Kesemutan

Gambar terkait

Kesemutan pasti pernah dirasakn oleh semua orang. Bahkan anak-anak juga pernah mengalami kesemutan. Kesemutan terjadi ketika anggota tubuh mengalami tekanan dalam waktu lama seperti saat duduk bersila atau memakai sepatu terlalu kecil, atau tangan yang tertindih oleh bagian tubuh ketika tidur. Ketika memaksa bergerak pada bagian yang mengalami kesemutan,maka akan terasa tidak nyaman.  

Kesemutan akan mereda dengan sendirinya. Kesemutan bisa reda ketika anda membebaskan area kesemutan dari tekanan. Misalnya meluruskan kaki saat duduk bersila dan melepaskan tangan yang tertindih. Dengan begitu, aliran darah akan menjadi lancar.

Orang yang mengalami kesemutan berkepanjangan disertai gejala-gejala lain yang tidak normal bisa menjadi indikasi penyakit tertentu yang sangat serius. Kondisi kesehatan yang mungkin berhubungan denga kondisi kesehatan anda ialah:

  • Diabetes

Gula darah tinggi yang tak terkontrol lam-kelamaan akn mengakibatkan kerusakan pada syaraf perifier yang ditandai dengan kesemutan, rasa baal atau kebas, kaki dan tangan terasa dingin.

  • Kekurangan nutrisi

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia pernisiosa yang menjadi penyebab dari neuropati perifier. Kesemutan juga bisa disebabkan vitamin B6 yang berlebihan di dalam tubuh. Kondisi ini bisa terjadi karena pola makan yang buruk dan minuman beralkohol yang masuk ke dalam tubuh.

  • Syaraf terjepit

Pada kondisi syaraf terjepit, ada salah satu bagian syaraf yang keluar dari jalur dan menyebabkan tekanan pada bagian syaraf lain. Biasanya syaraf terjepit pada bagian punggung akan menyebabkan kesemutan pada bagian kaki.

  • Tumor otak

Tumor otak bisa muncul dari 2 sebab. Yaitu tumor yang berasal dari otak dan tumor yang berasal dari bagian tubuh lain yang menyebar ke otak. Gejala lain yang ditimulkan dari penyakit ini selain kesemutan adalah sakit kepala yang terus-menerus, mual, muntah, gangguan mata, gangguan keseimbangan saat bergerak atau berjalan, gangguan pendengaran, serta perubahan tingkah laku.

  • Penyakit multiple sklerosis

Penyakit multiple sklerosis adalah gangguan sistem kekebalan tubuh yang justru menyerang diri sendiri seperti bagian pelindung ysaraf atau milein. Penderita akan mati rasa pada bagian kaki dan tangan yang bisa menyebabkan kelumpuhan.

  • Racun
Racun dapat berupa timbal, arsen, merkuri, talium, beberapa bahan kimia industri serta lingkungan. Termasuk obat-obatan tertentu seperti efek kemoterapi, antibiotik, dan antivirus.

Perawatan dan Pencegahan

Perawatan dan pencegahan bisa disesuaikan dengan jenis dan penyebab kesemutan yang sering dialami. berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani kesemutan:
  • Lakukan latihan ringan untuk membuat peredaran darah dan sistem syaraf tetap sehat. kegiatan ringan dapat dilakukan untuk menghindari cedera pada bagian tubuh tertentu.
  • Kendalikan kadar gula darah terutama untuk penderita diabetes.
  • Menghindari atau membatasi konsumsi minuman beralkohol dan berhenti merokok. Rokok dapat menyempitkan suplai darah ke pembuluh darah yang menyuplai nutrisi ke syaraf perifier.
  • Rubahlah posisi duduk dengan membuat kaki lebih santai.
  • Senantiasa menjaga berat badan ideal. Terapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat terutama yang mengandung vitamin B.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

    Karyawan baru Istana