Mengatasi Kram Pada Jari Tangan

Gambar terkait

Jari tangan yang tiba tiba terasa kram membuat kita merasa tidak nyaman. Terutama bagi anda yang bekerja dengan mengandalkan jari tangan seperti mengetik atau menulis. Penyebab rasa sakit tersebut bermacam – macam. Misalnya terlalu lama menulis, mengetik, atau memainkan instrumen. Sebagian orang mengalami kram pada tangan dan bagia tubuh lainnya saat tidur. Tubuh mudah mengalami kram tanpa sebab. Atau bisa juga karena melakukan olahraga terlalu berat.

Terlalu lama menggunakan otot jari dapat menyebabkan kelelahan otot dan kram atau kejang otot yang bisa mengganggu kinerja motor otot normal. Jari tangan yang kram juga bisa disebabkan oleh penyakit atau kondisi medis tertentu. Jari tangan yang kra juga bisa disebabkan penyakit atau kondisi medis tertentu. Contohnya adalah kekurangan nutrisi, cedera, gangguan hormone, neuropati diabetes, infeksi, atau gejala awal gagal ginjal.

 Jika anda mengalami kram otot jari tangan, cobalah melakukan langkah berikut:

  • Biarkan tangan anda beristirahat selama 15 menit saat jari tangan anda mulai terasa kram atau kaku. Memaksa jari tangan anda untuk terus bekerja saat kram atau kesemutan sudah terasa hanya akan memperburuk kondisi anda.
  • Lakukan peregangan di jari – jari tangan anda. Salah satu cara meningkatkan fleksibilitas otot tangan anda adalh dengan menekan telapak tangan anda ke lantai. Setela itu gunakan jari telunjuk tangan yang lain untuk mengangkat satu per satu jari tangan anda tadi. Tahan selama 5 detik untuk setiap jari.
  • Minum banyak air putih. Tubuh yang kekurangan cairan akan lebih mudah merasakan kram dan kesemutan. Minum air putih adalah cara tercepat meredakan kram dan dapt memperlancar aliran darah.
  • Bunyikan ruas jari anda. Kebiasan ini sebenarnya tidak dianjurkan oleh para ahli. Namun fakta menunjukkan bahwa mobilitas sendi akan meningkat setelah anda membunyikan ruas –ruas jari anda.
  • Oleskan obat pereda rasa sakit dan nyeri pada bagian jari – jari anda yang kram bila rasa sakit itu tidak kunjung berkurang.
  • Segera hubungi dokter bila rasa sakit itu tidak kunjung sembuh selama berhari – hari untuk menghindari gejala yang lebih parah dan membahayakan kondisi anda.

Agar tidak mengalami kram atau kesemutan, sebaiknya ada melakukan peregangan otot terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas. Jangan lupa untuk mengistirahatkan otot nada selama beberapa menit ketika bekerja. Anda juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen agar terindar dari kesemutan karena kekurangan vitamin.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
Karyawan baru Istana