Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Kesuburan adalah kemampuan alami manusia untuk melakukan proses reproduksi. Jika seorang individu adalah individu yang subur maka individu tersebut bisa mendapatkan anak dengan melakukan perkawinan dengan individu subur lainnya.

Seiring dengan pertambahan usia, tingkat kesuburan wanita akan menurun. Tapi, meski berada di usia subur, faktor gaya hidup berperan besar dalam memengaruhi peluang seorang wanita untuk hamil.

"Wanita yang ingin hamil sering tidak tahu apa hal terbaik yang harus mereka lakukan atau tidak dilakukan," kata Francisco Arredondo, ahli reproduksi endokrinologi di San Antonio, Texas.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi tingkat kesuburan seorang wanita. Bagaimanapun juga gangguan kesuburan belum bisa dipastikan bahwa terjadi kemandulan (sterilitas), tetapi ketidaksuburan (infertilitas) memang mengurangi kemungkinan bahwa pembuahan yang sukses terjadi.

Gangguan pada kesuburan sangat menganggu kehidupan rumah tangga sepasang suami dan istri. Masalah kesuburan bisa menyerang siapa saja tanpa peduli pria atau wanita. Hal ini disebabkan oleh banyak sekali hal yang mempengaruhi sistem reproduksi pada wanita atau pria.

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Ketahui apa saja faktor-faktor yang bisa memengaruhi kesuburan seorang wanita, yaitu:

  • Obesiotas.

    Memiliki kelebihan lemak bisa memengaruhi produksi hormon sehingga kehamilan sulit didapatkan. "Makin berat bobot tubuh wanita, makin rendah fungsi ovariumnya," kata Thomas Jefferson, spesialis obgyn.Wanita yang mengalami obesitas di usia 18 tahun cenderung menderita polycystic ovary syndrome (PCOS) dan sulit untuk hamil.

  • Terlalu Kurus.

    Bukan hanya kegemukan, terlalu kurus juga akan berpengaruh pada hormon. Tubuh yang terlalu kurus biasanya kekurangan hormon leptin, hormon yang mengontrol rasa lapar dan kenyang. Hormon ini juga memengaruhi masa menstruasi.

  • Pertambahan Usia.

    Saat seorang wanita mencapai menopause, biasanya di usia 50-an, ia tak lagi bisa memproduksi sel telur dan sulit hamil. Tetapi beberapa tahun sebelum menopause, seorang wanita akan mengalami gangguan kesuburan karena jumlah sel telurnya berkurang.Tidak ada angka yang resmi kapan kesuburan wanita akan berkurang, tapi kebanyakan dokter mengatakan usia di atas 35 tahun peluang kehamilan akan menurun.

  • Ibu.

    Tanyakan pada ibu Anda di usia berapa ia mencapai menopause. Jika ia memulainya di usia yang tergolong muda, besar kemungkinan Anda juga. Faktor genetik memang berpengaruh pada banyak atau sedikitnya jumlah sel telur yang kita miliki.

  • Zat Kimia.

    Paparan polutan, pestisida, dan zat-zat kimia industri bisa menurunkan tingkat kesuburan sampai 29 persen. Beberapa zat kimia yang kita temui di produk kecantikan atau pembersih rumah, seperti phthalates, juga bisa memengaruhi kadar hormon dalam tubuh.

  • Merokok.

    Merokok bisa mengganggu perkembangan janin dan juga menurunkan peluang kehamilan. American Society for Reproductive Medicine mengungkapkan, merokok adalah penyebab dari 13 persen kasus infertilitas. Merokok diketahui akan mengacaukan hormon dan merusak DNA, baik pada pria atau wanita.

  • Alkohol.

    Yang perlu diwaspadai adalah konsumsi alkohol dalam jumlah besar, yakni lebih dari satu minuman perhari. Penelitian mengungkapkan, wanita yang tergolong peminum cenderung lebih sering menjalani terapi untuk kehamilan.

  • Olahraga Berat.

    Berolahraga rutin memang akan membantu kita menjaga berat badan, kuat, dan berenergi. Semua itu diperlukan saat kita hamil. Tapi, jika kita berolahraga terlalu berat, dampaknya justru buruk pada proses ovulasi. Gejala paling nyata dari olahraga berat adalah gangguan siklus haid, menjadi terlalu banyak atau terlalu sedikit.

  • Gangguan Tiroid.

    Gangguan tiroid bisa memengaruhi proses ovulasi dan kehamilan. Karena itu, tak ada salahnya untuk memeriksa kadar tiroid Anda jika Anda belum juga berhasil hamil.

  • Kafein.

    Kecandunan minuman berkafein dapat mengganggu kontraksi otot yang membantu sel telur berpindah dari ovarium melalui tuba falopi ke rahim.

  • Penyumbatan Saluran Telur (ovarium).

    Saluran telur atau ovarium dapat mengalami penyumbatan atau penutupan akibat penyakit menular seksual dan radang panggul yang menyebabkan sel telur tidak bisa ditemui oleh sel sperma.

  • Adanya Kista.

    Sumbatan pada saluran telur juga bisa terjadi karena kista. Kista adalah tumor jinak yang tumbuh pada dinding saluran telur yang merupakan benjolan berisi air, terkadang benjolan berbentuk seperti sekumpul buah anggur.Kista tidak bisa menyebar ke jaringan lain sehingga tidak berbahaya dan dapat diatasi dengan mudah dengan pembedahan.

  • Masalah Endometriosis.

    Selain itu penyumbatan juga bisa terjadi akibat endometriosis. Pada penyakit ini hormon estrogen yang merangsang tumbuhnya jaringan endometrium terjadi kelainan sehingga pertumbuhan jaringan tersebut terjadi pada saluran telur.

  • Melencengnya Posisi Mulut Rahim.

    Kelainan pada sistem reproduksi seperti melencengnya posisi mulut rahim sehingga tidak terhubung dengan vagina secara langsung, juga menyebabkan pembuahan tidak bisa terjadi.Kelainan rongga rahim seperti pelekatan, miom, atau polip juga bisa menghambat kehamilan, jika terjadi kehamilan pun, viabilitas fetus menjadi berkurang. Kelainan-kelainan fisiologis ini biasanya terjadi karena bawaan atau infeksi tertentu pada organ yang terkait.

  • Tekanan Mental (Stress).

    Kondisi mental dan emosional wanita juga mempunyai peran yang sangat besar dalam infertilitas. Wanita sekarang semakin aktif dengan kehidupan supercepat dan kompetitifnya. Wanita jadi mudah sekali terkena stress.Stress bisa menyebabkan gangguan ovulasi yang menyebabkan kualitas sel telur tidak maksimal. Sementara itu pada pria stress juga memiliki efek yang sama pada kualitas sel spermanya.

Nah itu dia, faktor-faktor yang dapat mengganggu tingkat kesuburan seorang wanita. Gangguan kesuburan memang menjadi masalah besar bagi seorang wanita yang menginginkan memiliki keturunan. Jika Anda yang sedang menginginkan dan menunggu kehadiran seorang keturunan, Anda harus perhatikan faktor-faktor di atas yang bisa mengganggu tingkat kesuburan Anda, dan hindari faktor-faktor tersebut.

 

Madu Penyubur Kandungan Al Mabruroh

Madu Penyubur Kandungan Al Mabruroh adalah suplemen obat herbal penyubur kandungan baik untuk laki laki/pria maupun perempuan/wanita untuk meningkatkan kesuburan Anda.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo