapanpun dan ibu sebaiknya memberikan ASI tersebut tanpa ada pembatasan. ASI merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi dengan memberikan ASI dari sejak lahir hingga minimal 6 bulan atau dikatakan ASI eksklusif dapat membantu mengoptimalkan kesehatan dan kecerdasan anak anda.

Namun jika ibu tetap merasa ada masalah dalam proses menyusui itu, seperti produksi ASI sedikit sehingga sepertinya tidak pernah cukup memenuhi kebutuhan bayi, ada baiknya ibu meminta bantuan konselor laktasi. Ibu juga bisa mencoba mengganti teknik menyusui dengan bantuan konselor tersebut.

Artikel kali ini akan membantu anda untuk mengetahui kondisi bayi yang kesulitan mendapatkan ASI dikarenakan produksi ASI berkurangdan penyebab produksi ASI berkurang.

Faktor Penyebab ASI Sedikit

  1. Mengalami Masalah Hormonal dan Endoktrin.

    Ibu yang mengalami masalah hormonal yaitu terlalu rendah atau tingginya kadar tiroi, hipertensi dan diabetes yang menyebabkan wanita kesulitan hamil. Pasca melahirkan akan mempengaruhi kemampuan produksi ASI sehingga untuk mengatasi masalah ini dapat menjalani pengobatan untuk kembali meningkatkan produksi ASI.

  2. Pemakaian Alat Kontrasepsi yang Hormonal.

    Cukup banyak ibu menyusui dan menggunakan alat kontrasepsi pil merasa produksi ASI tidak berpengaruh, namun beberapa ibu lainnya merasakan berbeda. Para ibu tersebut merasa produksi ASI mereka menurun. Hal tersebut memang bisa terjadi jika ibu mulai mengonsumsi pil KB itu sebelum bayi mereka berusia empat bulan. Cara mudah untuk kembali meningkatkan produksi ASI adalah dengan menghentikan pemakaian pil KB tersebut. Sebelum melakukannya, ibu sebaiknya berkonsultasi pada dokter dan mencari tahu metode kontrasepsi mana yang tepat.

  3. Kesulita Menghisap.

    Bayi yang mengalami masalah anatomi di tubuhnya sehingga mengalami kesulitan ketika menghisap. Bayi mengalami mendapatkan ASI secara langsung. Salah satunya dikarenakan tongue tie yang menyebabkan kemampuan menghisap bayi berkurang. Pada bayi yang mengalami tongue tie maka seringkali ditandia dengan kenaikan berat badan yang tidak maksimal sesuai usia bayi dan juga mengalami lecet pada bagian puting ibu ketika bayi mendapatkan ASI langsung.

  4. Bayi Tidak Mendapat ASI di Malam Hari.

    Bayi yang jarang bahkan tidak mendapatkan ASI di malah hari akan mempengaruhi berat badannya. Sebaiknya diberikan ASI ketika bayi membutuhkan merupakan sumber nutrisi yang sangat baik. Kondisi ibu menyusui akan berbeda-beda, pada sebagian ibu yang tidak memberikan ASI pada malam hari akan mempengaruhi produksi ASI. Produksi ASI ibu menjadi menurun dan juga kadar prolaktiin menjadi lebih banyak di malam hari sehingga apabila semakin rendah maka produksia ASI juga akan ikut menurun.

  5. Jarang Menyusui Bayi.

    Payudara yang jarang kosong maka akan menyebabkan terganggunya produksi ASI. Sehingga menyusui bayi sesering mungkin akan membantu produksi ASI meskipun ASI sedikit akan tetapi hisapan bayi akan membantu meningkatkan produksi ASI. Dengan demikian ibu tidak perlu menyerah untuk tetap memberikan kesempatan bayi mendapatkan ASI yang dapat membantu produksi ASI.

  6. Ibu Pernah Melakukan Operasi Payudara.

    Ibu yang pernah melakukan operasi payudara baik karena mengalami gangguan kesehatan ataupun alasan kecantikan akan mengalami gangguan pada produksi ASI. Bahkan pada ibu yang mengalami piercing pada area puting akan mengalami gangguan yang sama kesulitan produksi ASI. Adapun besar kecilnya pengaruh pada ibu tergantung pada prosedur operasi yang dilakukan, jarak operasi dengan ibu menyusui dan juga melahirkan tanpa adanya komplikasi. Tidak semua wanita mengalami kondisi yang sama sebagian wanita yang telah melakukan operasi payudara masih dapat memberikan ASI secara lancar hingga usia 6 bulan.

  7. Ibu Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu.

    Seperti antihistaminedan beberapa decongestant, obat penurun berat badan atau penekan nafsu makan, vitamin B-6 dosis tinggi dan lain sebagainya, bisa mengurangi produksi ASI Mama. Jadi sebelum ibu mengkonsumsi obat-obatan tertentu pada saat menyusui, sebaiknya ibu berkonsultasi dulu dengan dokter tentang efeknya terhadap proses menyusui.

  8. Ibu Mengalami Hypothyroidism.

    Beberapa ibu mungkin mengalami kondisi ini untuk pertama kalinya selama kehamilan dan menyusui. Gejala hypothyroidism di antaranya adalah rambut rontok, kulit kering, sensitif terhadap suhu dingin, hilang nafsu makan, kelelahan, depresi, dan bengkak di area leher. Bila gejala ini terjadi pada ibu bersamaan dengan berkurangnya produksi ASI, ibu perlu mengecek fungsi thyroid

  9. Mengalami Anemia.

    Seorang ibu yang mengalami anemiajuga memiliki resiko tinggi mengalami tersumbatnya saluran ASI dan 

Jadi saat bayi jarang disusui, karena ibu menjadwalkan pemberian ASI atau karena dia memakai empeng, payudara pun akan lebih lama kosong. Sehingga produksi ASI pun menurun. Sebaliknya jika bayi disusui sesering mungkin atau setiap dia meminta, payudara ibu akan lebih cepat kosong dan kembali memproduksi ASI.

 

Madu for Mama

Madu For Mama, Untuk melancarkan ASI mama yang sedang menyusui. Sangat baik membantu mama untuk lancar asi. Dari kombinasi yang seimbang antara khasiat madu dan tanaman herbal alami seperti daun katuk, buah kurma dan habbatussauda.Semua komposisi yang terkandung dalam Madu for  Mama sangat manjur untuk lancar asi.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo

Leave a comment