Mengidentifikasi Kesehatan Anda Melalui Warna Lidah

Hasil gambar untuk Mengidentifikasi Kesehatan Anda Melalui Warna Lidah

Pernahkah anda heran ketika dokter menyuruh untuk membuka mulut dan menjulurkan lidah? Dokter sebenarnya ingin mengetahui warna lidah anda saat sakit. Ternyata warna lidah dapat menjadi indikator kondisi kesehatan. 

Lidah adalah gabungan otot yang kaya akan pembuluh darah, sehingga ketika terjadi perubahan tekstur, kelembaban, dan warna padanya menunjukkan adanya masalah kesehatan anda.

Jadi, lidah merupakan salah satu pendeteksi adanya penyakit dalam tubuh. Bahkan, jauh hari sebelum adanya pengobatan modern, orang-orang Cina kuno telah mengetahui fakta kesehatan ini. 

Lidah yang sehat umumnya berwarna merah muda atau pink. Hanya sedikit saja yang memiliki lidah berpola geometris merah-putih. Dalam kondisi normal, lidah yang memiliki banyak pembuluh darah dan selalu basah oleh air liur, akan tetap bersih sehingga terhindar dari pertumbuhan bakteri berbahaya.

Megidentifikasi Kesehatan Melalui Warna Lidah

Meskipun pada umumnya warna lidah adalah pink, adanya gangguan kesehatan dapat mengubah warnanya menjadi merah, ungu, kuning, hitam, coklat, atau putih. Berikut arti warna lidah terhadap kondisi kesehatan tubuh. 

  1. Lidah Berwarna Merah.

    Ketika suhu tubuh melonjak, maka papila akan membengkak sehingga lidah terlihat berwarna merah. Perubahan warna ini mungkin juga disebabkan oleh demam berdarah, kekurangan folat, kekurangan vitamin B3 dan B12, atau akibat Sindrom Kawasaki. Untuk mengatasi gangguan ini, cukupi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, perubahan warna lidah yang disertai nyeri dan bengkak sehingga sulit untuk makan atau berbicara mungkin sebagai pertanda glossitis, yaitu peradangan akibat infeksi, dehidrasi, reaksi alergi, dan lainnya. Untuk memastikannya, periksakan ke dokter.

  2. Lidah Berwarna Ungu.

    Mengkonsumsi makanan dingin dapat menyebabkan lidah menjadi berwarna ungu. Namun, warna ungu pada lidah juga dapat menunjukkan adanya bronkitis kronis maupun kadar kolesterol yang tinggi. Untuk mengatasi masalah ini, perbanyak makan bawang putih dan jahe. Lidah ungu juga menjadi indikasi terjadinya demam dan sirkulasi darah yang tidak lancar. Jika warna ungu merata pada lidah, maka menunjukkan organ tubuh bagian dalam mengalami panas berlebih. Mungkin saja perubahan ini akibat penyakit liver.

  3. Lidah Berwarna Kuning.

    Warna kuning pada lidah dapat menunjukkan adanya pembentukan ragi atau infeksi bakteri. Jika warnanya bercampur dengan hijau, maka infeksi bakteri telah parah. Secara umum, warna kuning pada lidah merupakan indikasi panas tubuh yang berlebihan. Faktor penyebab yang paling umum adalah nikotin, makanan pedas, atau dampak stres yang berlarut-larut. 

  4. Lidah Berwarna Coklat.

    Salah satu tanda awal dari kanker kulit yang disebut melanoma adalah perubahan warna lidah menjadi kecoklatan. Jika warnanya semakin gelap, segera konsultasi dengan dokter.

  5. Lidah Berwarna Biru.

    Warna biru pada lidah timbul sebagai akibat darah yang dingin atau aliran sangat lambat. Ketika warna biru bercampur ungu, artinya kondisi buruk ini makin parah.

  6. Lidah Berwarna Hitam.

    Waspada ketika warna lidah berubah menjadi hitam. Perubahan warna ini bisa dipicu oleh gejala diabetes, penggunaan antibiotik, atau kesehatan mulut yang buruk. Kemungkinan paling ringan adalah bakteri yang terjebak di lidah, sehingga menimbulkan bercak hitam. 

  7. Bercak Putih Pada Lidah.

    Penyebab lidah timbul bercak putih adalah sariawan, dehidrasi, infeksi jamur oral, atau leukoplakia (sel-sel permukaan lidah tumbuh secara berlebih). Perbanyak minum air dan jaga kebersihan mulut anda, untuk mengatasi masalah ini. Lidah berwarna putih juga sering menjadi pertanda gejala tipus, flu, gangguan pada saluran cerna, atau anemia. Jika bercak putih tidak tebal, menunjukkan tubuh kekurangan darah. Jika bercak putih tidak segera hilang selama 2 minggu, segera periksakan diri ke dokter. Bercak putih yang tidak hilang selama sebulan lebih dapat menunjukkan adanya kanker berbahaya.

Itulah arti warna lidah terhadap kondii kesehatan tubuh Anda. Pelajari dan kenali tanda-tanda ini sejak dini, untuk mencegah berbagai masalah kesehatan yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat untuk semua pembaca. Jika Anda mengalami warna lidah yang menunjukan identifikasi kesehatan yang berbahaya segera periksakan.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo

Leave a comment