Minyak Goreng Bekas Pakai Bisa Dijernihkan Lagi Lhoo.. Ini Caranya

Hasil gambar untuk minyak goreng

Minyak goreng merupakan salah satu bahan dapur yang sangat penting, karena setiap memasak atau menggoreng kita menggunakan bahan yang satu ini. Minyak goreng pada umumnya digunakan antara 2-3 kali. Namun, biasanya hanya sekali pakai saja minyak goreng sudah berubah warna menjadi keruh. Banyak orang tidak memanfaatkan minyak ini dan memilih membuangnya. Namun, tentunya sangat sayang jika minyak ini harus dibuang.

Minyak goreng yang sudah tidak jernih tersebut bisa dimanfaatkan kembali, yang terpenting minyak tersebut dalam keadaan jernih. Oleh karena itu, anda harus menjernihkannya terlebih dahulu. Untuk menjernihkan minyak goreng yang bekas dipakai agar bisa dipakai lagi yaitu dengan cara-cara dibawah ini. Tapi, yang perlu Anda ketahui dan diingat batas penggunaan minyak goreng adalah 3 kali pemanasan. Setelah itu, kandungan radikal bebas dalam minyak goreng cukup tinggi dan tidak baik untuk kesehatan.

  • Jernihkan Dengan Nasi.

    Nasi bisa membantu menjernihkan kembali minyak goreng dari sisa-sisa yang tertinggal. Lantas seperti apa cara menjernihkan minyak goreng dengan menggunakan nasi? Setelah anda selesai menggoreng dengan menggunakan minyak tersebut, anda bisa mengambil segenggam nasi. Lalu bulatkan nasi tersebut sampai padat. Selanjutnya, masukan nasi ke dalam minyak penggorengan yang masih dalam keadaan panas. Bolak-balik dan tekan-tekan nasi tersebut sampai semua remah yang tertinggal menempel pada nasi. Setelah itu, minyak goreng akan kembali jernih.

  • Jernihkan Dengan Kentang.

    Caranya yaitu, ambil 1 buah kentang, lalu kupas kulitnya. Kemudian, potong kentang tersebut menjadi 4 bagian. Jika sudah, masukan kentang tersebut pada minyak kotor yang masih dalam keadaan panas. Setelah itu, aduk-aduk kentang sampai kotoran atau remah-remah dalam minyak menempel semua pada kentang. Jika minyak sudah kembali jernih, anda bisa menggunakan kembali minyak tersebut untuk menggoreng.

  • Jernihkan Dengan Ampas Nanas.

    Ampas nanas dipercaya mampu membantu menjernihkan kembali minyak goreng yang sudah dipakai. Pasalnya, ampas nanas memiliki kemampuan untuk menyerap sisa sisa makanan atau kotoran pada minyak sebagaimana halnya karbon. Karena kemampuannya itulah ampas nanas efektif menjernihkan minyak. Cara menggunakannya yaitu, kumpulkan ampas nanas yang sudah anda siapkan. Lalu cuci ampas nanas tersebut sampai bersih. Kemudian, keringkan sampai membentuk karbon. Jika sudah kering, anda bisa menghaluskan ampas nanas tersebut dengan cara memblendernya hingga ampas nanas menjadi serbuk. Yang mana serbuknya itulah yang akan dimasukan ke dalam minyak goreng yang sudah dipakai selama kurang lebih 2-3 jam. Selanjutnya, anda bisa langsung menyaring minyak tersebut.

  • Jernihkan Dengan Mengkudu.

    Cara menjernihkan minyak goreng dengan buah mengkudu cukup mudah. Caranya yaitu, siapkan satu buah mengkudu yang sudah matang. Kemudian, tumbuk buah mengkudu tersebut sampai benar-benar halus. Jika sudah, anda bisa langsung mengambil sarinya. Sari mengkudu tersebutlah yang akan dimanfaatkan untuk menjernihkan minyak goreng yang sudah tidak terpakai. Campurkan sari minyak mengkudu tersebut pada minyak yang sudah digunakan selama kurang lebih 5-10 menit. Kemudian, panaskan minyak tersebut dan saring minyak. Anda bisa membuang endapannya.

  • Jernihkan Dengan Biji Salak.

    Biasanya proses ini digunakan dalam praktikum di laboratorium. Untuk dapat melakukannya, minyak goreng harus dipanaskan pada suhu tertentu. Caranya, yaitu minyak goreng bekas dipanaskan pada suhu 40, 50, 60, dan 70 derajat celsius, kemudian direaksikan dengan arang biji salak dengan variasi berat 10, 25, 50gr dan variasi waktu pengadukan 20, 40, 60, 80, 100 dan 120 menit. Campuran minyak go0reng bekas dan arang biji salak kemudian dilakukan proses pemisahan dengan cara penyaringan.

Semoga cara-cara diatas dapat bermanfaat bagi ibu-ibu yang ingin lebih berhemat dan efisien dalam menggunakan minyak goreng. Selamat mencoba sendiri di rumah masing-masing.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo

Leave a comment