Tetap Bisa Olahraga Saat Puasa dan Manfaat Yang Dirasakan

Kegiatan saat bulan puasa adalah setelah selesai sahur, sholat subuh, biasanya ada yang langsung tidur lagi. Padahal di hari biasanya olahraga pagi. Ketika puasa, kita tetap bisa olahraga, kok. Bedanya, ada yang perlu diperhatikan karena kondisi tubuh kita yang berbeda dengan ketika enggak puasa.

Jika hanya dibayangkan, anjuran olahraga saat puasa adalah sesuatu yang menyiksa diri. Lagi berjuang menahan lapar, badan lemas, lesu, dan kurang tenaga malah disuruh olahraga. Pastilah semakin terasa lapar dan haus, badan semakin lemas, dan tak bertenaga. Tahukah Anda, itu hanyalah bayangan semu, yang tidak akan terjadi jika Anda benar-benar melakukan olahraga di bulan Ramadhan. Inilah cara yang harus diperhatikan supaya kamu tetap bisa olahraga di bulan puasa.

  1. Kenali Dirimu Sendiri.

    Ada beberapa pendapat yang berbeda mengenai waktu yang tepat ketika olahraga. Ada yang menyarankan untuk olahraga setelah berbuka puasa, dan ada juga yang menyarankan beberapa menit sebelum berbuka puasa. Nah, ini semua kembali lagi ke kamu, Loopers. Kamu bisa memilih untuk olahraga kapanpun kamu mau asalkan itu enggak membuat kita lemas dan letih yang berlebihan. Jadi, kenali kemampuan dan kekuatan dirimu sendiri.

  2. Pilih Olahraga Ringan.

    Olahraga ringan yang bisa dipilih saat sedang menjalani puasa adalah berjalan santai, jogging ringan atau bersepeda.  Atau kamu juga bisa pilih olahraga kelenturan, contohnya seperti senam lantai. Untuk sementara, hindari dulu olahraga berat yang bisa membuat semua cadangan persediaan energi terkuras banyak. Dihemat untuk energi menjalani aktivitas sehari-hari.

  3. Durasi Lamanya Olahraga.

    Selain jenis olahraga yang perlu benar-benar dipertimbangkan, yang enggak kalah penting adalah durasi atau lamanya kita melakukan aktivitas olahraga itu sendiri. Meskipun kita memilih untuk jogging santai, namun dengan durasi yang terlalu lama, itu sama saja dengan membakar energi yang semakin lebih banyak lagi. Usahakan untuk jangan terlalu lama. Sebaiknya olahraga dilakukan setiap hari namun dengan durasi yang singkat.

  4. Perhatikan Makanan Saat Sahur.

    Ini juga enggak kalah penting untuk diperhatikan: asupan makanan ketika sahur. Kita enggak perlu menambah jumlah porsi makan kita dari yang biasa kita santap kok, Loopers. Kita hanya perlu memperhatikan kandungan di dalamnya. Makanlah nasi atau mi yang mengandung karbohidrat ditambah lauk seperti telur sebagai protein dan juga sayur. Jangan lupa untuk menyantap buah dan minum susu.

  5. Banyak Minum Air Putih.

    Ketika puasa, tubuh kita sangat rentan dehidrasi. Ini dikarenakan kurangnya asupan cairan di dalam tubuh kita saat puasa, sedangkan energi yang kita sediakan akan selalu terpakai dan keluar, seperti cairan tubuh yang keluar dalam bentuk keringat. Untuk itu, perbanyaklah minum air putih ketika berbuka dan juga sahur.

  6. Cukup Istirahat.

    Karena ketika kita kurang tidur, otomatis badan ini menjadi kurang siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Nah, kalau dalam kondisi tubuh kurang fit dan kurang tidur ini kamu paksakan untuk olahraga, bisa bikin capek dan bisa sakit. Enggak mau kan jadi sakit, padahal niat awalnya adalah olahraga supaya tubuh sehat.

Manfaat Olahraga Saat Puasa

Tetap melakukan olahraga saat sedang berpuasa akan memperoleh manfaat yang cukup banyak. Inilah manfaat luar biasa yang bisa dirasakan jika melakukan olahraga saat sedang puasa.

  • Detoksifikasi Tubuh Tetap Lancar.

    Puasa itu sehat karena akan mengistirahatkan organ-organ pencernaan kita. Olahraga di saat puasa lebih sehat lagi karena organ-organ pencernaan yang beristirahat tersebut tetap berfungsi normal. Organ-organ pencernaan tersebut tetap mendapat aliran darah yang lancar sehingga tetap berfungsi optimal.

  • Mengusir Rasa Malas dan Mengantuk.

    Orang yang merasa badannya lemas, malas, mengantuk saat berpuasa disebabkan karena aktivitas fisiknya rendah.Jam 10 pagi sudah terasa lapar dan haus. Untuk mengatasinya, lakukan aktivitas fisik seperti biasanya. Lakukan yang ringan-ringan saja, yang penting ada aktivitas. Aktivitas fisik dan berolahraga dapat mengubah energi cadangan atau lemak tubuh menjadi glukosa yang akan mengusir rasa lesu, letih, malas, dan mengantuk. Selain itu, selama berolahraga tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat kita merasa senang dan bersemangat.

  • Menurunkan Berat Badan.

    Bagi Anda yang mempunyai masalah berat badan, inilah saat yang tepat untuk menurunkannya. Berolahraga saat perut kosong adalah jawabannya. Pembakaran yang terjadi saat berolahraga adalah pembakaran energi cadangan yang berupa lemak tubuh. Anda akan mendapatkan tubuh yang kencang tanpa lipatan-lipatan lemak. Tubuh Anda akan menjadi ideal dan proporsional jika momen ini bisa Anda manfaatkan dengan baik dan benar.

Demian artikel mengenai Tetap Bisa Berolahraga Saat Berpuasa dan Manfaat Yang Dirasakan. Semoga bermanfaat dan tetap sehat walau sedang menjalankan puasa. Puasa bukan berarti bermalas-malasan yaa teman.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo

Leave a comment